Roboguru

Kebijakan pemerintah Orde Baru direalisasikan setelah menata politik di bidang pembangunan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek dirancang melalui ...

Pertanyaan

Kebijakan pemerintah Orde Baru direalisasikan setelah menata politik di bidang pembangunan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek dirancang melalui ... space

  1. Mensejahterakan hidup rakyat melalui transmigrasi space

  2. Penanaman modal asing, Freeport di Papua space

  3. Pembangunan lima tahun (Pelita) space

  4. Pembuatan pesawat terbang di Bandung (IPTN) space

  5. Rencana pembangunan Kasimo Plan space

Pembahasan Soal:

Masa pemerintahan Orde Baru berlangsung sejak 1966-1998. Pada awal pemerintahan Orde Baru, kebijakan yang dilakukan ditujukan untuk menata berbagai bidang, seperti politik dan pembangunan ekonomi. Usaha tersebut direalisasikan dalam bidang pembangunan jangka pendek dan jangka panjang. Bidang pembangunan jangka pendek dirancang melalui pembangunan lima tahun (Pelita). Pelita yang dirancang oleh pemerintah memiliki tujuan yaitu mencapai tingkat kesejahteraan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa saja kebijakan pemerintah orde baru dalam bidang pembangunan?

Pembahasan Soal:

Beberapa kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pada masa orde baru adalah:

  1. Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) : Repelita I (1 April 1969-31 Maret 1974) Sasaran utama yang hendak dicapai adalah pangan, sandang, papan, perluasan lapangan kerja, dan kesejahteraan rohani. Pertumbuhan ekonomi berhasil naik 3 sampai 5,7% sedangkan tingkat inflasi menurun menjadi 47,8%. Repelita II (1 April 1974 - 31 Maret 1979) menitikberatkan pada sektor pertanian dan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku. Repelita III (1 April 1979-31 Maret 1984) Pelita III menekankan pada Trilogi Pembangunan dengan menekankan pada azas pemerataan. Repelita IV (1 April 1984 - 31 Maret 1989) menitikberatkan pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dengan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin-mesin sendiri. Repelita V (1 April 1989-31 Maret 1994) menitikberatkan pada sektor pertanian untuk memantapkan swasembada pangan, meningkatkan produksi pertanian, menyerap tenaga kerja, dan mampu menghasilkan mesin-mesin sendiri. Repelita VI dimulai pada tahun 1994, pembangunan berfokus pada pada sektor ekonomi, industri, pertanian dan peningkatan sumber daya manusia.
  2. Revolusi Hijau. Revolusi Hijau pada dasarnya adalah suatu perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional (peasant) ke cara modern (farmers). Untuk meningkatkan produksi pertanian umumnya dilakukan empat usaha pokok, yang terdiri dari: Intensifikasi (penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi pertanian untuk memanfaatkan lahan yang ada guna memperoleh hasil yang optimal) , Ekstentifikasi (perluasan lahan pertanian untuk memperoleh hasil pertanian yang lebih optimal), Diversifikasi (keanekaragaman usaha tani), dan Rehabilitasi (pemulihan daya produktivitas sumber daya pertanian yang sudah kritis).

Dengan demikian, kebijakan pemerintah orde baru dalam bidang pembangunan adalah Repelita dan Revolusi Hijau.undefined

0

Roboguru

Pola dasar pembangunan nasional berjangka pendek yaitu setiap tahap berjangka waktu ....

Pembahasan Soal:

Pola dasar pembangunan nasional terbagi menjadi 3 jangka, yakni jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Pembagian pola dasar pembangunan menjadi beberapa jangka tersebut berfungsi untuk memetakan capaian-capaian yang akan dituju pemerintah serta mengevaluasi tingkat keberhasilan serta hambatan yang berlangsung di setiap jangka atau periode. Dalam jangka pendek, pola dasar pembangunan nasional berjangka waktu 1 tahun.

Dengan demikian, pola dasar pembangunan nasional berjangka pendek memiliki kurun waktu 1 tahun.

0

Roboguru

Jelaskan kebijakan politik repelita

Pembahasan Soal:

Repelita atau Rencana Pembangunan Lima Tahun adalah satuan perencanaan yang dibuat oleh pemerintah Orde Baru. Pada April 1969, pemerintah menyusun Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang bertujuan untuk meningkatkan sarana ekonomi, kegiatan ekonomi serta kebutuhan sandang dan pangan. Repelita ini akan dievaluasi selama lima tahun sekali. Terdapat enam Repelita selama pemerintahan Orde Baru yang memiliki berbagai fokus kebijakan. 

  • Repelita I (1 April 1969-31 Maret 1974) Sasaran utama yang hendak dicapai adalah pangan, sandang, papan, perluasan lapangan kerja, dan kesejahteraan rohani.
  • Repelita II (1 April 1974 - 31 Maret 1979) menitikberatkan pada sektor pertanian dan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku.
  • Repelita III (1 April 1979-31 Maret 1984) Pelita III menekankan pada Trilogi Pembangunan dengan menekankan pada azas pemerataan
  • Repelita IV (1 April 1984 - 31 Maret 1989) menitikberatkan pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dengan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin-mesin sendiri.
  • Repelita V (1 April 1989-31 Maret 1994) menitikberatkan pada sektor pertanian untuk memantapkan swasembada pangan, meningkatkan produksi pertanian, menyerap tenaga kerja, dan mampu menghasilkan mesin-mesin sendiri.
  • Repelita VI dimulai pada tahun 1994, pembangunan berfokus pada pada sektor ekonomi, industri, pertanian dan peningkatan sumber daya manusia.

Dengan demikian Repelita merupakan rancangan ekonomi Indonesia yang berjangka waktu lima tahun untuk memfokuskan pertumbuhan sektor-sektor strategis.

0

Roboguru

Program pembangunan Orde Baru adalah program pembangunan nasional berencana yang tertuang dalam ...

Pembahasan Soal:

Repelita atau Rencana Pembangunan Lima Tahun adalah satuan perencanaan yang dibuat oleh pemerintah Orde Baru di Indonesia. Repelita pertama kali dilakukan pada tahun 1969-1974 yang bertujuan memenuhi kebutuhan dasar dan infrastruktur dengan penekanan pada bidang pertanian.

Dengan demikian, program pembangunan Orde Baru adalah program pembangunan nasional berencana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita).

0

Roboguru

Pola kebijakan pemerintahan Orde Baru mengenai kebijakan pembangunan jangka pendek disebut ....

Pembahasan Soal:

Pemerintahan Orde Baru menerapkan kebijakan terkait pola pembangunan yaitu melalui program Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Repelita selama masa Orde Baru dirancang sebanyak enam kali yang dapat dijelaskan di bawah ini.
 

  1. Repelita I (1 April 1969- 31 Maret 1974) sasaran utama yang hendak dicapai masalah Pangan, sandang, papan perluasan lapangan kerja, dan kesejahtraan rohani.
  2. Repelita II (1 April 1974- 31 Maret 1979) menitikberatkan pada sektor pertanian dan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi.
  3. Repelita III (1 April 1979- 31 Maret 1984) menekankan Trilogi pembangunan dengan menekankan pada asas pemerataaan 
  4. Repelita IV (1 April 1984- 31 Maret 1989) menitikberatkanpada sektor pertanian menuju swasembada pangan dengan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin sendiri.
  5. Repelita V (1 April 1989- 31 Maret 1994) menitikberatkan pada sektor pertanian untuk memantapkan swasembada pangan, meningkatkan produksi pertanian, menyerap tenaga kerja dan menghasilkan mesin sendiri.
  6. Repelita VI (1 April 1994-1998) menenkankan pada bidang ekonomi, industri, pertanian, dan peningatan sumber daya manusia.


Dengan demikian, pola kebijakan Pemerintahan Orde Baru untuk pembangunan jangka pendek disebut Repelita.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved