RoboguruRoboguru
SD

Bacalah kutipan buku fiksi berikut!     Di lingkungan rumahnya, Tuan Sidik dikenal tidak suka bersosialisasi. Dia hanya akan muncul saat Ramadan, salat Tarawih setiap malam, tidak pemah absen. Dan dia adalah orang yang memberikan THR paling banyak untuk anak-anak di RT-nya yang mayoritas tidak mampu.      Salim adalah salah satu anak itu. Tahun ini usianya sembilan belas tahun. Sudah ,lulus SMA. Tuan Sidik tidak memberikan THR untuk anak-anak di atas tujuh belas tahun atau sudah lulus SMA. Mereka seharusnya sudah mandiri, tidak berhak lagi menerima THR.      Namun, Salim sama sekali tidak mandiri. Orang tuanya yang tersisa cuma Bapak, meninggal seminggu lalu karena TBC. Bapak Salim mengumpulkan sampah dari rumah-rumah warga setiap subuh, dan demi menghangatkan diri, dia merokok. Sebenamya tidak menghangatkan diri pun, bapaknya Salim merokok. Jadi, karena udara dingin dan rokok, TBC bapak Salim semakin parah.  Dikutip dari Jia Effendi, Brangkas Kumpulan Cerita Pendek, Bandung, Nawalapaya, 2018 Susunlah sebuah paragraf reflektif yang sesuai nilai-nilai dalam kutipan cerpen berikut!

Pertanyaan

Bacalah kutipan buku fiksi berikut!


    Di lingkungan rumahnya, Tuan Sidik dikenal tidak suka bersosialisasi. Dia hanya akan muncul saat Ramadan, salat Tarawih setiap malam, tidak pemah absen. Dan dia adalah orang yang memberikan THR paling banyak untuk anak-anak di RT-nya yang mayoritas tidak mampu. 


    Salim adalah salah satu anak itu. Tahun ini usianya sembilan belas tahun. Sudah ,lulus SMA. Tuan Sidik tidak memberikan THR untuk anak-anak di atas tujuh belas tahun atau sudah lulus SMA. Mereka seharusnya sudah mandiri, tidak berhak lagi menerima THR.


     Namun, Salim sama sekali tidak mandiri. Orang tuanya yang tersisa cuma Bapak, meninggal seminggu lalu karena TBC. Bapak Salim mengumpulkan sampah dari rumah-rumah warga setiap subuh, dan demi menghangatkan diri, dia merokok. Sebenamya tidak menghangatkan diri pun, bapaknya Salim merokok. Jadi, karena udara dingin dan rokok, TBC bapak Salim semakin parah. 


Dikutip dari Jia Effendi, Brangkas Kumpulan Cerita Pendek, Bandung, Nawalapaya, 2018


Susunlah sebuah paragraf reflektif yang sesuai nilai-nilai dalam kutipan cerpen berikut!undefined 
 

  1. ...undefined 

  2. ...

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Paragraf reflektif adalah paragraf yang berisi tentang pandangan seseorang setelah melakukan analisis terhadap sesuatu. Misalnya, setelah membaca sebuah karya kemudian menafsirkan nilai yang didapatkannya setelah membaca, hanya saja berbentuk paragraf yang baru. Paragraf reflektif ini bersifat subjektif.  

Nilai yang ada dalam cerpen tersebut di antaranya yaitu,

1. Anak yang sudah dewasa seharusnya bisa mengerti keadaan dengan membantu orang tua yang sudah merawat sejak kecil.

2. Tidak perlu mengharapkan bantuan orang lain.

3. Saat bekerja sebaiknya tidak lupa untuk memerhatikan dan menjaga kesehatan.

Jadi, paragraf reflektif yang sesuai adalah sebagai berikut.

Ada yang mengatakan bahwa seseorang dikatakan dewasa ketika ia lulus dari bangku sekolah menengah atas (SMA). Mereka yang sudah tidak bersekolah seharusnya tidak hanya berdiam diri dan mengharapkan dibantu orang lain. Justru kebalikannya, anak yang sudah dewasa dirasa mampu untuk mencari pekerjaan dan seharusnya bisa memiliki semangat yang tinggi. Kemampuan yang masih segar ditambah dengan badan yang masih bugar dituntut untuk bisa memulai bekerja demi meringankan beban orang tua. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat bekerja, yaitu menjaga kesehatan. Keduanya harus saling berdampingan agar hidup menjadi seimbang.

79

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan cerpen berikut!     "Apakah tugasmu jadi wali kota untuk menghukum mereka?"     Aku sudah membantu mereka, setiap minggu aku turun ke pelosok-pelosok kota. Aku berkeliling melihat...

664

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia