Roboguru

Kutipan artikel berikut untuk soal 10 dan 11. Sosialisasi gas elpiji dan perubahan gaya hidup masyarakat dari pemakai minyak tanah ke gas elpiji menuai sukses besar. Rakyat yang semula enggan kini lebih suka memakai gas elpiji. Sekitar 42 juta keluarga se-Indonesia telah menggunakan gas elpiji. Andaikan pasokan lancar dan tingkat harga relatif terjangkau, realisasi pengalihan minyak tanah ke gas elpiji akan berjalan lebih cepat dari target. Sebuah penelitian menunjukkan, lebih dari 95% ibu rumah tangga dan pedagang kecil yang dijadikan responden mengaku senang menggunakan gas elpiji daripada minyak tanah. Mereka enggan kembali menggunakan minyak tanah. Gas elpiji diakui lebih praktis dan hemat. Dari sisi Pemerintah, yang setiap tahun masih menyediakan dana subsidi BBM, penggunaan gas elpiji lebih hemat 32% dibanding minyak tanah. Jika dalam setahun subsidi minyak tanah Rp50 triliun, subsidi gas elpiji cukup Rp34 triliun. Penggunaan gas elpiji juga membuat udara lebih bersih. Tidak diragukan lagi manfaat penggunaan gas elpiji bagi Pemerintah dan masyarakat. Persoalan kini tinggal kecukupan pasokan dengan harga terjangkau. Jangan sampai, ketika rakyat sudah berhasil meninggalkan minyak tanah, gas elpiji tidak cukup tersedia. Sebagai salah satu negara produsen gas terbesar di dunia, alangkah anehnya Indonesia jika harus mengalami kelangkaan gas elpiji. Disadur dari: http:/202.169.46231/Sews/2008/12/17/Editoriedito4htm diunduh 7 Februari 2018 Gagasan penulis yang sesuai dengan kutipan, artikel tersebut yaitu ...

Pertanyaan

Kutipan artikel berikut untuk soal 10 dan 11.

Sosialisasi gas elpiji dan perubahan gaya hidup masyarakat dari pemakai minyak tanah ke gas elpiji menuai sukses besar. Rakyat yang semula enggan kini lebih suka memakai gas elpiji. Sekitar 42 juta keluarga se-Indonesia telah menggunakan gas elpiji. Andaikan pasokan lancar dan tingkat harga relatif terjangkau, realisasi pengalihan minyak tanah ke gas elpiji akan berjalan lebih cepat dari target. Sebuah penelitian menunjukkan, lebih dari 95% ibu rumah tangga dan pedagang kecil yang dijadikan responden mengaku senang menggunakan gas elpiji daripada minyak tanah. Mereka enggan kembali menggunakan minyak tanah. Gas elpiji diakui lebih praktis dan hemat.

Dari sisi Pemerintah, yang setiap tahun masih menyediakan dana subsidi BBM, penggunaan gas elpiji lebih hemat 32% dibanding minyak tanah. Jika dalam setahun subsidi minyak tanah Rp50 triliun, subsidi gas elpiji cukup Rp34 triliun. Penggunaan gas elpiji juga membuat udara lebih bersih. Tidak diragukan lagi manfaat penggunaan gas elpiji bagi Pemerintah dan masyarakat. Persoalan kini tinggal kecukupan pasokan dengan harga terjangkau. Jangan sampai, ketika rakyat sudah berhasil meninggalkan minyak tanah, gas elpiji tidak cukup tersedia. Sebagai salah satu negara produsen gas terbesar di dunia, alangkah anehnya Indonesia jika harus mengalami kelangkaan gas elpiji.

Disadur dari: http:/202.169.46231/Sews/2008/12/17/Editoriedito4htm diunduh 7 Februari 2018

Gagasan penulis yang sesuai dengan kutipan, artikel tersebut yaitu ...

  1. Sekitar 42 juta keluarga se-Indonesia telah menggunakan gas elpiji.

  2. Lebih dari 95% ibu rumah tangga suka menggunakan gas elpiji daripada minyak tanah

  3. Program konversi gas elpiji dapat menghemat subsidi BBM sekitar 32%

  4. Selama satu tahun Pemerintah memberikan subsidi gas elpiji sebesar Rp34 triliun

  5. Para ibu rumah tangga mengakui penggunaan gas elpiji lebih praktis dan hemat.

Pembahasan:

Kutipan artikel tersebut membahas kesuksesas program konversi minyak tanah ke gas elpiji yang disetujui oleh banyak pihak terutama masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka gagasan penulis dalam artikel didasari dari sekitar 42 juta keluarga se-Indonesia telah menggunakan gas elpiji.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks artikel berikut!   Berbagai jenis kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan masih menjadi isu yang hangat hingga saat ini. Bahkan, berdasarkan Catatan Tahunan 2017 Komnas ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved