Roboguru

Anggota KTN yang dibentuk PBB menangani masalah RI dengan Belanda setelah Agresi Militer Belanda I adalah, kecuali ...

Pertanyaan

Anggota KTN yang dibentuk PBB menangani masalah RI dengan Belanda setelah Agresi Militer Belanda I adalah, kecuali ...undefined 

  1. Australiaundefined 

  2. Amerika Serikatundefined 

  3. Belgiaundefined 

  4. Inggrisundefined 

Pembahasan Soal:

Anggota Komisi Tiga Negara (KTN) adalah Lembaga kerja diplomasi mancanegara pada masa perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaannya. Anggota Komisi Tiga Negara (KTN) yang dibentuk PBB menangani masalah RI dengan Belanda setelah Agresi Militer Belanda I adalah Australia (mewakili Indonesia), Belgia (mewakili Belanda) dan Amerika Serikat (sebagai pihak netral). Tugas pokok dari KTN adalah menjadi penengah konflik Indonesia-Belanda, memasang patok wilayah status quo, serta mengusulkan perjanjian Renville. Jadi yang bukan merupakan anggota KTN adalah Inggris. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan 3 Negara yang duduk dalam Komisi Tiga Negara (KTN)!

Pembahasan Soal:

Komisi Tiga Negara dibentuk oleh PBB sebagai persiapan dalam melaksanakan Perjanjian Renville. Dalam hal ini, tiga negara yang ditunjuk sebagai fasilitator perdamaian Indonesia dan Belanda adalah Australia mewakili Indonesia, Belgia mewakili Belanda, dan Amerika Serikat sebagai pihak penengah.

Dengan demikian, tiga negara yang duduk dalam KTN adalah Australia, Belgia, dan Amerika Serikat.

Roboguru

Dalam Komisi Tiga Negara (KTN), Indonesia memilih Australia sebagai perwakilan Indonesia, lalu Australia menunjuk seorang delegasi yang bernama ....

Pembahasan Soal:

Komisi Tiga Negara (KTN) merupakan komisi jasa baik yang diputuskan dalam Sidang Keamanan PBB untuk mengatasi permasalahan konflik antara Indonesia dengan Belanda. Dalam komisi ini Belanda menunjuk Belgia sebagai negara perwakilan Belanda yang dipimpin oleh Paul van Zeeland sedangkan Indonesia menunjuk Australia yang memilih Richard Cyrill Kirby sebagai pimpinan delegasi. Dalam komisi ini Belgia dan Australia sepakat menunjuk Amerika Serikat sebagai penengah yang dipimpin oleh Dr. Frank Graham.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

Roboguru

Upaya menyelesaikan permasalahan Indonesia – Belanda, PBB membentuk Komisi Tiga Negara yang terdiri dari….

Pembahasan Soal:

Permasalahan antara Indonesia dan Belanda menarik perhatian PBB. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan upaya diplomasi kembali dengan melaksanakan Perjanjian Renville. Meskipun demikian, sebelum Pernajian Renville, PBB membentuk Komisi Tiga Negara yakni Indonesia diwakili oleh Australia, Belanda diwakili oleh Belgia, dan Amerika Serikat sebagai pihak penengah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Berikut ini termasuk peristiwa perlawanan rakyat secara fisik terhadap Belanda yang berusaha menjajah Indonesia kembali, kecuali....

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, seluruh negara jajahan Jepang di Asia Tenggara diambil alih oleh pasukan Sekutu yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Tugas AFNEI adalah menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang, membebaskan tentara Sekutu yang ditahan Jepang, melucuti serta mengumpulkan orang-orang Jepang untuk dipulangkan ke negerinya. Kedatangan tentara Sekutu ternyata juga disertai dengan kedatangan NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang bertujuan ingin kembali menegakkan kekuasaan Belanda di Indonesia. Tentara AFNEI bersama NICA sampai ke Indonesia pertama kali pada tanggal 16 September 1945 di Tanjung Priok. Kemudian, Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan. Secara umum ada dua bentuk strategi perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda, yaitu:

  1. Perjuangan bersenjata, perjuangan ini dilakukan secara fisik dengan kekuatan bersenjata . Contohnya adalah Pertempuran Medan Area, Pertempuran Ambaraawa, Pertempuran Surabaya, Peristiwa Merah Putih di Manado, Pertempuran di Bandung, Pertempuran Margarana, dan Perlawanan Rakyat di Makasar.
  2. Perjuangan melalui diplomasi, perjuangan ini dilakukan dengan perundingan untuk menyelesaikan masalah. Upaya dengan melakukan perundingan dianggap lebih efektif karena tidak memakan banyak korban jiwa. Contohnya adalah Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perjanjian Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Mengapa hasil perjanjian Renville dianggap merugikan Republik Indonesia?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 21 Juli 1947 tentara Belanda melancarkan Agresi militer besar-besaran. Beberapa daerah dan kota diserbu dan diduduki. Hanya intervensi PBB yang menghentikan, kembali kemeja perindungan. Kedua belah pihak yang bersengketa kembali berunding. Perdana Menteri Amir Sjarifudin yang menggantikan Sjahrir, memimpin delegasi Republik berunding di kapal Renville milik Tentara Amerika yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Periuk Pada tanggal 17 Januari 1948. Hasil perundingan Renville dianggap sangat merugikan Republik Indonesia. Adapun hasilnya yaitu Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai wilayah RI; disetujui garis demarkasi antara wilayah RI dan daerah pendudukan Belanda; serta TNI harus ditarik mundur dari daerah kantongnya di wilayah pendudukan Belanda di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Dengan demikian, hasil perjanjian Renville dianggap merugikan karena semakin mempersempit wilayah Republik Indonesia dan tentara RI harus berada di luar garis Van Mook .

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved