Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan kecenderungan sifat-sifat periodik unsur berdasarkan dari sifat kepribadian unsur!

Jelaskan kecenderungan sifat-sifat periodik unsur berdasarkan dari sifat kepribadian unsur!space 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

beberapa sifat keperiodikan unsur adalah jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.

beberapa sifat keperiodikan unsur adalah jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.

Iklan

Pembahasan

Unsur-unsur dalam tabel periodik memiliki kecenderungan sifat tertentu. Sifat-sifat keperiodikan unsur diantaranya: Jari-jari atom, dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom cenderung meningkat karena kulit atom semakin meningkat. Sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan jari-jari atom cenderung menurun karena muatan inti efektif semakin meningkat. Energi ionisasi, dalam satu golongan, dari atas ke bawah ukuran atom meningkat, itu artinya jarak dari inti ke elektron terluar semakin jauh, tarikan inti terhadap elektron terluar menjadi semakin berkurang. Sehingga membuat elektron mudah lepas dengan energi ionisasi yang lebih sedikit. Sedangkan dalam satu periode, dari kiri ke kanan ukuran atom menurun. Akibatnya, tarikan inti terhadap elektron terluar menjadi meningkat. Hal ini membuat elektron sulit untuk dilepaskan. Maka diperlukan energi ionisasi yang lebih besar. Afinitas elektron, afintias elektron cenderung menurun secara teratur dalam satu golongan dikarenakan jarak inti dengan elektron yang ditambahkan semakin jauh. Sedangkan afinitas elektron cenderung meningkat dalam satu periode secara teratur dikarenakan ukuran atom menurun, sehingga membuat elektron mudah ditambahkan. Keelektronegatifan, dalam satu golongan, harga keelektronegatifan dari bawah ke atas semakin besar. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan harga keelektronegatifan semakin besar. Jadi, beberapa sifat keperiodikan unsur adalah jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.

Unsur-unsur dalam tabel periodik memiliki kecenderungan sifat tertentu. Sifat-sifat keperiodikan unsur diantaranya:space 

  • Jari-jari atom, dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom cenderung meningkat karena kulit atom semakin meningkat. Sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan jari-jari atom cenderung menurun karena muatan inti efektif semakin meningkat.
  • Energi ionisasi, dalam satu golongan, dari atas ke bawah ukuran atom meningkat, itu artinya jarak dari inti ke elektron terluar semakin jauh, tarikan inti terhadap elektron terluar menjadi semakin berkurang. Sehingga membuat elektron mudah lepas dengan energi ionisasi yang lebih sedikit. Sedangkan dalam satu periode, dari kiri ke kanan ukuran atom menurun. Akibatnya, tarikan inti terhadap elektron terluar menjadi meningkat. Hal ini membuat elektron sulit untuk dilepaskan. Maka diperlukan energi ionisasi yang lebih besar.
  • Afinitas elektron, afintias elektron cenderung menurun secara teratur dalam satu golongan dikarenakan jarak inti dengan elektron yang ditambahkan semakin jauh. Sedangkan afinitas elektron cenderung meningkat dalam satu periode secara teratur dikarenakan ukuran atom menurun, sehingga membuat elektron mudah ditambahkan. 
  • Keelektronegatifan, dalam satu golongan, harga keelektronegatifan dari bawah ke atas semakin besar. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan harga keelektronegatifan semakin besar.

Jadi, beberapa sifat keperiodikan unsur adalah jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

193

Ilham

Pembahasan tidak lengkap

Nadinra Munthe

Pembahasan terpotong

Alfa Alfa

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur P dan Q mempunyai konfigurasi elektron sebagai berikut. P : 1 s 2 2 s 2 2 p 6 3 s 1 Q : 1 s 2 2 s 2 2 p 6 3 s 2 3 p 5 Pernyataan berikut yang tidak benar tentang kedua unsur tersebut ad...

153

3.9

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia