Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarlah setiap grafik fungai rasionalberikut dalam satu bidang Cartesius yang sama. y = x − 1 ​ , y = x − 2 ​ , y = x − 5 ​ Berdasarkan grafik fungsi yang telah Anda gambar, buatlah kesimpulan grafik fungsi rasionalberbentuk y = x + b a ​ + c dengan x  = − b mengenai: (i) perubahan titik potong dengan sumbu X dan sumbu Y , (ii) perubahan persamaan asimtotnya.

Gambarlah setiap grafik fungai rasional berikut dalam satu bidang Cartesius yang sama.

  

Berdasarkan grafik fungsi yang telah Anda gambar, buatlah kesimpulan grafik fungsi rasional berbentuk  dengan  mengenai:

(i)  perubahan titik potong dengan sumbu  dan sumbu ,

(ii) perubahan persamaan asimtotnya.

Iklan

R. Diah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

(i) perubahan titik potong dengan sumbu dan sumbu , Berdasarkan grafik di atas diperoleh bahwa tidak ada perpotongan pada sumbu dan sumbu hanya mendekati saja. (ii) perubahan persamaan asimtotnya. Asimtot adalah suatu garis lurus yang didekati oleh kurva. Berdasarkan grafik di atas diperoleh kurva tersebut semakin lama semakin mendekati nol untuk nilai yang tak terhingga. Asimtot yang terjadi pada grafik tersebut yaitu asismtot datar (sejajar dengan sumbu ), dan asismotot tegak (sejajar dengan sumbu ). Jika nilai bernilai negatif, maka kurva akan berada di bagian kanan bawah dan di bagiankiri atas, sebaliknya jika nilai bernilai positif, maka kurva akan berada di bagian kanan atas dan di bagian kiri bawah.

(i)  perubahan titik potong dengan sumbu undefined dan sumbu undefined,

Berdasarkan grafik di atas diperoleh bahwa tidak ada perpotongan pada sumbu undefined dan sumbu undefined hanya mendekati saja. 

(ii) perubahan persamaan asimtotnya.

Asimtot adalah suatu garis lurus yang didekati oleh kurva. Berdasarkan grafik di atas diperoleh kurva tersebut semakin lama semakin mendekati nol untuk nilai yang tak terhingga. Asimtot yang terjadi pada grafik tersebut yaitu asismtot datar (sejajar dengan sumbu undefined), dan asismotot tegak (sejajar dengan sumbu undefined). Jika nilai undefined bernilai negatif, maka kurva akan berada di bagian kanan bawah dan di bagian kiri atas, sebaliknya jika nilai undefined bernilai positif, maka kurva akan berada di bagian kanan atas dan di bagian kiri bawah.undefined 

 

70

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambarkan sketsa grafik fungsi x 3 x + 2 ​ , dan tentukan daerah hasilnya !

42

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia