Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Menteri Sosial Julian P Batubara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap bantuan sosial di Kementerian Sosial. Penetapan status tersangka terhadap Julian ini merupakan tindak lanjut operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Desember 2020. Di media sosial, kasus ini menjadi perhatian dan keprihatinan karena kasus ini terkait dugaan korupsi terhadap bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi virus corona. Dugaan korupsi bantuan sosial ini telah menyakiti hati masyarakat di tengah situasi sulit karena pandemi. Korupsi bansos ini sangat jahat karena secara tidak langsung memotong bantuan yang dibutuhkan orang miskin yang sedang terdampak pandemi Covid-19. Masyarakat merasa sakit hati atas pengkhianatan amanat berupa korupsi bansos di kala pandemi seperti sekarang ini.space 

Carilah fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks tersebut!

Carilah fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks tersebut!space 

Iklan

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

salah satu fakta dalam teks tersebut adalah Menteri Sosial Julian P Batubara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap bantuan sosial di Kementerian Sosial dan salah satu pendapat dalam teks tersebut adalah Masyarakat merasa sakit hati atas pengkhianatan amanat berupa korupsi bansos di kala pandemi seperti sekarang ini.

salah satu fakta dalam teks tersebut adalah Menteri Sosial Julian P Batubara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap bantuan sosial di Kementerian Sosial dan salah satu pendapat dalam teks tersebut adalah Masyarakat merasa sakit hati atas pengkhianatan amanat berupa korupsi bansos di kala pandemi seperti sekarang ini.space 

Iklan

Pembahasan

Teks di atas merupakan teks artikel , yaitukarangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Fakta adalahhal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Berikut adalah ciri-ciri fakta : Hal, kenyataan, atau peristiwa yang benar-benar ada atau sudah terjadi. Biasanya dapat menjawab pertanyaanapa, siapa, kapan, di mana,atauberapadengan jawaban yang pasti. Disertai bukti-bukti yang mendukung kebenarannya berupa data-datayang akurat Bersifat objektif, yaitu memang benar-benar nyata, tidak dibuat-buat,dan diakui kebenarannya oleh semuaorang. Memiliki sumber yang dapatdipercaya. Opini adalah pendapat; pikiran; pendirina.Berikut adalah ciri-ciri opini : Peristiwa yang belum atau akan terjadi pada masa yang akan datang (baru berupa rencana) . Biasanya dapat menjawab pertanyaanmengapadanbagaimana. Berupa pendapat, saran, pikiran, perkiraan, pandangan, tanggapan, kemungkinan, perasaan, atau pendirian seseorang tentang suatu hal yang belum dibuktikan kebenarannya dan tidak disertai data-data pendukung. Bersifat subjektif, yaitu hasil menduga­ duga, berdasarkan perasaan atau seleraseseorang, yang bisa berbeda antaraorang yang satu dan yang lainnya. Berdasarkan atas pemikiran sendiri. Dengan demikian, salah satu fakta dalam teks tersebut adalah Menteri Sosial Julian P Batubara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap bantuan sosial di Kementerian Sosial dan salah satu pendapat dalam teks tersebut adalah Masyarakat merasa sakit hati atas pengkhianatan amanat berupa korupsi bansos di kala pandemi seperti sekarang ini.

Teks di atas merupakan teks artikel, yaitu karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Berikut adalah ciri-ciri fakta:

  1. Hal, kenyataan, atau peristiwa yang benar-benar ada atau sudah terjadi.
  2. Biasanya dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa dengan jawaban yang pasti.
  3. Disertai bukti-bukti yang mendukung kebenarannya berupa data-data yang akurat
  4. Bersifat objektif, yaitu memang benar-benar nyata, tidak dibuat-buat, dan diakui kebenarannya oleh semua orang.
  5. Memiliki sumber yang dapat dipercaya.

Opini adalah pendapat; pikiran; pendirina. Berikut adalah ciri-ciri opini:

  1. Peristiwa yang belum atau akan terjadi pada masa yang akan datang (baru berupa rencana) .
  2. Biasanya dapat menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana.
  3. Berupa pendapat, saran, pikiran, perkiraan, pandangan, tanggapan, kemungkinan, perasaan, atau pendirian seseorang tentang suatu hal yang belum dibuktikan kebenarannya dan tidak disertai data-data pendukung.
  4. Bersifat subjektif, yaitu hasil menduga­ duga, berdasarkan perasaan atau selera seseorang, yang bisa berbeda antara orang yang satu dan yang lainnya.
  5. Berdasarkan atas pemikiran sendiri.

Dengan demikian, salah satu fakta dalam teks tersebut adalah Menteri Sosial Julian P Batubara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap bantuan sosial di Kementerian Sosial dan salah satu pendapat dalam teks tersebut adalah Masyarakat merasa sakit hati atas pengkhianatan amanat berupa korupsi bansos di kala pandemi seperti sekarang ini.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Artikel

Kebahasaan Teks Artikel

Menganalisis Teks Artikel

Menyusun Teks Artikel

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

68

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan 2 (dua) contoh kalimat yang berupa fakta dan 2 (dua) contoh kalimat opini yang terdapat dalam artikel tersebut!

2rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia