Iklan

Iklan

Pertanyaan

Benarkah diantara unsur-unsur periode ketiga unsur silikon mempunyai titik leleh palingtinggi?

Benarkah di antara unsur-unsur periode ketiga unsur silikon mempunyai titik leleh paling tinggi?space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

titik leleh silikon tinggi karena atom dalam silikonmampu membentuk jaringan tiga dimensi menggunakan empat buah ikatan kovalen sehingga terbentuk struktur kovalen raksasa.

titik leleh silikon tinggi karena atom dalam silikon mampu membentuk jaringan tiga dimensi menggunakan empat buah ikatan kovalen sehingga terbentuk struktur kovalen raksasa.

Iklan

Pembahasan

Ya benar. SIlikon mempunyai titik leleh paling tinggi di antara unsur periode ketiga lainnya yaitu sekitar . Titik leleh yang tinggi ini disebabkan karena atom-atom dalam silikonmampu membentuk jaringan tiga dimensi menggunakan empat buah ikatan kovalen sehingga terbentuk struktur kovalen raksasa . Oleh karena itu, untuk melelehkansilikon diperlukan banyak energi untukmemutuskan ikatan- ikatan kovalenya. Jadi, titik leleh silikon tinggi karena atom dalam silikonmampu membentuk jaringan tiga dimensi menggunakan empat buah ikatan kovalen sehingga terbentuk struktur kovalen raksasa.

Ya benar. SIlikon mempunyai titik leleh paling tinggi di antara unsur periode ketiga lainnya yaitu sekitar 1.410 degree C.

Titik leleh yang tinggi ini disebabkan karena atom-atom dalam silikon mampu membentuk jaringan tiga dimensi menggunakan empat buah ikatan kovalen sehingga terbentuk struktur kovalen raksasa. Oleh karena itu, untuk melelehkan silikon diperlukan banyak energi untuk memutuskan ikatan- ikatan kovalenya.

Jadi, titik leleh silikon tinggi karena atom dalam silikon mampu membentuk jaringan tiga dimensi menggunakan empat buah ikatan kovalen sehingga terbentuk struktur kovalen raksasa.

Latihan Bab

Unsur Golongan Halogen

Unsur Gas Mulia

Unsur Periode ke-3

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

663

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa titik didih dan titik lebur unsur-unsur periode ketiga dari Na naik terus sampai Si dan turun drastis pada fosfor dan belerang?

3rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia