Iklan

Iklan

Pertanyaan

.... Perputaran waktu merupakan momentum untuk melakukan introspeksi diri. Introspeksi dapat kita lakukan dengan tiga bentuk. Pertama, introspeksi yang dilakukan sebelum berbuat. Tindakan ini dilakukan dengan memikirkan terlebih dahulu perbuatan yang hendak dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Allah dan rasul-Nya atau tidak. Bagi orang yang beriman, dia akan menyesuaikan diri sesuai dengan kehendak Allah sebagaimana firman-Nya. Kedua, instrospeksi diri yang dilakukan sesuatu. Tindakan ini dilakukan dengan selalu mengontrol diri agar tidak menyimpang dari ajaran-Nya. Introspeksi saat melakukan sesuatu ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan dan menghentikannya sama sekali. Ketiga, introspeksi diri yang dilakukan setelah melakukan sesuatu. Introspeksi ini dimaksudkan agar kita dapat menemukan kesalahan yang kita lakukan lalu menyesali dengan tobat dan tidak melakukannya lagi pada masa-masa mendatang. ..... Kita harus menyadari bahwa introspeksi amat penting dalam kehidupan kita. Jika kita tidak pernah melakukan introspeksi, berbagai kemungkinan tidak baik akan terjadi. Pertama, kita akan menutup mata dari berbagai akibat. Kesalahan dan dosa yang dilakukan manusia tentu ada akibatnya baik di dunia maupun di akhirat. Ketika seseorang tidak melakukan introspeksi diri, dia akan menutup mata dari berbagai akibat perbuatan buruk baik yang menimpa diri dan keluarganya maupun akibat yang menimpa orang lain. Kedua, kita akan larut dalam keadaan. Efek negatif tidak melakukan introspeksi adalah seseorang akan larut dalam keadaan sehingga dia dikendalikan oleh keadaan, bukan pengendali keadaan. Ketiga, kita akan mengandalkan ampunan Allah. Setiap orang yang berdosa memang mengharap ampunan dari Allah swt. tanpa bertobat. Terakhir, orang yang tidak melakukan introspeksi diri mudah melakukan dosa. Orang yang tidak pernah melakukan inrospeksi diri akan mudah menyepelekan perbuatan dosa dan bersikap buruk kepada orang lain. Disadur dari : Ahmad Yani, 160 Materi Dakwah Pilihan, Jakarta Gema Insani, 2008. Isi teks ceramah tersebut membahas ...

....

Perputaran waktu merupakan momentum untuk melakukan introspeksi diri. Introspeksi dapat kita lakukan dengan tiga bentuk. Pertama, introspeksi yang dilakukan sebelum berbuat. Tindakan ini dilakukan dengan memikirkan terlebih dahulu perbuatan yang hendak dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Allah dan rasul-Nya atau tidak. Bagi orang yang beriman, dia akan menyesuaikan diri sesuai dengan kehendak Allah sebagaimana firman-Nya. Kedua, instrospeksi diri yang dilakukan sesuatu. Tindakan ini dilakukan dengan selalu mengontrol diri agar tidak menyimpang dari ajaran-Nya. Introspeksi saat melakukan sesuatu ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan dan menghentikannya sama sekali. Ketiga, introspeksi diri yang dilakukan setelah melakukan sesuatu. Introspeksi ini dimaksudkan agar kita dapat menemukan kesalahan yang kita lakukan lalu menyesali dengan tobat dan tidak melakukannya lagi pada masa-masa mendatang.

.....

Kita harus menyadari bahwa introspeksi amat penting dalam kehidupan kita. Jika kita tidak pernah melakukan introspeksi, berbagai kemungkinan tidak baik akan terjadi. Pertama, kita akan menutup mata dari berbagai akibat. Kesalahan dan dosa yang dilakukan manusia tentu ada akibatnya baik di dunia maupun di akhirat. Ketika seseorang tidak melakukan introspeksi diri, dia akan menutup mata dari berbagai akibat perbuatan buruk baik yang menimpa diri dan keluarganya maupun akibat yang menimpa orang lain. Kedua, kita akan larut dalam keadaan. Efek negatif tidak melakukan introspeksi adalah seseorang akan larut dalam keadaan sehingga dia dikendalikan oleh keadaan, bukan pengendali keadaan. Ketiga, kita akan mengandalkan ampunan Allah. Setiap orang yang berdosa memang mengharap ampunan dari Allah swt. tanpa bertobat. Terakhir, orang yang tidak melakukan introspeksi diri mudah melakukan dosa. Orang yang tidak pernah melakukan inrospeksi diri akan mudah menyepelekan perbuatan dosa dan bersikap buruk kepada orang lain.

Disadur dari : Ahmad Yani, 160 Materi Dakwah Pilihan, Jakarta Gema Insani, 2008.

Isi teks ceramah tersebut membahas ...

  1. Waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri

  2. Cara melakukan dan tujuan introspeksi diri

  3. Pentingnya introspeksi diri dalam kehidupan kita

  4. Kerugian apabila tidak melakukan introspeksi diri

  5. Bentuk dan efek negatif melakukan introspeksi diri.

Iklan

P. Tessalonika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah e.

jawaban yang tepat adalah e.

Iklan

Pembahasan

Teks tersebut membahas mengenai bentuk introspeksi pada paragraf pertama dan efek negatif tidak melakukan introspeksi diri yang terdapat pada paragraf kedua. dengan demikian, isi teks ceramah tersebut membahas tentang bentuk dan efek negatid tidak melakukan introspeksi diri. Jadi, jawaban yang tepat adalah e.

Teks tersebut membahas mengenai bentuk introspeksi pada paragraf pertama dan efek negatif
tidak melakukan introspeksi diri yang terdapat pada paragraf kedua. dengan demikian, isi teks
ceramah tersebut membahas tentang bentuk dan efek negatid tidak melakukan introspeksi diri.
Jadi, jawaban yang tepat adalah e.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

430

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Iklan adalah sebuah istilah yang berarti penyiaran, pemberitahuan, atau pengumuman. Jadi, iklan berarti sebuah informasi atau berita yang disampaikan oleh seseorang, sekelompok orang, badan, atau suat...

1

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia