Roboguru

Makanan yang kaya protein berasal dari alga biru mikroskopis adalah ....

Pertanyaan

Makanan yang kaya protein berasal dari alga biru mikroskopis adalah .... 

  1. yoghurt 

  2. Spirulina 

  3. Chlorella 

  4. Fusarium 

  5. ragi 

Pembahasan Soal:

Protein sel tunggal (PST) atau SCP (single cell protein) merupakan bahan makanan berkadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme, seperti ganggang (alga) bersel satu, jamur, dan bakteri. Kadar protein yang dikandungnya dapat mencapai 80%. Mikroorganisme tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat pada substrat limbah buangan yang mengandung selulosa, seperti kayu, ranting, rumput, kertas, dan limbah yang mengandung metanol. Penghasil protein sel tunggal, antara lain ganggang biru Spirulina (Arthrospira maxima dan Arthrospira platensis) dan ganggang hijau (Scenedesmus sp. dan Chlorella sp.). Protein sel tunggal tersebut dimanfaatkan sebagai makanan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan berikut merupakan kekurangan-kekurangan dari protein sel tunggal (PST), KECUALI ....

Pembahasan Soal:

Protein sel tunggal (PST) atau SCP (single cell protein) merupakan bahan makanan berkadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme, seperti ganggang (alga) bersel satu, jamur, dan bakteri. Kadar protein yang dikandungnya dapat mencapai 80%. Mikroorganisme tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat pada substrat limbah buangan yang mengandung selulosa, seperti kayu, ranting, rumput, kertas, dan limbah yang mengandung metanol. Kekurangan dari protein sel tunggal diantaranya kandungan protein tinggi, kandungan asam nukleat tinggi sehingga dalam tubuh manusia akan diubah menjadi asam urat, dinding mikroorganisme kadang mengandung komponen yang tidak dapat dicerna dan bersifat racun atau menyebabkan alergi, dan fruktasi harga serta persediaan substrat yang tidak tetap.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Pernyataan dalam tabel berkaitan dengan bioteknologi. Berilah tanda v pada kolom benar atau salah.

Pembahasan Soal:

Pernyataan dalam tabel berkaitan dengan bioteknologi sebagai berikut.

  • Pembuatan antibiotik penisilin menggunakan Penicillium sp. sedangkan Streptomyces griseus untuk pembuatan antibiotik streptomycin.
  • Spirulina dan Chlorella dimanfaatkan sebagai protein sel tunggal (PST).
  • Lactobacillus bulgaricus dimanfaatkan untuk pembuatan yogurt. Tauco terbuat dari kacang kedelai dengan bantuan Aspergillus oryzae.
  • Bacillus thuringiensis (Bt) digunakan untuk rekayasa genetika dan bioremediasi.
  • Jamur Aureobasidium pullulans dimanfaatkan dalam pembuatan bioplastik.
     

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah sebagai berikut.space

Pernyataan Benar Salah
Pembuatan antibiotik penisilin menggunakan Streptomyces griseus.   v
Spirulina dan Chlorella dimanfaatkan sebagai protein sel tunggal (PST). v  
Tauco terbuat dari kacang kedelai dengan bantuan Lactobacillus bulgaricus.   v
Bacillus thuringensis (Bt) digunakan untuk bioremediasi. v  
Jamur Aureobasidium pullulans dimanfaatkan dalam pembuatan bioplastik. v  
Roboguru

Sebutkan organisme penghasil protein sel tunggal (PST).

Pembahasan Soal:

Protein Sel Tunggal (PST) merupakan makanan berkadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme, seperti ganggang (alga) bersel satu, jamur, dan bakteri. Protein tersebut berada di dalam sel yang dapat mencapai 80% dari berat total. PST dapat dijadikan sebagai sumber protein. PST dari bakteri, misalnya Methylophillus methylotrophus dapat digunakan sebagai pakan ternak. PST dari jamur disebut juga mikroprotein, misalnya protein dari Fusarium graminearum yang sangat baik untuk dikonsumsi manusia karena kaya akan kandungan protein, rendah lemak, dan memiliki serat. Namun demikian, PST yang berasal dari jamur pada umumnya merugikan manusia karena memiliki kandungan asam nukleat yang cukup tinggi yang dapat mengganggu pencernaan. Oleh karena itu, PST yang berasal dari jamur umumnya hanya digunakan sebagai pakan ternak. Ganggang biru Spirulina sp. dan ganggang hijau Chlorella sp. merupakan sumber protein yang cukup tinggi.

Roboguru

Penemuan protein baru yang berasal dari organisme bersel satu (PST) mérupakan salah satu hasil dari bioteknologi ....

Pembahasan Soal:

Protein Sel Tunggal (PST) merupakan bahan makanan hasil proses bioteknologi konvensional dengan kadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme seperti ganggang bersel satu, jamur, dan bakteri. Kandungan protein pada PST dapat mencapai 80%. Mikroorganisme penghasil PST dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat pada substrat limbah buangan yang mengandung selulosa, seperti kayu, ranting, rumput, kertas, dan limbah yang mengandung metanol. Contoh mikroorganisme penghasil PST yaitu :

  1. Ganggang biru Spirulina dan ganggang hijau. PST dari Spirulina dan ganggang hijau dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Jamur Saccharomyces cerevisiae, Candida utilis, dan Fusarium venenatum. PST dari jamur Candida utilis dapat digunakan sebagai pakan ternak. Sementara itu, PST dari Fusarium vemenatum dapat digunakan untuk membuat kue dan pengganti daging karena memiliki cita rasa seperti ayam.
  3. Bakteri Methylophilus methylotrophus, yang dapat diolah menjadi tepung protein dan digunakan sebagai campuran makanan ternak.

Berdasarkan uraian di atas, PST merupakan hasil dari proses bioteknologi konvensional.space space space space

Roboguru

Biomassa mikroba yang akan dipanen sebagai produk bioteknologi dapat ditemukan pada industri ....

Pembahasan Soal:

Biomassa mikroba yang akan dipanen sebagai produk bioteknologi dapat ditemukan pada industri Protein Sel Tunggal (PST). Protein sel tunggal (PST) atau SCP (single cell protein) merupakan bahan makanan berkadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme, seperti ganggang (alga) bersel satu, jamur, dan bakteri. Kadar protein yang dikandungnya dapat mencapai 80%. Mikroorganisme tersebut dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan cepat pada substrat limbah buangan yang mengandung selulosa, seperti kayu, ranting, rumput, kertas, dan limbah yang mengandung metanol.space 

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved