Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kehidupan kami begitu sederhana, ayahku hanya lulusan SMA dan ibuku lulusan D3. Mereka berjuang keras untuk menghidupi kami bertiga. Kedua orang tuaku hanya seorang pedagang batik di Beringharjo. Ibu membantu ayah karena ayah mempunyai masalah dengan pendengarannya. Walau demikian, ayahku sangat semangat bekerja dengan harapan kelakanak-anaknya menjadi sarjana. Ayahku juga selalu mendorong kami menjadi anak-anak yang sukses. Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...

Kehidupan kami begitu sederhana, ayahku hanya lulusan SMA dan ibuku lulusan D3. Mereka berjuang keras untuk menghidupi kami bertiga. Kedua orang tuaku hanya seorang pedagang batik di Beringharjo. Ibu membantu ayah karena ayah mempunyai masalah dengan pendengarannya. Walau demikian, ayahku sangat semangat bekerja dengan harapan kelak anak-anaknya menjadi sarjana. Ayahku juga selalu mendorong kami menjadi anak-anak yang sukses.

 

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...

  1. Jangan menyerah pada keadaan nasib!

  2. Jangan muluk-muluk dalam bercita-cita!

  3. Jangan suka mengejek orang miskin!

  4. Utamakan kondisi keluarga!

Iklan

G. Fauziyah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Amanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang dalam sebuah cerita. Amanatdalam sebuah cerita biasanya berupa hal positif yang dapat diambil atau diteladani oleh pembacanya. Kutipan di atas berisi keadaan sebuah keluarga yang tidak menyerah pada nasib yang kurang beruntung, bahkan Sang Ayah selalu mendorong anaknya untuk terus berusaha menjadi orang yang sukses. Dengan keadaan yang tidak terlalu baik, keluarga dalam cerita di atas terus berusaha agar dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik. Keluarga mereka tidak menyerah pada keadaan atau nasib yang mereka alami. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Amanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang dalam sebuah cerita. Amanat dalam sebuah cerita biasanya berupa hal positif yang dapat diambil atau diteladani oleh pembacanya. Kutipan di atas berisi keadaan sebuah keluarga yang tidak menyerah pada nasib yang kurang beruntung, bahkan Sang Ayah selalu mendorong anaknya untuk terus berusaha menjadi orang yang sukses. Dengan keadaan yang tidak terlalu baik, keluarga dalam cerita di atas terus berusaha agar dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik. Keluarga mereka tidak menyerah pada keadaan atau nasib yang mereka alami. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ayo, lengkapilah tabel unsur intrinsik cerita berikut!

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia