Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kutipan Novel I Kutipan Novel II Bagaimana tiada begitu? cobalah kau pikir! Aku harus bersuami dengan orang yang bukannya tiada kusukai saja, tetapi orang yang memutuskan pengharapanku yang kuamalkan siang malam yang menceraikan aku dengan kekasihku yang menganiaya dan menjatuhkan ayahku, sampai sengsara serupa ini. Musuh ayahku dan musuhku yang sebesar-besarnya dan akhirnya menjadi algojoku. Tambahan pula, orang yang umur kepandaian, kesukaan, tabiat dan kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku. Sukartono heran melihat istrinya sudah bangun, duduk membaca di ruang tengah. "Engkau sudah bangun Tini?" Tini tidak menjawab. "Bagaimana Vergaenni tadi? tiba-tiba Tini berdiri, kursi jatuh ke belakang, bukunya dicampakkannya di atas meja. "Tuan dokter pergi ke pasien..." Hati Sukartono terkejut, "Adakah diketahuinya yang tadi?" Sukartono diam, "ya, tutuplah mulut. Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?" Perbedaan tema dua kutipan novel tersebut adalah ….

Kutipan Novel I

Kutipan Novel II

Bagaimana tiada begitu? cobalah kau pikir! Aku harus bersuami dengan orang yang bukannya tiada kusukai saja, tetapi orang yang memutuskan pengharapanku yang kuamalkan siang malam yang menceraikan aku dengan kekasihku yang menganiaya dan menjatuhkan ayahku, sampai sengsara serupa ini. Musuh ayahku dan musuhku yang sebesar-besarnya dan akhirnya menjadi algojoku. Tambahan pula, orang yang umur kepandaian, kesukaan, tabiat dan kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku.

Sukartono heran melihat istrinya sudah bangun, duduk membaca di ruang tengah. "Engkau sudah bangun Tini?" Tini tidak menjawab. "Bagaimana Vergaenni tadi? tiba-tiba Tini berdiri, kursi jatuh ke belakang, bukunya dicampakkannya di atas meja. "Tuan dokter pergi ke pasien..." Hati Sukartono terkejut, "Adakah diketahuinya yang tadi?" Sukartono diam, "ya, tutuplah mulut. Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?"

Perbedaan tema dua kutipan novel tersebut adalah ….

  1. Kutipan Novel I: ketamakan

    Kutipan Novel II: pertengkaran

  2. Kutipan Novel I: kawin paksa

    Kutipan Novel II: kehidupan rumah tangga

  3. Kutipan Novel I: jatuh miskin

    Kutipan Novel II: kehidupan seorang dokter

  4. Kutipan Novel I: penceraian

    Kutipan Novel II: perhatian seorang suami

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. 

Iklan

Pembahasan

Tema adalah pokok pembicaraan yang mencakup keseluruhan isi cerita. Kutipan novel I memiliki tema kawin paksa. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, Tambahan pula, orang yang kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku . Sementara, kutipan novel II memiliki tema kehidupan rumah tangga. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, " Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?" Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Tema adalah pokok pembicaraan yang mencakup keseluruhan isi cerita. Kutipan novel I memiliki tema kawin paksa. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, Tambahan pula, orang yang kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku. Sementara, kutipan novel II memiliki tema kehidupan rumah tangga. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, "Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?" Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kutipan Novel I Kutipan Novel II Wahai, kasihan anakku! Celaka benar untungnya, sudah tiada diindahkan oleh mamandanya, jodohnya pun tak dapat dicarikannya. Anak ...

30

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia