Iklan

Iklan

Pertanyaan

Keberhasilan pemerintah Orde Baru dalam program rehabilitasi ekonomi dilanjutkan dengan program pembangunan. Dasar pelaksanaan program pembangunan tersebut adalah ...

Keberhasilan pemerintah Orde Baru dalam program rehabilitasi ekonomi dilanjutkan dengan program pembangunan. Dasar pelaksanaan program pembangunan tersebut adalah ...

  1. - Pelita

    - GBHN

  2. - GBHN

    - Koperta

  3. - Simas

    - Repelita

  4. - Repelita

    - Trilogi Pembangunan

  5. - Pelita

    - Trilogi Pembangunan

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah D. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pada tahun 1967, sejak dibubarkannya Kabinet Ampera II, Pemerintahan Orde Baru berupaya untuk menstabilisasi politik dan ekonomi yang pada saat itu sedang mengalami krisis diakibatkan oleh Pemerintah Orde Lama. Untuk menangani krisis tersebut,Pemerintah Orde Baru membentuk Kabinet Pembangunan I pada tahun 1968. Kabinet Pembangunan I yang baru dibentuk tersebut memiliki landasan program kerja yang tertuang dalam sebuah konsep yang bernama Trilogi Pembangunan. Pelaksanaan pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah Orde Baru berdasarkan pada Trilogi Pembangunan yang mencakup aspek-aspek berikut. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain berdasarkan Trilogi Pembangunan, implementasi kebijakan pembangunan pada masa Orde Baru direncanakan dalam program Pembangunan Jangka Pendek dan Pembangunan Jangka Panjang. Penerapan program Pembangunan Jangka Pendek dirancang dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang diwujudkan melalui Pembangunan Lima Tahun (Pelita). Sejalan dengan gagasan tersebut, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 1973-1993 menetapkan Garis Besar Haluan Negara (GBHN) untuk mengatur program pembangunan nasional secara umum. Dalam GBHN, perencanaan pembangunan nasional yang hendak dilaksanakan oleh pemerintah Orde Baru dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Adapun Pelita mulai diterapkan pada 1969. Pelaksanaan program tersebut memiliki tiga fokus dalam bidang, yaknipertanian, ekonomi, dan pendidikan.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah D.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pada tahun 1967, sejak dibubarkannya Kabinet Ampera II, Pemerintahan Orde Baru berupaya untuk menstabilisasi politik dan ekonomi yang pada saat itu sedang mengalami krisis diakibatkan oleh Pemerintah Orde Lama. Untuk menangani krisis tersebut, Pemerintah Orde Baru membentuk Kabinet Pembangunan I pada tahun 1968. Kabinet Pembangunan I yang baru dibentuk tersebut memiliki landasan program kerja yang tertuang dalam sebuah konsep yang bernama Trilogi Pembangunan. Pelaksanaan pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah Orde Baru berdasarkan pada Trilogi Pembangunan yang mencakup aspek-aspek berikut.

  1. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
  2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
  3. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain berdasarkan Trilogi Pembangunan, implementasi kebijakan pembangunan pada masa Orde Baru direncanakan dalam program Pembangunan Jangka Pendek dan Pembangunan Jangka Panjang. Penerapan program Pembangunan Jangka Pendek dirancang dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang diwujudkan melalui Pembangunan Lima Tahun (Pelita).

Sejalan dengan gagasan tersebut, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 1973-1993 menetapkan Garis Besar Haluan Negara (GBHN) untuk mengatur program pembangunan nasional secara umum. Dalam GBHN, perencanaan pembangunan nasional yang hendak dilaksanakan oleh pemerintah Orde Baru dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Adapun Pelita mulai diterapkan pada 1969. Pelaksanaan program tersebut memiliki tiga fokus dalam bidang, yakni pertanian, ekonomi, dan pendidikan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Rahman Liguman

sangat bermanfaat dan membantu

Thyra azzahra

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemerintah Orde Baru berupaya melaksanakan pembangunan diberbagai sektor. Salah satu keberhasilan pembangunan sektor industripada masa Orde Baru adalah ….

47

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia