Roboguru

Hal yang tidak diungkapkan pengarang pada penggalan novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Hal yang tidak diungkapkan pengarang pada penggalan novel tersebut adalah .... 

  1. Tangung jawab orang tua pada masa depan anaknya. 

  2. Keterbatasan biaya untuk menyekolahkan anak. 

  3. Keinginan seorang anak kampung untuk sekolah. 

  4. Pemberantasan buta huruf. 

  5. Mengutamakan anak lelaki daripada anak perempuan. 

Pembahasan Soal:

Novel adalah karya sastra berbentuk prosa yang mengisahkan persoalan hidup para tokoh utamanya. Persoalan yang dihadapi lebih rumit dan kompleks, dibandingkan dengan persoalan pada cerpen. Tokoh pada novel lebih banyak dibandingkan dengan tokoh pada cerpen. Cerita dapat berlangsung di beberapa tempat, durasinya lebih panjang bahkan beberapa episode karena menggunakan alur ganda/degresi (alur bercabang). Menafsir pandangan pengarang berarti menjelaskan maksud pengarang dalam novel yang ditulisnya.

Dalam penggalan novel tersebut terdapat beberapa maksud yang bisa ditangkap oleh pembaca. Pada bagian awal menyiratkan seorang anak yang ingin bersekolah. Hal itu dibuktikan pada kutipan "Barangkali, sebaiknya aku pulang saja, melupakan keinginan sekolah, dan mengikuti jejak beberapa abang dan sepupu-sepupuku menjadi kuli ...."

Pada kutipan "Para orang tua ini sama sekali tak yakin bahwa pendidikan anaknya yang hanya mampu mereka biayai paling tinggi sampai SMP akan dapat mempercerah masa depan keluarga." mencerminkan keadaan ekonomi yang tidak mumpuni untuk bisa menyekolahkan anak.

Dalam kutipan "Setiap wajah orang tua di depanku mengesankan bahwa mereka tidak sedang duduk di bangku panjang itu karena pikiran mereka seperti pikiran ayahku, melayang-layang ke pasar pagi atau ke keramba di tepian laut membayangkan anak lelakinya lebih baik menjadi pesuruh di sana." pengarang memberikan gambaran secara tersirat bahwa masa depan anak itu bergantung pada orang tuanya.

Pada paragraf terakhir, pengarang bermaksud memberikan gambaran tentang tuntutan zaman yang harus bisa membebaskan anak dari buta huruf. Hal itu dibuktikan pada kutipan "... mereka terpaksa berada di sekolah ini untuk menghindarkan diri dari celaan aparat desa karena tak menyekolahkan anak atau sebagai orang yang terjebak tuntutan zaman baru, tuntutan memerdekakan anak dari buta huruf."

Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa hal yang tidak diungkapkan pengarang pada penggalan novel tersebut adalah mengutamakan anak lelaki daripada anak perempuan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Permasalahan yang dibahas dalam kutipan buku tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah analisis kutipan isi atau permasalahan yang dibahas dalam kutipan buku di atas, yaitu:

  • Kalimat pertama yang berbunyi "Diksi atau pilihan kata dalam puisi berkaitan erat dengan bahasa kias, yakni sarana untuk memperoleh efek puitis."  membahas mengenai bahasa kias.
  • Kalimat ketiga yang berbunyi "... bahasa kias dalam puisi berfungsi sebagai sarana pengedepanan sesuatu yang berdimensi jamak dalam bentuk sesingkat-singkatnya."  membahas mengenai bahasa kias.
  • Kalimat terakhir yang berbunyi "Di samping itu, sebagai akibat bentuknya yang singkat, bahasa kias berfungsi membangkitkan tanggapan pembaca." membahas mengenai bahasa kias.

Berdasarkan analisis isi kutipan buku di atas, permasalahan yang dibahas dalam kutipan buku tersebut adalah mengenai bahasa kias. Adapun fungsi bahasa kias pada puisi itu sendiri, antara lain memperoleh efek puitis, sarana pengedepanan sesuatu, dan membangkitkan tanggapan pembaca.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Roboguru

Judul novel yang dikritik pada teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, judul merupakan kepala karangan (cerita, drama, dan sebagainya).

Berdasarkan isinya, novel tersebut merupakan cerita dari novel Negeri 5 MenaraNegeri 5 Menara adalah roman karya Ahmad Fuadi yang diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2009. Novel ini bercerita tentang kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur yang jauh dari rumah dan berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia. Jadi, judul novel yang dikritik pada teks tersebut adalah Negeri 5 Menara.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Pada kutipan ulasan tersebut, pernyataan yang berisi kecaman terdapat pada kalimat ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kecaman merupakan teguran yang keras, kritikan, atau celaan. Pada kutipan ulasan tersebut, pernyataan yang berisi kecaman terdapat pada kalimat nomor 5 karena kalimat tersebut berisi pernyataan kritikan yang ditujukan kepada pengarang.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. 

Roboguru

Pandangan pengarang dalam petikan novel 1 berkaitan dengan ....

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang berarti menjelaskan maksud pengarang dalam novel yang ditulisnya. Menafsirkan merupakan bagian dari kritik sastra yang bertujuan untuk memperjelas makna atau mengungkapkan keunggulan novel yang tersembunyi agar karya tersebut dapat dinikmati atau diapresiasi secara utuh. Langkah-langkah menafsir pandangan pengarang:

  1. membaca novel dengan seksama
  2. menentukan nilai-nilai kehidupan
  3. menafsirkan pandangan pengarang terhadap nilai-nilai itu

Nilai kehidupan yang dapat diambil dari kutipan novel 1 adalah nilai sosial dan nilai moral. Pengarang menggambarkan Tono sebagai dokter yang sibuk dengan pasiennya dan Tini sebagai wanita cantik dan pintar yang aktif dalam organisasinya tapi kehidupan rumah tangganya tidak harmonis. Nilai moral digambarkan lewat tokoh Tini dan Tono yang bersikap egois saat mereka dihadapkan dengan permasalahan rumah tangganya padahal keduanya merupakan orang-orang intelek yang seharusnya bisa bersikap bijak. Jadi, pandangan pengarang dalam petikan novel 1 berkaitan dengan golongan intelektual yang tidak dapat mengatasi kehidupan rumah tangganya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Hal yang disorot pengarang pada kutipan cerita tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang berarti menjelaskan maksud pengarang dalam novel yang ditulisnya. Menafsirkan merupakan bagian dari kritik sastra yang bertujuan untuk memperjelas makna atau mengungkapkan keunggulan novel yang tersembunyi agar karya tersebut dapat dinikmati atau diapresiasi secara utuh.

Hal yang disorot pengarang pada kutipan cerita tersebut adalah peran istri dalam mengurus rumah tangga. Tokoh Yah memberikan gambaran tentang seorang perempuan yang mengerti perannya sebagai istri dan mampu mengurus rumah tangganya dengan baik. Hal itu dibuktikan pada kutipan "Tono menjadi tenteram di rumah Yah karena Yah menyambutnya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Yah mengerti kesukaan suami: menanggalkan baju dokternya, melepas sepatunya, dan mengganti dengan sandal rumah."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved