Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen ini dengan saksama!


Bertahun-tahun kutemani engkau, menjadi tempat berayunmu, melindungi dari teriknya raja siang yang membakar, juga "pundak" apabila kau menangis tanpa Landung.space 

Sebatang Lengkeng yang Bercerita, Miranda Seftiana

Kalimat tersebut menggunakan majas ....

Kalimat tersebut menggunakan majas ....space 

  1. personifikasispace 

  2. metaforaspace 

  3. similespace 

  4. alegorispace 

  5. hiperbolaspace 

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Majas atau gaya bahasa adalah cara pengarang atau seseorang yang mempergunakan bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya. Majas disebut juga bahasa berkias yang dapat menghidupkan atau meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Beberapa majas yang sering digunakan dalam cerpen yaitu sebagai berikut: Hiperbola , yaitu pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan. Contoh: Kita berjuang sampai titik darah penghabisan. Personifikasi , yaitu mengumpamakan benda mati sebagai makhluk hidup. Contoh: Hujan itu menari-nari di atas genting. Simile , yaitu pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata seperti, layaknya, bagaikan, umpama, ibarat, bak, dan bagai. Contoh: Kau umpama air dan aku bagai minyaknya. Metafora , yaitu pengungkapan yang membandingkan suatu benda dengan benda lain karena mempunyai sifat yang sama atau hampir sama. Contoh: Dewi malam bersinar terang saat aku menatap langit. Alegori , yaitu membandingkan suatu hal secara tidak langsungmelalui kiasan atau penggambaran yang berhubungan dalam kesatuan yang utuh. Contoh: Suami sebagai nahkoda, istri sebagai juru mudi. Repetisi , yaitu mengulang atau melukiskan sesuatu berupa perulangan kata atau beberapa kata pada beberapa kalimat. Contoh: Hidup adalah perjuangan. Hidup adalah pengorbanan. Litotes , yaitu majas yang di dalam ungkapannya menyatakan sesuatu yang positif dengan bentuk yang negatif, bertujuan untuk merendahkan hati. Contoh: Mampirlah ke gubuk kami (padahal rumahnya besar dan mewah) Kalimat tersebut menggunakan majas personifikasi karena menganggap kelengkeng (sesuai judul) sebagai manusia, yaitu pundak sebagai sandaran ketika menangis. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Majas atau gaya bahasa adalah cara pengarang atau seseorang yang mempergunakan bahasa sebagai alat
mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya. Majas disebut juga bahasa berkias yang dapat menghidupkan atau meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Beberapa majas yang sering digunakan dalam cerpen yaitu sebagai berikut:

  1. Hiperbola, yaitu pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan.
    Contoh: Kita berjuang sampai titik darah penghabisan.
  2. Personifikasi, yaitu mengumpamakan benda mati sebagai makhluk hidup.
    Contoh: Hujan itu menari-nari di atas genting.
  3. Simile, yaitu pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata seperti, layaknya, bagaikan, umpama, ibarat, bak, dan bagai.
    Contoh: Kau umpama air dan aku bagai minyaknya.
  4. Metafora, yaitu pengungkapan yang membandingkan suatu benda dengan benda lain karena mempunyai sifat yang sama atau hampir sama.
    Contoh: Dewi malam bersinar terang saat aku menatap langit.
  5. Alegori, yaitu membandingkan suatu hal secara tidak langsung melalui kiasan atau penggambaran yang berhubungan dalam kesatuan yang utuh.
    Contoh: Suami sebagai nahkoda, istri sebagai juru mudi.
  6. Repetisi, yaitu mengulang atau melukiskan sesuatu berupa perulangan kata atau beberapa kata pada beberapa kalimat.
    Contoh: Hidup adalah perjuangan. Hidup adalah pengorbanan.
  7. Litotes, yaitu majas yang di dalam ungkapannya menyatakan sesuatu yang positif dengan bentuk yang negatif, bertujuan untuk merendahkan hati.
    Contoh: Mampirlah ke gubuk kami (padahal rumahnya besar dan mewah)

Kalimat tersebut menggunakan majas personifikasi karena menganggap kelengkeng (sesuai judul) sebagai manusia, yaitu pundak sebagai sandaran ketika menangis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

1rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Seperti namanya, Melati tumbuh menjadi gadis yang menawan. Kulitnya yang putih bersih serta wajahnya yang manis selalu menarik perhatian orang yang berada di sekitarnya. Sikap yang ramah membuat ia se...

134

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia