Roboguru
SD

"Bukan! Dia budakku," kata gadis itu. Alangkah terlukanya sang ibu mendengar itu. Hatinya menangis. Ia tak berdaya menahan sakit hatinya. Ia berbisik dan memohon pada Tuhan. Suatu hari, gadis itu tiba-tiba berubah menjadi batu karena kesombongannya. Gadis itu menyadari kesalahannya, tapi terlambat karena hukuman telah menimpanya. Ia pun hanya menangis. Hingga sekarang, batu itu dikenal sebagai "Batu Menangis". Amanat kutipan cerita tersebut adalah ....

Pertanyaan

"Bukan! Dia budakku," kata gadis itu.
Alangkah terlukanya sang ibu mendengar itu. Hatinya menangis. Ia tak berdaya menahan sakit hatinya. Ia berbisik dan memohon pada Tuhan.
Suatu hari, gadis itu tiba-tiba berubah menjadi batu karena kesombongannya. Gadis itu menyadari kesalahannya, tapi terlambat karena hukuman telah menimpanya. Ia pun hanya menangis. Hingga sekarang, batu itu dikenal sebagai "Batu Menangis".

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ....

  1. sesama manusia seharusnya saling menghargai

  2. kita tidak boleh menyakiti hati orang tua, terutama ibu

  3. setiap orang yang meminta maaf harus dimaafkan

  4. kita harus menjunjung tinggi adat istiadat tertentu

H. Hartanto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Amanat merupakan  pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca berupa nilai- nilai luhur yang dapat dijadikan contoh atau teladan. Penyampaian pesan selalu didasarkan tema dan tujuan yang telah ditetapkan penulis pada saat menyusun rancangan cerita.Dalam teks tersebut, amanat yang ingin disampaikan pengarang adalah (B) Kita tidak boleh menyakiti hati orangtua, terutama ibu. Hal ini terlihat dari dari kalimat “Alangkah terlukanya sang ibu mendengar itu dan Suatu hari, gadis itu tiba-tiba berubah menjadi batu…” Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

71

3.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

(1) Wulan heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya. Padahal wualn tidak kenal sama sekali. (2). “Astaga , jangan-jangan……” melintas pikiran buruk dibenaknya, (3) jangan-jang...

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia