Roboguru

Dan Lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan pokok naik. Masyarakat panik. Heboh mudik. Korban jiwa di jalanan bikin galau dan arus balik dapat dipastikan akan tetap kacau. Aku sendiri punya persoalan buntu yang tak bisa dipecahkan. Walau sudah setengah mati banting tulang, hasilnya hanya cukup untuk bayar uang pangkal sekolah anak-anak.           Sempat ada cucunguk yang menawarkan bagaimana mendapat SKM, dan KGS kartu yang bisa menolong mengurangi beban. Tapi apa daya hati kecil menolak. Akhirnya kesombongan itu terkumpul membuat bangkrut di puncak Ramadhan.          Sementara, orang suka ria jor-joran merayakan hari Kemenangan, kami sekeluarga teriris kesunyian. Untungnya tak ada anak-anak yang ngomel, Mungkin ibunya sudah berhasil mencuci otak mereka. Paling tidak untuk menyakiti hati bapaknya yang sudah keok.          Namun penderitaanku tetap tidak berkurang. Karya: Putu Wijaya Dikutip dari: http://cerpen print.kompas.com/kumpulan-cerpen-kompas diunduh 2 Februari 2017 Realitas kehidupan sehari-hari yang sering ditemui dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

Pertanyaan

  Dan Lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan pokok naik. Masyarakat panik. Heboh mudik. Korban jiwa di jalanan bikin galau dan arus balik dapat dipastikan akan tetap kacau. Aku sendiri punya persoalan buntu yang tak bisa dipecahkan. Walau sudah setengah mati banting tulang, hasilnya hanya cukup untuk bayar uang pangkal sekolah anak-anak.
          Sempat ada cucunguk yang menawarkan bagaimana mendapat SKM, dan KGS kartu yang bisa menolong mengurangi beban. Tapi apa daya hati kecil menolak. Akhirnya kesombongan itu terkumpul membuat bangkrut di puncak Ramadhan.
         Sementara, orang suka ria jor-joran merayakan hari Kemenangan, kami sekeluarga teriris kesunyian. Untungnya tak ada anak-anak yang ngomel, Mungkin ibunya sudah berhasil mencuci otak mereka. Paling tidak untuk menyakiti hati bapaknya yang sudah keok.
         Namun penderitaanku tetap tidak berkurang.

Karya: Putu Wijaya
Dikutip dari: http://cerpen print.kompas.com/kumpulan-cerpen-kompas
diunduh 2 Februari 2017

Realitas kehidupan sehari-hari yang sering ditemui dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

  1. Harga kebutuhan pokok naik menjelang Lebaran.

  2. Bekerja membanting tulang demi mencukupi kebutuhan keluarga.

  3. MAsyarakat panik dan heboh menjelang Lebaran.

  4. Penderitaan tokoh aku karena hidup serba kekurangan.

  5. Masalah keuangan tidak dapat dipecahkan.

Pembahasan:

Realitas yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kutipan cerpen tersebut terlihat pada kalimat Walau sudah setengah mati bariting tulang, hasilnya hanya cukup untuk bayar uang pangkal sekolah anak-anak. Berdasarkan kalimat tersebut, terdapat seorang tokoh yang membanting tuang untuk memenuhi kehidupannya. Hal tersebut sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari orang banyak terutama orang tua di dalam sebuah keluarga.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Jam sepuluh lebih seperempat saat itu. Warung sudah buka sejak lebih, tetapi baru ada satu orang yang berkunjung. Itu pun cuma datang membawa ranting membeli gula kambing untuk dibawa pulang. Pada mas...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved