Roboguru

Hal yang dipertentangkan dalam petikan cerita tersebut adalah ....

Pertanyaan

Hal yang dipertentangkan dalam petikan cerita tersebut adalah .... 

  1. perbedaan pendapat antara orang tua dan remaja 

  2. konflik keluarga 

  3. kesenangan hidup 

  4. hakikat kehidupan 

  5. hakikat bahagia 

Pembahasan Soal:

Rangakaian peristiwa dalam cerita memiliki konflik yang menjadikan cerita menarik. Konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dan sebagainya). Pada cerita tersebut terjadi perselisihan pendapat antara orang tua dengan remaja. Orang tua berpendapat bahwa bahagia maknanya adalah kesenangan dalam hidup, sedangkan remaja memiliki pandangan lain tentang makna bahagia. Jadi, hal yang dipertentangkan dalam petikan cerita tersebut adalah hakikat bahagia. Itu dibuktikan pada kutipan "Yang bertentangan itu hanyalah pendapat tentang bahagia, tentang arti hidup kita sebagai manusia."

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sudut pandangan pengarang dalam kutipan cerita tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang berarti menjelaskan maksud pengarang dalam novel yang ditulisnya. Menafsirkan merupakan bagian dari kritik sastra yang bertujuan untuk memperjelas makna atau mengungkapkan keunggulan novel yang tersembunyi agar karya tersebut dapat dinikmati atau diapresiasi secara utuh.

Sudut pandangan pengarang dalam kutipan cerita tersebut adalah keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat. Pengarang menjelaskan bahwa manusia memang diharuskan untuk beribadah tapi kehidupan di dunia juga harus dijalani dengan tetap berusaha dan bekerja keras karena pada akhirnya apa yang dilakukan di dunia akan menjadi perhitungan di akhirat. Hal itu dipaparkan dalam kutipan "Sedang aku menyuruh engkau semuanya beramal di samping beribadah. Bagaimana engkau bisa beramal kalau engkau miskin."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan buku tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks di atas merupakan kutipan buku nonfiksi. Buku non fiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif.

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan buku tersebut adalah para profesional medis harus mampu berkomunikasi dengan pasien untuk mendapatkan data yang mencukupi dan akurat tentang kondisi pasien. Hal tersebut ditunjukan pada kalimat "Seorang dokter, perawat, dan bidan harus mampu berkomunikasi dengan pasien untuk mendapatkan data yang mencukupi dan akurat tentang kondisi pasien, menafsirkan pesan, dan menggali informasi lanjut."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ide pokok merupakan sebuah gagasan yang menjadi dasar dalam sebuah paragraf. Ide pokok terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak di awal, di akhir, di awal dan di akhir. 

Cara menentukan ide pokok dalam susunan paragraf

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat
  2. Kenali ciri kalimat utama dan kalimat penjelas
  3. Tandai info penting.

Komunikasi penting bagi tenaga medis dan pasien dalam usaha menjaga kesehatan. Seorang tenaga medis profesional harus mampu berkomunikasi dengan pasien agar mendapatkan data yang mencukupi dan akurat tentang kondisi pasien, menafsirkan pesan, dan menggali informasi lanjut. Sementara itu juga, seorang pasien juga harus mampu berkomunikasi tenaga medis tentang kondisi yang dirasakannya agar dapat mengidentifikasi penyakit yang dirasakannya. 

Jadi, kalimat utama pargaraf di atas terdapat pada kalimat pertama, yaitu "Komunikasi merupakan inti dari usaha untuk menjaga kesehatan". Jadi, ide pokok paragraf tersebut adalah komunikasi salah satu usaha menjaga kesehatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi kutipan buku tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, dialog adalah percakapan (dalam sandiwara, cerita, dan sebagainya); karya tulis yang disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih. Dialog tersaji sesuai dengan urutan peristiwa yang dimulai dengan orientasi, komplikasi, sampai dengan resolusi.

Untuk mengisi kalimat rumpang dalam dialog tersebut haruslah koheren dengan kalimat sebelumnya dan kalimat sesudahnya. Kalimat yang tepat untuk mengisi dialog rumang tersebut adalah Tidak, dari menyelesaikan pekerjaan di rumah orang. Jadi, dialog yang utuh adalah sebagai berikut.

Yanti: Kau dari mana? Pulang sekolah?
Herman: Tidak, dari menyelesaikan pekerjaan di rumah orang
Yanti: Di rumah orang? (keheranan) maksudmu?
Herman: Begini, Yanti. Aku sudah lama mencoba membantu ayahku mencari rezeki. Ya, sambil belajar untuk hidup mandiri kelak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space space 

0

Roboguru

Berdasarkan kutipan cerita tersebut, sebenarnya pengarang ingin menjelaskan bahwa bahagia adalah ....

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang berarti menjelaskan maksud pengarang dalam novel yang ditulisnya. Menafsirkan merupakan bagian dari kritik sastra yang bertujuan untuk memperjelas makna atau mengungkapkan keunggulan novel yang tersembunyi agar karya tersebut dapat dinikmati atau diapresiasi secara utuh. Langkah-langkah menafsir pandangan pengarang, yaitu sebagai berikut.

  1. membaca novel dengan seksama
  2. menentukan nilai-nilai kehidupan
  3. menafsirkan pandangan pengarang terhadap nilai-nilai itu

Kutipan cerita tersebut memaparkan perbedaan pendapat tentang arti bahagia. Lewat tokoh Saleh, pengarang ingin menjelaskan bahwa bahagia adalah apabila dapat menyalurkan keinginan dan bernilai positif. Hal itu dibuktikan pada kutipan "Baginya yang dinamakan bahagia itu dapat menurutkan desakkan hatinya, dapat mengembangkan tenaga dan kecakapannyan sepenuh-penuhnya, dan menyerahkannya kepada yang terasa terhadapnya dan yang termulia dalam hidup ini.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved