Roboguru
SD

Kutipan Novel I Kutipan Novel II Bagaimana tiada begitu? cobalah kau pikir! Aku harus bersuami dengan orang yang bukannya tiada kusukai saja, tetapi orang yang memutuskan pengharapanku yang kuamalkan siang malam yang menceraikan aku dengan kekasihku yang menganiaya dan menjatuhkan ayahku, sampai sengsara serupa ini. Musuh ayahku dan musuhku yang sebesar-besarnya dan akhirnya menjadi algojoku. Tambahan pula, orang yang umur kepandaian, kesukaan, tabiat dan kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku. Sukartono heran melihat istrinya sudah bangun, duduk membaca di ruang tengah. "Engkau sudah bangun Tini?" Tini tidak menjawab. "Bagaimana Vergaenni tadi? tiba-tiba Tini berdiri, kursi jatuh ke belakang, bukunya dicampakkannya di atas meja. "Tuan dokter pergi ke pasien..." Hati Sukartono terkejut, "Adakah diketahuinya yang tadi?" Sukartono diam, "ya, tutuplah mulut. Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?" Perbedaan tema dua kutipan novel tersebut adalah ….

Pertanyaan

Kutipan Novel I

Kutipan Novel II

Bagaimana tiada begitu? cobalah kau pikir! Aku harus bersuami dengan orang yang bukannya tiada kusukai saja, tetapi orang yang memutuskan pengharapanku yang kuamalkan siang malam yang menceraikan aku dengan kekasihku yang menganiaya dan menjatuhkan ayahku, sampai sengsara serupa ini. Musuh ayahku dan musuhku yang sebesar-besarnya dan akhirnya menjadi algojoku. Tambahan pula, orang yang umur kepandaian, kesukaan, tabiat dan kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku.

Sukartono heran melihat istrinya sudah bangun, duduk membaca di ruang tengah. "Engkau sudah bangun Tini?" Tini tidak menjawab. "Bagaimana Vergaenni tadi? tiba-tiba Tini berdiri, kursi jatuh ke belakang, bukunya dicampakkannya di atas meja. "Tuan dokter pergi ke pasien..." Hati Sukartono terkejut, "Adakah diketahuinya yang tadi?" Sukartono diam, "ya, tutuplah mulut. Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?"

Perbedaan tema dua kutipan novel tersebut adalah ….

  1. Kutipan Novel I: ketamakan

    Kutipan Novel II: pertengkaran

  2. Kutipan Novel I: kawin paksa

    Kutipan Novel II: kehidupan rumah tangga

  3. Kutipan Novel I: jatuh miskin

    Kutipan Novel II: kehidupan seorang dokter

  4. Kutipan Novel I: penceraian

    Kutipan Novel II: perhatian seorang suami

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B. 

Pembahasan

Tema adalah pokok pembicaraan yang mencakup keseluruhan isi cerita. Kutipan novel I memiliki tema kawin paksa. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, Tambahan pula, orang yang kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku. Sementara, kutipan novel II memiliki tema kehidupan rumah tangga. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, "Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?" Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

22

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan berikut!   Teks I Keluarga Izmi tadinya kaya, tetapi mendadak miskin. Waktu Izmi kelas satu SMP, ayahnya ditangkap polisi lantaran korupsi. Semua hartanya disita. Keluarga itu kocar-...

53

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia