Gagasan utama paragraf ketiga teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah teks eksplanasi berikut ini!


Meninjau Problematika Kemiskinan di Sekitar Kehidupan Manusia 

    Kemiskinan adalah segmentasi tingkat pendapatan rendah dari warga masyarakat dalam sebuah entitas negara. Dalam tinjauan ekonomi, kemiskinan dapat diartikan sebagai sebuah ketidakberdayaan dalam memenuhi kebutuhan hajat hidup secara layak. Masalah sosial ini merupakan akar dari semua masalah sosial yang ada di masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan maraknya tindak kriminalitas yang dipicu oleh masalah ekonomi. Jika perut terasa lapar, otak akan sulit untuk berpikir jernih dan logis. Desakan kebutuhan perut yang kian menjadi membuat orang memilih untuk melakukan tindakan kriminal demi memenuhi hajat hidupnya. Oleh karena itu, kemiskinan adalah suatu problematika yang tidak bisa dianggap remeh apalagi tidak penting.
    Kemiskinan adalah fenomena sosial yang penyebabnya sangatlah kompleks dan beragam. Faktor utama penyebab kemiskinan adalah kebodohan. Minimnya pengetahuan dan kesadaran akan pendidikan membuat manusia tidak mampu bersaing dan tidak cukup memiliki bekal untuk bertahan hidup. Terlebih lagi jika tidak ada keterampilan khusus yang dapat menjadi tumpuan demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Faktor lainnya adalah karena masalah politik, ketiadaan sumber daya, perang, dan lain sebagainya. 
    Pemerintah telah mengupayakan banyak hal untuk dapat meminimalisasi angka kemiskinan di negeri ini. Misalnya saja dengan menggiatkan program kewirausahaan, membuka lapangan pekerjaan, memberikan penyuluhan keterampilan, beasiswa pendidikan gratis, dan lain sebagainya. Upaya-upaya tersebut merupakan langkah nyata yang dapat dilakukan dalam rangka pengentasan kemiskinan. Meskipun demikian, terdapat ungkapan pesimistis yang menyatakan bahwa program pengentasan kemiskinan adalah program yang paling muskil untuk dilakukan. Hal ini disebabkan kemiskinan dan orang-orang miskin akan selalu ada di mana pun dan pada zaman apa pun. Namun, setidaknya upaya meminimalisasi dan menekan angka kemiskinan harus tetap dilakukan demi kesejahteraan rakyat di sebuah negara.
    Hal tersebut tentu harus didukung pula oleh perilaku dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pengentasan kemiskinan. Misalnya saja dengan tidak bermalas-malasan dalam bekerja, meningkatkan kualitas hasil kerja dalam profesi yang digeluti, tidak mudah menyerah, selalu ingin belajar, dan lain sebagainya. Dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari, masyarakat juga tidak perlu menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Pengeluaran sebaiknya hanya dilakukan untuk hal-hal yang sifatnya primer dan mendesak. Dengan kata lain, bijak dalam mengelola keuangan adalah kunci kehidupan yang sejahtera.
    Para orang tua dan praktisi pendidikan hendaknya tidak berhenti untuk terus menanamkan pentingnya pendidikan kepada generasi muda. Hal ini disebabkan pendidikan adalah salah satu upaya yang cukup esensial dalam pengentasan kemiskinan. Orang yang berpendidikan lebih berpeluang untuk hidup layak dan sejahtera dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan. Selain itu, diperlukan juga adanya pembekalan keterampilan khusus agar manusia bisa lebih produktif dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Sumber: http://ruangseni.com/2-contoh-teks-eksplanasi-tentang-fenomena-sosial/, dengan pengubahan 

Gagasan utama paragraf ketiga teks tersebut adalah ....space 

  1. ungkapan pesimistis tentang program pengentasan kemiskinanspace  

  2. kemiskinan dan orang-orang miskin akan selalu ada di mana punspace  

  3. pengaruh upaya menekan angka kemiskinan terhadap kesejahteraan rakyatspace 

  4. upaya pemerintah untuk dapat meminimalisasi angka kemiskinan space 

  5. program pengentasan kemiskinan adalah program yang paling muskilspace  

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space  

Pembahasan

Gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. 

Gagasan utama dapat ditemukan dalam kalimat utama. Gagasan utama yang terletak pada awal paragraf disebut deduktif, gagasan utama yang terletak pada akhir paragraf disebut induktif, dan gagasan utama yang terletak di awal dan di akhir paragraf disebut campuran (deduktif-induktif).

Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir(campuran), atau diseluruh paragraf. Pada umumnya gagasan utama disampaikan dalam kalimat utama atau kalimat topik. Jadi, untuk menentukan gagasan utama tentukanlah terlebih dahulu kalimat utama atau kalimat topiknya.

Cara menemukan gagasan utama dalam paragraf:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat. 
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir. 
  3. Baca tiap kalimatnya
  4. Tandai ide pokok
  5. Tandai info penting

Berdasarkan pengertian, ciri dan cara menemukan gagasan utama di atas, maka gagasan utama paragraf ketiga teks tersebut adalah upaya pemerintah untuk dapat meminimalisasi angka kemiskinan. Hal ini dibuktikan dengan kalimat utama yang terdapat pada paragraf ketiga, yaitu Pemerintah telah mengupayakan banyak hal untuk dapat meminimalisasi angka kemiskinan di negeri ini.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space  

821

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia