Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lengkapi kecenderungan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel berikut. Jelaskan pula bagaimana kecenderungan tersebut dapat terjadi.

Lengkapi kecenderungan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel berikut. Jelaskan pula bagaimana kecenderungan tersebut dapat terjadi. 


 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sifat keperiodikan unsur: Jari-jari atom Dalam satu golongan, konfigurasi unsur-unsur satu golongan mempunyai jumlah elektron valensi sama dan kulit bertambahAkibatnya, jarak elektron valensi dengan inti atom semakin jauh sehingga jari-jari atom dalam satu golongan makin ke bawah makin besar .Semakin ke kanan letak unsur, jumlah proton dan elektron semakin banyak, sehingga tarik-menarik inti dengan elektron makin kuat. Akibatnya, elektron-elektron terluar (elektron valensi) lebih dekat ke arah inti. Jadi, untuk unsur-unsur yang seperiode, jari-jari atom makin ke kanan makin kecil. Energi Pengionan (Energi ionisasi) Dari atas ke bawah dalam satu golongan jari-jari atom bertambah sehingga daya tarik inti terhadap elektron terluar semakin kecil. Elektron semakin mudah dilepas sehingga dalam 1 golongan dari atas ke bawah, energi yang diperlukan untuk melepaskannya makin kecil. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, jari-jari atom semakin pendek sehingga daya tarik inti terhadap elektron semakin besar akibatnya elektron semakin sukar dilepas. Jadi dalam 1 periode dari kiri ke kanan, energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron tentunya semakin besar. Afinitas elektron Afinitas elektron dapat berharga positif atau negatif. Afinitas elektron bernilai negatif apabila terjadi pelepasan energi pada saat menangkap elektron. Sebaliknya, afinitas elektron berharga positif apabila terjadi penyerapan energi pada saat menangkap elektron. Dalam satu golongan, dari atas ke bawah afinitas elektron semakin kecil dan dalam satu periode, dari kiri ke kanan afinitas elektron semakin besar. Keelektronegatifan Semakin besar keelektronegatifan, unsur cenderung makin mudah membentuk ion negatif. Semakin kecil keelektronegatifan, unsur cenderung makin sulit membentuk ion negatif, dan cenderung semakin mudah membentuk ion positif. Dalam satu golongan, dari atas ke bawah keelektronegatifan semakin kecil dan dalam satu periode, dari kiri ke kanan keelektronegatifan semakin besar Dengan demikian, kelengkapansifat-sifat periodik unsur dalam tabel adalah sebagai berikut:

Sifat keperiodikan unsur:

  • Jari-jari atom
    Dalam satu golongan, konfigurasi unsur-unsur satu golongan mempunyai jumlah elektron valensi sama dan kulit bertambah Akibatnya, jarak elektron valensi  dengan inti atom semakin jauh sehingga jari-jari atom dalam satu golongan makin ke bawah makin besar. Semakin ke kanan letak unsur, jumlah proton dan elektron semakin banyak, sehingga tarik-menarik inti dengan elektron makin kuat. Akibatnya, elektron-elektron terluar (elektron valensi) lebih dekat ke arah inti. Jadi, untuk unsur-unsur yang seperiode, jari-jari atom makin ke kanan makin kecil.
  • Energi Pengionan (Energi ionisasi)
    Dari atas ke bawah dalam satu golongan jari-jari atom bertambah sehingga daya tarik inti terhadap elektron terluar semakin kecil. Elektron semakin mudah dilepas sehingga dalam 1 golongan dari atas ke bawah, energi yang diperlukan untuk melepaskannya makin kecil. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, jari-jari atom semakin pendek sehingga daya tarik inti terhadap elektron semakin besar akibatnya elektron semakin sukar dilepas. Jadi dalam 1 periode dari kiri ke kanan, energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron tentunya semakin besar.
  • Afinitas elektron
    Afinitas elektron dapat berharga positif atau negatif. Afinitas elektron bernilai negatif apabila terjadi pelepasan energi pada saat menangkap elektron. Sebaliknya, afinitas elektron berharga positif apabila terjadi penyerapan energi pada saat menangkap elektron.Dalam satu golongan, dari atas ke bawah afinitas elektron semakin kecil dan dalam satu periode, dari kiri ke kanan afinitas elektron semakin besar.
  • Keelektronegatifan
    Semakin besar keelektronegatifan, unsur cenderung makin mudah membentuk ion negatif. Semakin kecil keelektronegatifan, unsur cenderung makin sulit membentuk ion negatif, dan cenderung semakin mudah membentuk ion positif. Dalam satu golongan, dari atas ke bawah keelektronegatifan semakin kecil dan dalam satu periode, dari kiri ke kanan keelektronegatifan semakin besar

Dengan demikian, kelengkapan  sifat-sifat periodik unsur dalam tabel adalah sebagai berikut:


 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

mahmud ahmad dinejad

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan jari-jari atom, afinitas elektron, keelektronegatifan, dan energi ionisasi. Tentukan kecenderungan sifat-sifat tersebut pada unsur-unsur yang segolongan dan seperiode!

3

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia