Roboguru

Jelaskan latar belakang perjanjian Linggarjati dan apa akibatnya!

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang perjanjian Linggarjati dan apa akibatnya!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke negara Indonesia karena disaat itu Jepang menetapkan status quo di Indonesia yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dan Belanda, contohnya peristiwa 10 November, tidak hanya itu pemerintah Inggris bertanggung jawab menyelesaikan konflik politik dan militer di Asia. Oleh karena itu, SirArchibald Clark Kerr, sebagai diplomat Inggris mengundang Indonesia dan juga Belanda dalam merundingkan di Hooge Veluwe, tetapi perundingan tersebut gagal karena disaat itu Indonesia meminta Belanda untuk mengakui kedaulatannya atas Jawa, Sumatera dan Pulau Madura, tetapi Belanda hanya ingin mengakui Indonesia atas Jawa dan Madura saja. Akhir agustus 1946, pemerintah Inggris mengirimkan Lord Killearn ke Indonesia dalam menyelesaikan perundingan antara Indonesia dengan Belanda. Pada 7 Oktober 1946 yang bertempat di Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta dibuka perundingan Indonesia Belanda yang dipimpin oleh Lord Killearn yang dalam perundingan tersebut menghasilkan persetujuan untuk gencatan senjata di tanggal 14 oktober dan mengambil jalan untuk semua masalah tersebut melalui perundingan Linggarjati yang dilaksanakan pada tanggal 11 November 1946.

Dengan demikian, diadakannya perundingan Linggarjati dilatarbelakangi oleh masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia. Hal ini karena Jepang menetapkan 'status quo' di Indonesia menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda seperti peristiwa 10 November di Surabaya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan apa yang dimaksud perjanjian Linggarjati dan Mengapa perjanjian Linggarjati dibuat ?

Pembahasan Soal:

Perundingan Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda untuk membahas soal status kemerdekaan Indonesia. Perjanjian ini dikarenakan kegagalan perundingan Hooge Valuwe, pemerintah Indonesia perlu melakukan diplomasi karena gerilya tidak membawa perubahan yang berarti. Namun pada akhirnya justru pihak Belanda mengkhianati isi perjanjian tersebut dengan melakukan Agresi Militer Belanda. Perundingan Linggarjati dilakukan pada tanggal 11-15 November 1946.

Jadi, jawabannya adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda untuk membahas soal status kemerdekaan Indonesia dikarenakan pemerintah Indonesia perlu melakukan diplomasi dengan Belanda.

0

Roboguru

Berikut ini termasuk peristiwa perlawanan rakyat secara fisik terhadap Belanda yang berusaha menjajah Indonesia kembali, kecuali....

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, seluruh negara jajahan Jepang di Asia Tenggara diambil alih oleh pasukan Sekutu yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Tugas AFNEI adalah menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang, membebaskan tentara Sekutu yang ditahan Jepang, melucuti serta mengumpulkan orang-orang Jepang untuk dipulangkan ke negerinya. Kedatangan tentara Sekutu ternyata juga disertai dengan kedatangan NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang bertujuan ingin kembali menegakkan kekuasaan Belanda di Indonesia. Tentara AFNEI bersama NICA sampai ke Indonesia pertama kali pada tanggal 16 September 1945 di Tanjung Priok. Kemudian, Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan. Secara umum ada dua bentuk strategi perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda, yaitu:

  1. Perjuangan bersenjata, perjuangan ini dilakukan secara fisik dengan kekuatan bersenjata . Contohnya adalah Pertempuran Medan Area, Pertempuran Ambaraawa, Pertempuran Surabaya, Peristiwa Merah Putih di Manado, Pertempuran di Bandung, Pertempuran Margarana, dan Perlawanan Rakyat di Makasar.
  2. Perjuangan melalui diplomasi, perjuangan ini dilakukan dengan perundingan untuk menyelesaikan masalah. Upaya dengan melakukan perundingan dianggap lebih efektif karena tidak memakan banyak korban jiwa. Contohnya adalah Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perjanjian Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pasukan I Gusti Ngurah Rai yang bertugas mengamankan wilayah Bali dari serbuan tentara Belanda dan melucuti polisi NICA di wilayah Tabanan bernama ....

Pembahasan Soal:

Sebagai Kepala Divisi Sunda Kecil, I Gusti Ngurah Rai memiliki banyak pasukan yang dapat diandalkan, salah satunya adalah pasukan yang bernama Ciung Wanara. Pasukan Ciung Wanara mendapatkan tugas dari I Gusti Ngurah Rai untuk melucuti persenjataan polisi NICA di wilayah Tabanan. Tindakan tersebut menyebabkan Belanda marah dan akhirnya mengirimkan pasukan yang lebih besar untuk melawan I Gusti Ngurah Rai yang nantinya menyebabkan pertempuran yang dikenal dengan Puputan Margarana. space

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

1

Roboguru

Tujuan utama kedatangan pasukan Sekutu ke Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah tanpa syarat dalam Perang Pasifik, sekutu mulai berdatangan ke Indonesia. Masyarakat Indonesia yang telah menyatakan kemerdekaan melalui proklamasi menerima kedatangan Sekutu dengan baik. Hal ini disebabkan dalih awal kedatanagn Sekutu adalah membebaskan tawanan perang. Namun, kedatangan Sekutu justru memicu pertempuran diberbagai daerah karena Sekutu berusaha menguasai wilayah Indonesia.Dengan demikian, tujuan utama kedatangan Sekutu adalah menguasai kembali wilayah Indonesia pasca ditaklukkkannya Jepang dalam Perang Pasifik.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Sumber: wikipedia.org Analisis yang menunjukkan keterkaitan antara perundingan di atas dengan masa depan Irian Barat adalah ....

Pembahasan Soal:

Gambar di atas adalah potret berlangsungnya Konferensi Meja Bundar di Den Haag Belanda.  Konferensi ini menghasilkan beberapa kesepakatan seperti belum diakuinya Irian Barat sebagai bagian dari wilayah kedaulatan Indonesia. Masalah Irian Barat disepakati akan dibahas setahun kemudian. Dampak dari kesepakatan ini adalah Irian Barat berstatus quo, yaitu suatu kondisi di mana tidak ada pihak yang berhak mengklaim kepemilikan atas suatu objek karena statusnya belum jelas. Jadi, dengan adanya poin kesepakatan ini Indonesia tidak berhak mengelola Irian Barat dan melakukan aktivitas pemerintahan di sana. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved