Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan apa itu BPUPKI & PPKI beserta hasil sidang!

Jelaskan apa itu BPUPKI & PPKI beserta hasil sidang! space space

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

BPUPKI dan PPKI merupakan badan bentukan Jepang yang bertugas mempersiapkan segala hal untuk kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI dan PPKI merupakan badan bentukan Jepang yang bertugas mempersiapkan segala hal untuk kemerdekaan Indonesia.

Iklan

Pembahasan

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI merupakan badan yang dibentuk oleh Jepang dalam rangka merealisasikan janji kemerdekaan terhadap Indonesia. BPUPKI dibentuk pada 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. Dalam perkembangannya, BPUPKI melaksanakan 2 kali masa sidang. Masa sidang pertama berlangsung pada 29 Mei-1 Juni 1945 dengan agenda bahasan seputar dasar negara, sedangkan masa sidang kedua berlangsung pada 10 Juli-17 Juli 1945 dengan agenda bahasanrancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, dan kewarganegaraan Indonesia. BPUPKI selanjutnya dibubarkan pada tanggal 6 Agustus 1945. Sementara itu, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dengan tugas melanjutkan kerja dari BPUPKI. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakil ketua Moh. Hatta. Dalam perkembangannya, PPKI melaksanakan tiga kali sidang. Sidang pertama PPKI dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan hasil menetapkan dan mengesahkan UUD 1945, serta mengangkat Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden. Sidang kedua PPKI dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan hasil menetapkan 12 kementrian dan membagi wilayah administrasi Indonesia menjadi 8 provinsi. Sidang ketiga PPKI berlangsung pada tanggal 22 Agustus 1945 dengan hasil membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat dan Badan Keamanan Rakyat. Dengan demikian, BPUPKI dan PPKI merupakan badan bentukan Jepang yang bertugas mempersiapkan segala hal untuk kemerdekaan Indonesia.

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI merupakan badan yang dibentuk oleh Jepang dalam rangka merealisasikan janji kemerdekaan terhadap Indonesia. BPUPKI dibentuk pada 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. Dalam perkembangannya, BPUPKI melaksanakan 2 kali masa sidang. Masa sidang pertama berlangsung pada 29 Mei-1 Juni 1945 dengan agenda bahasan seputar dasar negara, sedangkan masa sidang kedua berlangsung pada 10 Juli-17 Juli 1945 dengan agenda bahasan rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, dan kewarganegaraan Indonesia. BPUPKI selanjutnya dibubarkan pada tanggal 6 Agustus 1945.
Sementara itu, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dengan tugas melanjutkan kerja dari BPUPKI. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakil ketua Moh. Hatta. Dalam perkembangannya, PPKI melaksanakan tiga kali sidang. Sidang pertama PPKI dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan hasil menetapkan dan mengesahkan UUD 1945, serta mengangkat Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden. Sidang kedua PPKI dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan hasil menetapkan 12 kementrian dan membagi wilayah administrasi Indonesia menjadi 8 provinsi. Sidang ketiga PPKI berlangsung pada tanggal 22 Agustus 1945 dengan hasil membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat dan Badan Keamanan Rakyat.

Dengan demikian, BPUPKI dan PPKI merupakan badan bentukan Jepang yang bertugas mempersiapkan segala hal untuk kemerdekaan Indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Syifa Fajri Ayura

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut ini! PPKI BPUPKI Piagam Jakarta Pancasila Cuo Sangi In Dari pernyataan diatas, urutan secara benar peristiwa diatas adalah...

22

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia