Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penemuan protein baru yang berasal dari organisme bersel satu (PST) mérupakan salah satu hasil dari bioteknologi ....

Penemuan protein baru yang berasal dari organisme bersel satu (PST) mérupakan salah satu hasil dari bioteknologi ....space 

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Protein Sel Tunggal (PST) merupakan bahan makanan hasil proses bioteknologi konvensional dengan kadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme seperti ganggang bersel satu, jamur, dan bakteri. Kandungan protein pada PST dapat mencapai 80%. Mikroorganisme penghasil PST dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat pada substrat limbah buangan yang mengandung selulosa, seperti kayu, ranting, rumput, kertas, dan limbah yang mengandung metanol. Contoh mikroorganisme penghasil PST yaitu : Ganggang biru Spirulina dan ganggang hijau. PST dari Spirulina dan ganggang hijaudapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jamur Saccharomyces cerevisiae, Candida utilis, dan Fusarium venenatum . PST dari jamur Candida utilis dapat digunakan sebagai pakan ternak. Sementara itu, PST dari Fusarium vemenatum dapat digunakan untuk membuat kue dan pengganti daging karena memiliki cita rasa seperti ayam. Bakteri Methylophilus methylotrophus , yang dapat diolah menjadi tepung protein dan digunakan sebagai campuran makanan ternak. Berdasarkan uraian di atas, PST merupakan hasil dari proses bioteknologi konvensional.

Protein Sel Tunggal (PST) merupakan bahan makanan hasil proses bioteknologi konvensional dengan kadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme seperti ganggang bersel satu, jamur, dan bakteri. Kandungan protein pada PST dapat mencapai 80%. Mikroorganisme penghasil PST dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat pada substrat limbah buangan yang mengandung selulosa, seperti kayu, ranting, rumput, kertas, dan limbah yang mengandung metanol. Contoh mikroorganisme penghasil PST yaitu :

  1. Ganggang biru Spirulina dan ganggang hijau. PST dari Spirulina dan ganggang hijau dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Jamur Saccharomyces cerevisiae, Candida utilis, dan Fusarium venenatum. PST dari jamur Candida utilis dapat digunakan sebagai pakan ternak. Sementara itu, PST dari Fusarium vemenatum dapat digunakan untuk membuat kue dan pengganti daging karena memiliki cita rasa seperti ayam.
  3. Bakteri Methylophilus methylotrophus, yang dapat diolah menjadi tepung protein dan digunakan sebagai campuran makanan ternak.

Berdasarkan uraian di atas, PST merupakan hasil dari proses bioteknologi konvensional.space space space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Produksi PST dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah. Hal ini dikarenakan ....

354

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia