Roboguru

Kutipan artikel berikut untuk soal nomor 15-18 Potret Pendidikan Indonesia Sektor pendidikan di Indonesia mendapat angin segar. Pemerintah telah menganggarkan 20% APBN untuk bidang pendidikan. Kondisi tersebut membawa dampak positif bagi pendidikan di Indonesia. Pendidikan di Indonesia memiliki sistem cukup baik. Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan di lapangan masih jauh dari ketentuan yang berlaku, misalnya penyelenggaraan Ujian Nasional. Ujian Nasional yang telah disusun dengan baik sering menemui kendala di lapangan. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional sering ditemukan kejadian-kejadian yang tidak seharusnya terjadi. Kejadian yang dilakukan oleh para oknum yang berkecimpung di dunia pendidikan. Kejadian tersebut mencoreng dunia pendidikan. Pelaksanaan Ujian Nasional merupakan pekerjaan rumah yang terus bertambah dari tahun ke tahun dan tidak kunjung selesai. Para pendidik memiliki beban berat dalam melaksanakan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kelulusan siswa. Kondisi tersebut diperparah dengan disahkannya undang-undang HAM yang tidak memperbolehkan seorang pendidik memberikan sanksi kepada siswa. Kondisi tersebut membuat anak didik tidak lag menghormati dan menghargai guru-guru mereka. 1) Mendidik pekerjaan sangat berat dan melelahkan bagi pendidik. 2) Wajar jika Pemerintah memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan. 3) Generasi muda tanpa pendidikan akan membuat Indonesia hancur. 4) Di masa yang akan datang Indonesia akan kalah bersaing dengan negara lain. 5) Oleh karena itu, Pemerintah sangat menggantungkan peran pendidik dalam kemajuan bangsa. Disadur dari: http://www.artikelbagus.com/2012/03/potret-pendidikan-di-indonesia.html, diunduh 8 Februari 2018 Kalimat opini sesuai dengan isi artikel terdapat pada kalimat...

Pertanyaan

Kutipan artikel berikut untuk soal nomor 15-18

Potret Pendidikan Indonesia

Sektor pendidikan di Indonesia mendapat angin segar. Pemerintah telah menganggarkan 20% APBN untuk bidang pendidikan. Kondisi tersebut membawa dampak positif bagi pendidikan di Indonesia.

Pendidikan di Indonesia memiliki sistem cukup baik. Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan di lapangan masih jauh dari ketentuan yang berlaku, misalnya penyelenggaraan Ujian Nasional. Ujian Nasional yang telah disusun dengan baik sering menemui kendala di lapangan.

Dalam pelaksanaan Ujian Nasional sering ditemukan kejadian-kejadian yang tidak seharusnya terjadi. Kejadian yang dilakukan oleh para oknum yang berkecimpung di dunia pendidikan. Kejadian tersebut mencoreng dunia pendidikan.

Pelaksanaan Ujian Nasional merupakan pekerjaan rumah yang terus bertambah dari tahun ke tahun dan tidak kunjung selesai. Para pendidik memiliki beban berat dalam melaksanakan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kelulusan siswa. Kondisi tersebut diperparah dengan disahkannya undang-undang HAM yang tidak memperbolehkan seorang pendidik memberikan sanksi kepada siswa. Kondisi tersebut membuat anak didik tidak lag menghormati dan menghargai guru-guru mereka.

1) Mendidik pekerjaan sangat berat dan melelahkan bagi pendidik.

2) Wajar jika Pemerintah memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan.

3) Generasi muda tanpa pendidikan akan membuat Indonesia hancur.

4) Di masa yang akan datang Indonesia akan kalah bersaing dengan negara lain.

5) Oleh karena itu, Pemerintah sangat menggantungkan peran pendidik dalam kemajuan bangsa.

Disadur dari: http://www.artikelbagus.com/2012/03/potret-pendidikan-di-indonesia.html, diunduh 8 Februari 2018

Kalimat opini sesuai dengan isi artikel terdapat pada kalimat...

  1. Sektor pendidikan di Indonesia mendapat angin segar.

  2. Alokasi APBN 20% membawa dampak positif bagi pendidikan di Indonesia.

  3. Pelaksanaan pendidikan di lapangan masih jauh dari ketentuan yang berlaku.

  4. Pemerintah memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan.

  5. Generasi muda tanpa pendidikan akan membuat Indonesia hancur.

Pembahasan:

Kalimat yang menyatakan opini dalam artikel tersebut yang sesuai terdapat pada jawaban E yang  terdapat pada paragraf kelima. Paragraf kelima merupakan kesimpulan yang merupakan argumen dari penulis yang berupa opini.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Artikel berikut untuk mengerjakan soal nomor 1-5. Pendidikan di Indonesia 1) Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Kulatitas pendidikan Indonesia dibuktikan dengan data U...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved