Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa titik leleh belerang lebih tinggi daripada fosfor dan klorin?

Mengapa titik leleh belerang lebih tinggi daripada fosfor dan klorin?space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

titik leleh belerang lebih tinggi daripada fosfor dan klorin karena struktur molekul belerang lebih besar.

 titik leleh belerang lebih tinggi daripada fosfor dan klorin karena struktur molekul belerang lebih besar.

Iklan

Pembahasan

Perbedaan titik leleh dapat dilihat dari struktur molekul yang terbentuk pada unsur periode ketiga. Pada fosfor dan belerang struktur molekulnya adalah molekul poliatomik. Sedangkan klorin struktur molekulnya adalah molekul diatomik. Artinya lebih kecil dibandingkan dengan struktur molekul fosfor dan belerang.Sehingga titik leleh fosfor dan belerang lebih tinggi dibandingkan dengan klorin. Namun pada unsur belerang titik leleh belerang lebih tinggi dari pada fosfor karenabelerang dapat membentuk molekul yang ukurannya lebih besar dari pada molekul yang dapat dibentuk oleh fosfor. Semakin besar molekul suatu unsur mengakibatkan gaya Van der Waals antar molekul juga semakin kuat. Semakin kuat gaya antar molekul maka semakin kuat pula energi yang dibutuhkan untuk memutus ikatan dan titik lelehnya semakin tinggi. Dengan demikian,titik leleh belerang lebih tinggi daripada fosfor dan klorin karena struktur molekul belerang lebih besar.

Perbedaan titik leleh dapat dilihat dari struktur molekul yang terbentuk pada unsur periode ketiga. Pada fosfor dan belerang struktur molekulnya adalah molekul poliatomik. Sedangkan klorin struktur molekulnya adalah molekul diatomik. Artinya lebih kecil dibandingkan dengan struktur molekul fosfor dan belerang. Sehingga titik leleh fosfor dan belerang lebih tinggi dibandingkan dengan klorin. Namun pada unsur belerang titik leleh belerang lebih tinggi dari pada fosfor karena belerang dapat membentuk molekul S subscript 8 yang ukurannya lebih besar dari pada molekul P subscript 4 yang dapat dibentuk oleh fosfor. Semakin besar molekul suatu unsur mengakibatkan gaya Van der Waals antar molekul juga semakin kuat. Semakin kuat gaya antar molekul maka semakin kuat pula energi yang dibutuhkan untuk memutus ikatan dan titik lelehnya semakin tinggi.

Dengan demikian, titik leleh belerang lebih tinggi daripada fosfor dan klorin karena struktur molekul belerang lebih besar.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa titik didih dan titik lebur unsur-unsur periode ketiga dari Na naik terus sampai Si dan turun drastis pada fosfor dan belerang?

5

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia