Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dua senyawa organik memiliki rumus struktur sebagai berikut. Nama senyawa tersebut yang paling tepat berturut-turut adalah...

Dua senyawa organik memiliki rumus struktur sebagai berikut.

Nama senyawa tersebut yang paling tepat berturut-turut adalah...

  1. o-metilnitrobenzena dan trinitrometana

  2. p-metilnitrobenzena dan 2,4,6-trinitrotoluena

  3. o-nitrotoluena dan 2,4,6-trinitrotoluena

  4. p-metilnitrobenzena dan metiltrinitrotoluena

  5. m-nitrotoluena dan trinitrometana

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Benzena merupakan hidrokarbon segienam datar dengan semua ikatan C − C dan C − H sama panjang. Sudut ikatan yang dibentuk oleh ikatan C − C − C dan C − C − H memiliki sudut 12 0 ∘ . Efek resonansi pada cincin merupakan delokalisasi elektronyangmemberikan stabilitas pada struktur. Penomoran dimulai dari atom C yang mengikat gugus fungsi prioritas tertinggi. Urutan penempatan nama cabang dalam nama senyawa diprioritaskan sesuai urutan secara alfabetis. Dalam struktur, menurut aturan prioritas gugus metil ( CH 3 ​ ) dan nitro ( NO 2 ​ ) memiliki prioritas yang sama. Senyawa benzena nomor satu memiliki gugus metil ( CH 3 ​ ) dan memiliki gugu nitro ( NO 2 ​ ) dengan posisi saling bersebelahan sehingga dapat disebut posisi orto. Senyawa benzena dengangugus metil disebut dengan toulena dan memiliki gugus nitro pada posisi bersebalahan dinamakano-nitrotoluena. Senyawa benzena nomor dua memiliki 4 gugus yaitu 1 gugus metil ( CH 3 ​ ) dan 3 gugusnitro ( NO 2 ​ ) . senyawa benzena dengangugus metil disebut dengan toulena dan memiliki gugus nitro pada posisi 2,4, dan 6 sehingga diberi nama2,4,6-trinitrotoluena. Oleh karena itu, nama untuk senyawa 1 dan 2 adalah o -nitrotoluena dan2,4,6-trinitrotoluena. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Benzena merupakan hidrokarbon segienam datar dengan semua ikatan  dan  sama panjang. Sudut ikatan yang dibentuk oleh ikatan  dan  memiliki sudut . Efek resonansi pada cincin merupakan delokalisasi elektron yang memberikan stabilitas pada struktur.  

Penomoran dimulai dari atom C yang mengikat gugus fungsi prioritas tertinggi. Urutan penempatan nama cabang dalam nama senyawa diprioritaskan sesuai urutan secara alfabetis. Dalam struktur, menurut aturan prioritas gugus metil  dan nitro  memiliki prioritas yang sama. 

Senyawa benzena nomor satu memiliki gugus metil  dan memiliki gugu nitro  dengan posisi saling bersebelahan sehingga dapat disebut posisi orto. Senyawa benzena dengan gugus metil disebut dengan toulena dan memiliki gugus nitro pada posisi bersebalahan dinamakan o-nitrotoluena.

Senyawa benzena nomor dua memiliki 4 gugus yaitu 1 gugus metil  dan 3 gugus nitro . senyawa benzena dengan  gugus metil disebut dengan toulena dan memiliki gugus nitro pada posisi 2,4, dan 6 sehingga diberi nama 2,4,6-trinitrotoluena.

Oleh karena itu, nama untuk senyawa 1 dan 2 adalah o-nitrotoluena dan 2,4,6-trinitrotoluena.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan rumus stuktur senyawa turunan benzena berikut! Nama senyawa (a) dan (b) berturut-turut adalah...

3

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia