Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketika balok 2 kg seperti gambar di samping disimpangkan dan dibebaskan, balok bergetar harmonik pada permukaan horizontal tanpa gesekan dengan periode 6 π ​ sekon. Sebuah balok kecil bermassa m diletakkan di atas balok tersebut dan koefisien gesekan statik antara kedua balok adalah 0,1. Amplitudo maksimum getaran harmonik sebelum massa m meluncur adalah . .. . (Anggap periode tidak dipengaruhi oleh penambahan massa kecil m).

Ketika balok 2 kg seperti gambar di samping disimpangkan dan dibebaskan, balok bergetar harmonik pada permukaan horizontal tanpa gesekan dengan periode  sekon. Sebuah balok kecil bermassa m diletakkan di atas balok tersebut dan koefisien gesekan statik antara kedua balok adalah 0,1. Amplitudo maksimum getaran harmonik sebelum massa m meluncur adalah . .. . (Anggap periode tidak dipengaruhi oleh penambahan massa kecil m).

  1. 0,5 cm

  2. 0,7 cm

  3. 1,0 cm

  4. 1,5 cm

  5. 2,2 cm

Iklan

R. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan soal diperoleh informasi : m 2 =m A ? Pertama, hitung frekuensi sudut pada osilasi tersebut : Ilustrasikan gaya-gaya yang bekerja : Pada balok m, terdapat gaya vertikal yang bekerja, yaitu gaya normal dan gaya berat : N-m.g=0 N=m.g Hitung gaya gesek yang bekerja antara balok 1 dan balok m : Asumsikan, balok pertama digeser ke kanan dengan amplitudo A terhadap posisi seimbang. Jika balok tersebut dilepas, maka balok pertama akan menggesek balok m ke kiri sehingga sebagai reaksinya, balok pertama akan digesek ke kanan oleh balok m. Balok m ikut berosilasi bersama balok pertama. Gaya penyebab balok m berayun adalah , sesuai hukum II Newton : Percepatan pada gerak harmonik sederhana dinyatakan sebagai turunan kedua dari posisi (simpangan), sehingga dapat ditulis : Substitusi nilai a : a=a Nilai simpangan = nilai amplitudo, maka : Jawaban B.

Berdasarkan soal diperoleh informasi :

 

 

m2=m

 

A ?

Pertama, hitung frekuensi sudut pada osilasi tersebut :

Ilustrasikan gaya-gaya yang bekerja :

Pada balok m, terdapat gaya vertikal yang bekerja, yaitu gaya normal dan gaya berat :

N-m.g=0

N=m.g

Hitung gaya gesek yang bekerja antara balok 1 dan balok m :

Asumsikan, balok pertama digeser ke kanan dengan amplitudo A terhadap posisi seimbang. Jika balok tersebut dilepas, maka balok pertama akan menggesek balok m ke kiri sehingga sebagai reaksinya, balok pertama akan digesek ke kanan oleh balok m.

Balok m ikut berosilasi bersama balok pertama. Gaya penyebab balok m berayun adalah, sesuai hukum II Newton :

Percepatan pada gerak harmonik sederhana dinyatakan sebagai turunan kedua dari posisi (simpangan), sehingga dapat ditulis :

Substitusi nilai a :

a=a

Nilai simpangan = nilai amplitudo, maka :

Jawaban B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Fira yuniar

Sangat membatu

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah benda melakukan gerak harmonik sederhana pada pegas dengan arah vertikal dengan frekuensi sebesar 3 Hz. Percepatan benda ketika berada 5 cm di atas titik seimbang sebesar ....

14

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia