Roboguru
SD

Iklan adalah sebuah istilah yang berarti penyiaran, pemberitahuan, atau pengumuman. Jadi, iklan berarti sebuah informasi atau berita yang disampaikan oleh seseorang, sekelompok orang, badan, atau suatu instansi kepada masyarakat agar mereka dapat memanfaatkannya atau membeli sesuatu yang ditawarkan oleh iklan itu. Iklan tersebut dapat dilakukan baik melalui selebaran, spanduk, papan iklan, media cetak, media elektronika, maupun media lainnya. Bagi masyarakat, iklan mempunyai manfaat. Akan tetapi, iklan juga mempunyai kekurangan. Manfaat iklan antara lain sebagai berikut. Pertama, masyarakat akan mendapatkan informasi penting tentang sesuatu yang dibawa iklan, seperti informasi tentang makanan dan minuman, obat-obatan, dan barang-barang elektronik. Kedua, iklan dapat menambah pemasukan bagi pembuat iklan dan media iklan karena seseorang yang membutuhkan suatu barang yang ditawarkan oleh iklan diharapkan akan membelinya. Demikian pula pemilik barang akan membayar pemilik media yang bersangkutan. Ketiga, iklan menambah keindahan lingkungan. Tentu iklan yang dimaksud adalah iklan yang dipasang di pinggir-pinggir jalan atau tempat-tempat yang strategis untuk iklan. Bila dipasang dengan rapi serta memperhatikan nilai-nilai seni dan keindahan lingkungan, tentu iklan akan menambah keindahan lingkungan. Manfaat keempat yakni iklan dapat memberi hiburan segar bagi pendengar atau pemirsa. Walaupun demikian, ternyata banyak sekali iklan yang menimbulkan mudarat atau kerugian bagi masyarakat. Banyak iklan yang dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai kenyataan sehingga banyak orang yang disesatkan. Selain itu, iklan mendorong masyarakat berperilaku konsumtif. Perilaku ini tentulah  tidak disukai Allah swt. karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Dengan demikian, kita harus dapat memilih, iklan yang baik dan iklan yang tidak baik bagi kita. Disadur dari : Effendy Zarkasi, Khutbah Jumat Aktual, Jakarta, Gema Insani 1999. Pernyataan yang menunjukkan persetujuan penceramah terhadap topik masalah terdapat pada kalimat ...

Pertanyaan

Iklan adalah sebuah istilah yang berarti penyiaran, pemberitahuan, atau pengumuman. Jadi, iklan berarti sebuah informasi atau berita yang disampaikan oleh seseorang, sekelompok orang, badan, atau suatu instansi kepada masyarakat agar mereka dapat memanfaatkannya atau membeli sesuatu yang ditawarkan oleh iklan itu. Iklan tersebut dapat dilakukan baik melalui selebaran, spanduk, papan iklan, media cetak, media elektronika, maupun media lainnya.

Bagi masyarakat, iklan mempunyai manfaat. Akan tetapi, iklan juga mempunyai kekurangan. Manfaat iklan antara lain sebagai berikut. Pertama, masyarakat akan mendapatkan informasi penting tentang sesuatu yang dibawa iklan, seperti informasi tentang makanan dan minuman, obat-obatan, dan barang-barang elektronik. Kedua, iklan dapat menambah pemasukan bagi pembuat iklan dan media iklan karena seseorang yang membutuhkan suatu barang yang ditawarkan oleh iklan diharapkan akan membelinya. Demikian pula pemilik barang akan membayar pemilik media yang bersangkutan. Ketiga, iklan menambah keindahan lingkungan. Tentu iklan yang dimaksud adalah iklan yang dipasang di pinggir-pinggir jalan atau tempat-tempat yang strategis untuk iklan. Bila dipasang dengan rapi serta memperhatikan nilai-nilai seni dan keindahan lingkungan, tentu iklan akan menambah keindahan lingkungan. Manfaat keempat yakni iklan dapat memberi hiburan segar bagi pendengar atau pemirsa.

Walaupun demikian, ternyata banyak sekali iklan yang menimbulkan mudarat atau kerugian bagi masyarakat. Banyak iklan yang dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai kenyataan sehingga banyak orang yang disesatkan. Selain itu, iklan mendorong masyarakat berperilaku konsumtif. Perilaku ini tentulah  tidak disukai Allah swt. karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Dengan demikian, kita harus dapat memilih, iklan yang baik dan iklan yang tidak baik bagi kita.

Disadur dari : Effendy Zarkasi, Khutbah Jumat Aktual, Jakarta, Gema Insani 1999.

Pernyataan yang menunjukkan persetujuan penceramah terhadap topik masalah terdapat pada kalimat ...

  1. Bagi masyarakat, iklan ada manfaatnya dan juga ada kekurangannya

  2. Iklan mendorong orang untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan

  3. Pendengar ataupun pemirsa harus dapat memilah iklan baik dan iklan buruk

  4. Iklan yang memperhatikan nilai-nilai seni dapat menambah keindahan lingkungan

  5. Iklan memancing orang untuk membeli sesuatu melalui koran, radio, dan televisi.

P. Tessalonika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah d.

Pembahasan

Pernyataan yang menyatakan persetujuan penceramah adalah Iklan yang memperhatikan nilai-nilai seni dapat menambah keindahan lingkungan. Kalimat tersebut merupakan manfaat iklan yang menunjukkan pernyataan persetujuan penceramah terhadao iklan. Sementara, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak menyatakan hal positif dari iklan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d.

329

1.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Teks ceramah berikut untuk soal nomor 8--12. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hadirin yang terhormat, marilah kita ucapkan puji syukur kepada Allah Swt. yang telah memberi kita rezeki beru...

828

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia