Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan kutipan cerpen berikut!


    "Berguling! Berguling!" terdengar teriakan­nya sembari melepaskan seragam cokelatnya untuk dipakai menyabet punggung saya. Saya menurut dalam kepanikan. Tidak saya rasakan kerasnya tanah persawahan atau tunggak-tunggak batang padi yang menusuk-nusuk tubuh dan wajah saat bergulingan. Pikiran saya hanya terfokus pada api dan tak sempat untuk berpikir bahwa saat itu saya akan bisa mendapat luka yang lebih banyak karena gerakan itu. Sulit dilukiskan rasa takut yang saya rasakan. Malam yang saya pikir akan menyenangkan justru berubah menjadi teror yang mencekam!

    Ketika akhirnya api padam, saya rasakan pedih yang luar biasa menjalar dari punggung hingga ke leher. Baju yang saya kenakan habis sepertiganya, sementara sebagian kainnya yang gosong menyatu dengan kulit. Sahabat saya itu tanggap melingkupi tubuh saya dengan seragam cokelatnya melihat saya mulai menangis dan menggigil antara kesakitan dan kedinginan. Lalu dengan suara bergetar, dia, mencoba membuat isyarat dengan mulutnya. Sayang, tidak ada seorang pun yang mendekat dan dia sendiri kemudian mengakui bahwa kami telah terlalu jauh berjalan. Sadar saya membutuhkan pertolongan secepatnya, dia menggendong saya di atas punggungnya lalu berlari sembari membujuk-bujuk saya untuk tetap tenang. Napasnya memburu kelelahan, tapi rasa tanggung jawab yang besar seperti memberinya kekuatan berlipat. Sayang, sesampai di rumah bukan lain yang didapatnya kecuali caci maki Ayah dan lbu. Pipinya sempat pula kena tampar Ayah yang murka.

Seragam, Aris Kurniawan Basukispace 

Keterkaitan isi kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ...space 

  1. Orang yang gemar menindas orang lain.space 

  2. Orang yang tanggap memberikan bantuan pada pihak yang terkena musibah.space 

  3. Orang yang kehilangan pemikirannya karena panik.space 

  4. Orang yang merasa ketakutan.space 

  5. Orang yang gemar menimpakan kesalahan pada orang lain.space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan

Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang bersifat fiksi dan memiliki satu konflik dalam ceritanya. Umumnya sebuah cerpen terdiri dari 1.600 hingga 10.000 kata di dalamnya. Dengan keterbatasan tersebut, cerpen akan lebih fokus pada satu alur atau plot, karakter utama dan beberapa karakter tambahan jika diperlukan. Salah satu unsur yang membangun cerpen adalah unsur ekstrinsik. Salah satu unsur ekstrinsik dalam cerpen adalah nilai-nilai kehidupan. Nilai sosial merupakan salah satu nilai-nilai kehidupan. Nilai sosial adalah nilai yang berhubungan dengan interaksi-interaksi tokoh dengan antar tokoh atau tokoh dengan lingkungannya. 

Isi dalam cerpen bisa didapatkan dari imajinasi penulis atau kejadian nyata dalam kehidupan sehari. Keterkaitan isi kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah orang yang tanggap memberikan bantuan pada pihak yang terkena musibah. Hal ini dapat ditemukan dalam kutipan kalimat berikut.
       "Sahabat saya itu tanggap melingkupi tubuh saya dengan seragam cokelatnya ...."
       "Sadar saya membutuhkan pertolongan secepatnya, dia menggendong saya di atas punggungnya ...."

Hal demikian memberikan gambaran bahwa dalam kehidupan nyata tentu akan menemukan orang yang tanggap memberikan bantuan kepada pihak yang terkena musibah. Misalnya, di perkampungan penduduk terjadi kebakaran di sebuah rumah dan secara sigap tetangga di sekitar rumahnya berusaha memadamkan api secara gotong royong atau menghubungi pemadam kebakaran. Jadi, isi cerpen tersebut memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.space 

732

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

“Tidak! Lagu Indonesia Raya itu tidak boleh ditukar. Kita harus mendengarnya sampai selesai!” “Tetapi, telingaku sakit mendengarnya!” kata orang yang berseragam hijau dengan tiga pistol di pinggangny...

161

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia