Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa arti pentingnya dibentuk BPUPKI dan PPKI bagi bangsa Indonesia?

Apa arti pentingnya dibentuk BPUPKI dan PPKI bagi bangsa Indonesia?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

arti pentingdibentuknya BPUPKI dan PPKI bagi bangsa Indonesia adalahkedua badan sama-sama bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk persiapan kemerdekaan indonesia.

arti penting dibentuknya BPUPKI dan PPKI bagi bangsa Indonesia adalah kedua badan sama-sama bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk persiapan kemerdekaan indonesia.

Iklan

Pembahasan

Dalam proses kemerdekaan Indonesia, terdapat dua badan yang berperan penting dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, yaitu BPUPKI dan PPKI. Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada 1 Maret 1945. Badan itu dibentuk untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI adalah panitia yang bertugas untuk mempersiapkan terlaksananya kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, BPUPKI masih dalam taraf menyelidiki sedangkan PPKI sudah tahap mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.Melalui BPUPKI, Indonesia dapat menyusun dasar negara Indonesia sebagai bekalIndonesia merdeka. Sedangkan melalui PPKI, Indonesia dapat mengesahkan dasar negara tersebut, yaitu Pancasila. Dengan demikian, arti pentingdibentuknya BPUPKI dan PPKI bagi bangsa Indonesia adalahkedua badan sama-sama bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk persiapan kemerdekaan indonesia.

Dalam proses kemerdekaan Indonesia, terdapat dua badan yang berperan penting dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, yaitu BPUPKI dan PPKI. Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada 1 Maret 1945. Badan itu dibentuk untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI adalah panitia yang bertugas untuk mempersiapkan terlaksananya kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, BPUPKI masih dalam taraf menyelidiki sedangkan PPKI sudah tahap mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Melalui BPUPKI, Indonesia dapat menyusun dasar negara Indonesia sebagai bekal Indonesia merdeka. Sedangkan melalui PPKI, Indonesia dapat mengesahkan dasar negara tersebut, yaitu Pancasila.

Dengan demikian, arti penting dibentuknya BPUPKI dan PPKI bagi bangsa Indonesia adalah kedua badan sama-sama bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk persiapan kemerdekaan indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Bang Cipeng

Makasih ❤️

Zakiya Lestari Rahmawati

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Indonesia maka salah upaya perjuangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia melalui lembaga-lembaga resmi dengan jalan ...

536

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia