Pertanyaan

Kutipan teks ceramah berikut untuk soal nomor 14-17. Percaya diri adalah percaya pada kekuatan diri sendiri. Artinya, suatu sikap atau karakter positif tiap pribadi manusia tidak menggantungkan diri atau nasib pada orang lain atau makhluk lain. Orang yang percaya diri benar-benar mengembangkan kemampuan diri pribadinya dengan usaha-usaha yang maksimal. Sebagai seorang pelajar kita harus benar-benar belajar. Kita harus menyimak pelajaran yang diberikan guru dengan sebaik-baiknya dan berkonsentrasi penuh dalam proses pembelajaran di kelas atau di rumah. Setelah melakukan kegiatan tersebut, kita dapat benar-benar merasa percaya diri untuk tidak bertanya jawaban ketika ujian, apalagi menyontek. Dengan sikap percaya diri, kita dapat berkata pada diri sendiri bahwa "Aku pasti bisa" atau "Bila orang lain bisa, mengapa aku tidak". Nah, salah satu usaha untuk menimbulkan sikap positif ini dalam diri kita adalah dengan selalu mengatakan kalimat-kalimat tersebut. Bukankah dahulu kita tidak bisa naik sepeda? Dengan percaya diri dan usaha keras, kita dapat menaiki sepeda dengan baik. Kita dapat meraih cita-cita, meraih impian, melewati ujian dan rintangan dalam hidup, serta berkarya yang monumental dengan percaya diri dan usaha maksimal. (... ) Hanya orang-orang yang percaya diri dapat bertahan dan sukses. lnformasi penting yang terdapat pada teks ceramah tersebut adalah . .

Kutipan teks ceramah berikut untuk soal nomor 14-17.

Percaya diri adalah percaya pada kekuatan diri sendiri. Artinya, suatu sikap atau karakter positif tiap pribadi manusia tidak menggantungkan diri atau nasib pada orang lain atau makhluk lain. Orang yang percaya diri benar-benar mengembangkan kemampuan diri pribadinya dengan usaha-usaha yang maksimal.

Sebagai seorang pelajar kita harus benar-benar belajar. Kita harus menyimak pelajaran yang diberikan guru dengan sebaik-baiknya dan berkonsentrasi penuh dalam proses pembelajaran di kelas atau di rumah. Setelah melakukan kegiatan tersebut, kita dapat benar-benar merasa percaya diri untuk tidak  bertanya jawaban ketika ujian, apalagi menyontek. Dengan sikap percaya diri, kita dapat berkata pada diri sendiri bahwa "Aku pasti bisa" atau "Bila orang lain bisa, mengapa aku tidak". Nah, salah satu usaha untuk menimbulkan sikap positif ini dalam diri kita adalah dengan selalu mengatakan kalimat-kalimat tersebut. Bukankah dahulu kita tidak bisa naik sepeda? Dengan percaya diri dan usaha keras, kita dapat menaiki sepeda dengan baik.

Kita dapat meraih cita-cita, meraih impian, melewati ujian dan rintangan dalam hidup, serta berkarya yang monumental dengan percaya diri dan usaha maksimal. (... ) Hanya orang-orang yang percaya diri dapat bertahan dan sukses.


lnformasi penting yang terdapat pada teks ceramah tersebut adalah . .

  1. Segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas diawali dengan sikap jujur dan berani.

  2. Kegiatan apa pun yang dilakukan harus dilandasi sikap yang menimbulkan karakter positif.

  3. Rasa percaya diri yang terlalu berlebihan tidak baik diterapkan dalam kehidupan.

  4. Rasa percaya diri dapat mengembangkan kemampuan diri dengan maksimal.

  5. Kegiatan yang menerapkan rasa percaya diri perlu dilakukan agar kemampuan lebih maksimal.

P. Tessalonika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah d. Sementara, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi teks ceramah teks.

jawaban yang tepat adalah d. Sementara, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi teks ceramah teks.

Pembahasan

Informasi penting yang terdapat pada teks ceramah tersebut ialah Rasa percaya diri dapat mengembangkan kemampuan diri dengan maksimal . Hal tersebut dibuktikan pada paragraf pertama, kalimat ketiga. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d. Sementara, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi teks ceramah teks.

Informasi penting yang terdapat pada teks ceramah tersebut ialah Rasa percaya diri dapat mengembangkan kemampuan diri dengan maksimal. Hal tersebut dibuktikan pada paragraf pertama, kalimat ketiga. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d. Sementara, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi teks ceramah teks.

3rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kutipan teks ceramah berikut untuk soal nomor 14-17. Percaya diri adalah percaya pada kekuatan diri sendiri. Artinya, suatu sikap atau karakter positif tiap pribadi manusia tidak menggantungkan dir...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia