Roboguru

<!--td {border: 1px solid #ccc;}br {mso-data-placement:same-cell;}--> Apa saja kebijakan pemerintah orde baru dalam bidang pembangunan?

Apa saja kebijakan pemerintah orde baru dalam bidang pembangunan?

Jawaban:

Beberapa kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pada masa orde baru adalah:

  1. Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) : Repelita I (1 April 1969-31 Maret 1974) Sasaran utama yang hendak dicapai adalah pangan, sandang, papan, perluasan lapangan kerja, dan kesejahteraan rohani. Pertumbuhan ekonomi berhasil naik 3 sampai 5,7% sedangkan tingkat inflasi menurun menjadi 47,8%. Repelita II (1 April 1974 - 31 Maret 1979) menitikberatkan pada sektor pertanian dan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku. Repelita III (1 April 1979-31 Maret 1984) Pelita III menekankan pada Trilogi Pembangunan dengan menekankan pada azas pemerataan. Repelita IV (1 April 1984 - 31 Maret 1989) menitikberatkan pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dengan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin-mesin sendiri. Repelita V (1 April 1989-31 Maret 1994) menitikberatkan pada sektor pertanian untuk memantapkan swasembada pangan, meningkatkan produksi pertanian, menyerap tenaga kerja, dan mampu menghasilkan mesin-mesin sendiri. Repelita VI dimulai pada tahun 1994, pembangunan berfokus pada pada sektor ekonomi, industri, pertanian dan peningkatan sumber daya manusia.
  2. Revolusi Hijau. Revolusi Hijau pada dasarnya adalah suatu perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional (peasant) ke cara modern (farmers). Untuk meningkatkan produksi pertanian umumnya dilakukan empat usaha pokok, yang terdiri dari: Intensifikasi (penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi pertanian untuk memanfaatkan lahan yang ada guna memperoleh hasil yang optimal) , Ekstentifikasi (perluasan lahan pertanian untuk memperoleh hasil pertanian yang lebih optimal), Diversifikasi (keanekaragaman usaha tani), dan Rehabilitasi (pemulihan daya produktivitas sumber daya pertanian yang sudah kritis).

Dengan demikian, kebijakan pemerintah orde baru dalam bidang pembangunan adalah Repelita dan Revolusi Hijau.undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved