Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan periodisasi zaman pra-aksara secara Arkeologis !

Jelaskan periodisasi zaman pra-aksara secara Arkeologis !

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

periodisasi zaman pra-akasara menurut Arkeologi terbagi menjadi empat zaman, yakni Zaman Batu Tua, Zaman Batu Tengah, Zaman Batu Baru, dan Zaman Logam yang dibagi menjadi tiga yaitu zaman Tembaga, Zaman Perunggu dan Zaman Besi.

periodisasi zaman pra-akasara menurut Arkeologi terbagi menjadi empat zaman, yakni Zaman Batu Tua, Zaman Batu Tengah, Zaman Batu Baru, dan Zaman Logam yang dibagi menjadi tiga yaitu zaman Tembaga, Zaman Perunggu dan Zaman Besi.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Diketahui bahwa zaman prasejarah merupakan pembabakan peradaban manusia dalam periode sejarah, yang mana pada saat itu belum dikenalnya tulisan atau bisa juga disebut dengan zaman praaksara, sehingga kehidupan manusianya sangatlah sederhana. Menurut Arkeologi, terdapat empat pembagian zaman pra-aksara, yakni. Zaman Batu Tua : Zaman batu tua disebut jugapaleolitikumatau masa berburu dan meramu. Pada zaman ini, kehidupan manusia masih sangat tergantung pada alam dan berpindah-pindah (nomaden). Makanan didapat dari sumber makanan yang ada di sekitar tempat tinggal. Tempat tinggal manusia pada masa tersebut biasanya dekat dengan sumber air yang berpohon banyak dan berelief datar. Alat-alat yang digunakan masih sangat sederhana bentuknya dan terbuat dari batu atau tulang. Zaman Batu Tengah : Zaman batu tengah disebut jugamesolitikumatau masa berburu dan meramu tingkat lanjutan. Pada zaman ini, manusia hidup di gua-gua dan masih berpindah-pindah. Makanan didapat dengan cara berburu hewan-hewan liar dan buah-buahan dari pepohonan yang ada di hutan. Manusia masih menggunakan alat-alat terbatas yang terbuat dari batu dan tulang dengan bentuk yang lebih baik. Sumber daya alam masih mampu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Zaman Batu Baru : Zaman batu baru disebut juganeolitikumatau masa bercocok tanam. Pada zaman ini, manusia mulai mengenal bercocok tanam dengan cara berladang dan mereka tinggal sekaligus menetap di dekat ladang-ladang yang mereka buat, mereka membabat hutan dengan sistem ladang berpindah. Pada masa ini, manusia mulai memelihara hewan ternak dan hidup dalam kelompok-kelompok besar serta mulai mengenal kepemimpinan secara terbatas. Peralatan yang digunakan masih terbuat dari batu yang diasah hingga halus dan berbentuk lebih baik. Zaman logam : Zaman logam disebut juga masa perunggu dan besi atau masa perundagian. Pada zaman ini, manusia telah menetap dan mulai mengenal pembagian kerja berdasarkan keahlian tertentu. Oleh karena itu, kehidupan masyarakat pada zaman ini telah mengenal adanya pembagian status berdasarkan jumlah kekayaan yang dimiliki. Manusia pada zaman ini juga telah mengenal peralatan yang terbuat dari logam tertentu yang mudah didapat seperti perunggu dan besi. Zaman logam ini dibagi menjadi tiga, yaitu zaman Tembaga, zaman Perunggu, zaman Besi. Dengan demikian, periodisasi zaman pra-akasara menurut Arkeologi terbagi menjadi empat zaman, yakni Zaman Batu Tua, Zaman Batu Tengah, Zaman Batu Baru, dan Zaman Logam yang dibagi menjadi tiga yaitu zaman Tembaga, Zaman Perunggu dan Zaman Besi.

Diketahui bahwa zaman prasejarah merupakan pembabakan peradaban manusia dalam periode sejarah, yang mana pada saat itu belum dikenalnya tulisan atau bisa juga disebut dengan zaman praaksara, sehingga kehidupan manusianya sangatlah sederhana. Menurut Arkeologi, terdapat empat pembagian zaman pra-aksara, yakni.

  1. Zaman Batu Tua : Zaman batu tua disebut juga paleolitikum atau masa berburu dan meramu. Pada zaman ini, kehidupan manusia masih sangat tergantung pada alam dan berpindah-pindah (nomaden). Makanan didapat dari sumber makanan yang ada di sekitar tempat tinggal. Tempat tinggal manusia pada masa tersebut biasanya dekat dengan sumber air yang berpohon banyak dan berelief datar. Alat-alat yang digunakan masih sangat sederhana bentuknya dan terbuat dari batu atau tulang.
  2. Zaman Batu Tengah : Zaman batu tengah disebut juga mesolitikum atau masa berburu dan meramu tingkat lanjutan. Pada zaman ini, manusia hidup di gua-gua dan masih berpindah-pindah. Makanan didapat dengan cara berburu hewan-hewan liar dan buah-buahan dari pepohonan yang ada di hutan. Manusia masih menggunakan alat-alat terbatas yang terbuat dari batu dan tulang dengan bentuk yang lebih baik. Sumber daya alam masih mampu memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  3. Zaman Batu Baru : Zaman batu baru disebut juga neolitikum atau masa bercocok tanam. Pada zaman ini, manusia mulai mengenal bercocok tanam dengan cara berladang dan mereka tinggal sekaligus menetap di dekat ladang-ladang yang mereka buat, mereka membabat hutan dengan sistem ladang berpindah. Pada masa ini, manusia mulai memelihara hewan ternak dan hidup dalam kelompok-kelompok besar serta mulai mengenal kepemimpinan secara terbatas. Peralatan yang digunakan masih terbuat dari batu yang diasah hingga halus dan berbentuk lebih baik.  
  4. Zaman logam : Zaman logam disebut juga masa perunggu dan besi atau masa perundagian. Pada zaman ini, manusia telah menetap dan mulai mengenal pembagian kerja berdasarkan keahlian tertentu. Oleh karena itu, kehidupan masyarakat pada zaman ini telah mengenal adanya pembagian status berdasarkan jumlah kekayaan yang dimiliki. Manusia pada zaman ini juga telah mengenal peralatan yang terbuat dari logam tertentu yang mudah didapat seperti perunggu dan besi. Zaman logam ini dibagi menjadi tiga, yaitu zaman Tembaga, zaman Perunggu, zaman Besi.

Dengan demikian, periodisasi zaman pra-akasara menurut Arkeologi terbagi menjadi empat zaman, yakni Zaman Batu Tua, Zaman Batu Tengah, Zaman Batu Baru, dan Zaman Logam yang dibagi menjadi tiga yaitu zaman Tembaga, Zaman Perunggu dan Zaman Besi.

Latihan Bab

Manusia Purba dan Corak Kehidupannya

Asal - usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Hasil dan Nilai Budaya Masyarakat

Konsep Kilat

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan 3 pembagian Zaman Batu beserta alat yang dipergunakan pada zaman tersebut.

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia