Bacalah kutipan berikut!   Teks I Keluarga Izmi tadinya kaya, tetapi mendadak miskin. Waktu Izmi kelas satu SMP, ayahnya ditangkap polisi lantaran korupsi. Semua hartanya disita. Keluarga itu kocar-kacir. Untuk bertahan hidup, ibu Izmi berjualan kue. Izmi, anak tertua, menjadi tukang cuci dan setrika. Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka. Teks II Lena meraih Zorro, langsung menggendongnya dan bergegas pergi. Zorro meronta. Sabari mendekat, dua pria tadi menghalanginya. Lena bergegas pergi. Zorro memberontak dan memanggil-manggil, Ayah! Ayah! Tangannya menggapai-gapai. Semuanya terjadi dengan sangat cepat. Tahu-tahu Lena dan Zorro telah berada di seberang jalan, lalu masuk mobil dan meluncur. Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.   Perbedaan tema dari kedua kutipan teks di atas adalah ...

Pertanyaan

Bacalah kutipan berikut!
 

Teks I

Keluarga Izmi tadinya kaya, tetapi mendadak miskin. Waktu Izmi kelas satu SMP, ayahnya ditangkap polisi lantaran korupsi. Semua hartanya disita. Keluarga itu kocar-kacir. Untuk bertahan hidup, ibu Izmi berjualan kue. Izmi, anak tertua, menjadi tukang cuci dan setrika.

Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Teks II

Lena meraih Zorro, langsung menggendongnya dan bergegas pergi. Zorro meronta. Sabari mendekat, dua pria tadi menghalanginya. Lena bergegas pergi. Zorro memberontak dan memanggil-manggil, Ayah! Ayah! Tangannya menggapai-gapai. Semuanya terjadi dengan sangat cepat. Tahu-tahu Lena dan Zorro telah berada di seberang jalan, lalu masuk mobil dan meluncur.

Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

 

Perbedaan tema dari kedua kutipan teks di atas adalah ...

  1. Teks I bertema kesengsaraan, Teks II bertema pertengkaran.

  2. Teks I bertema tanggung jawab, Teks II bertema perceraian.

  3. Teks I bertema penderitaan, Teks II bertema perkelahian.

  4. Teks I bertema masalah ekonomi, Teks II bertema masalah perebutan hak asuh anak.

  5. Teks I bertema masalah karma, Teks II bertema masalah kepedihan hidup seorang istri.

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Teks I bercerita tentang keluarga Izmi yang mendadak miskin karena ayahnya ditangkap polisi lantaran korupsi. Akibatnya, ekonomi keluarga Izmi menjadi kocar-kacir. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tema yang diangkat dalam Teks I adalah masalah ekonomi. Sementara itu, kalimat-kalimat dalam Teks II menggambarkan perebutan hak asuh anak (Zorro) antara Lena dan Sabari. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tema yang diangkat dalam Teks II adalah perebutan hak asuh anak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

53

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan novel berikut!   Marlena, oh, Marlena, perempuan yang telah membuat Sabari senewen karena kasmaran. Cinta pertamanya, belahan jiwanya, segala-galanya. Sayang seribu sayang, tak sediki...

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia