Iklan

Iklan

Pertanyaan

Senyawa turunan benzena yang dinamakan p -aminabenzaldehid memiliki rumus struktur ....

Senyawa turunan benzena yang dinamakan p-aminabenzaldehid memiliki rumus struktur ....space 

  1. undefined 

  2. undefined 

  3. undefined 

  4. undefined 

  5. undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban struktur p-aminabenzaldehid terdapat pada pilihan B.

jawaban struktur p-aminabenzaldehid terdapat pada pilihan B.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

P-aminabenzaldehid merupakan senyawa turunan benzena yang mengandung gugus subtituen amina dan gugus fungsi aldehid . Penamaan senyawa benzena mengikuti aturan sebagai berikut. Apabila terdapat dua subtituen pada benzena (amina, aldehid, halogen, alkil, dll)maka penamaannya diawali denganorto (o) untuk posisi 1 dan 2, meta (m) untuk posisi 1 dan 3, dan para (p) untuk posisi 1 dan 4 Urutan prioritas subtituen apabila ada dua subtituen atau lebih untuk pemilihan rantai induk pada senyawa benzena dan turunannya sebagai berikut. Sehingga, untuk beberapa turunan senyawa benzena mempunyai nama tertentu sebagai berikut Dari beberapa aturan untuk penamaan benzena di atas dapat disimpulkan bahwa p-aminabenzaldehid mempunyai rantai induk benzaldehid karena subtituen aldehid lebih diprioritaskan dibandingkan dengan amina atau dengan kata lain subtituen terletak di posisi 1. Sedangkan untuk posisi (amina) terletak di posisi 4 karena penamaannya ditambahkan dengan para (p). Jadi, jawaban struktur p-aminabenzaldehid terdapat pada pilihan B.

 P-aminabenzaldehid merupakan senyawa turunan benzena yang mengandung gugus subtituen amina begin mathsize 14px style open parentheses negative sign N H subscript 2 close parentheses end style  dan gugus fungsi aldehid begin mathsize 14px style open parentheses negative sign C bond H space space space vertical line vertical line space space space O close parentheses end style. Penamaan senyawa benzena mengikuti aturan sebagai berikut.

  • Apabila terdapat dua subtituen pada benzena (amina, aldehid, halogen, alkil, dll) maka penamaannya diawali dengan orto (o) untuk posisi 1 dan 2, meta (m) untuk posisi 1 dan 3, dan para (p) untuk posisi 1 dan 4

                              

  • Urutan prioritas subtituen apabila ada dua subtituen atau lebih untuk pemilihan rantai induk pada senyawa benzena dan turunannya sebagai berikut. 

           begin mathsize 14px style negative sign C O O H greater than minus sign H S O subscript 3 greater than minus sign C H O greater than minus sign C N greater than minus sign O H greater than minus sign N H subscript 2 greater than minus sign R open parentheses alkil close parentheses greater than minus sign N O subscript 2 bond X open parentheses Halogen close parentheses end style

  • Sehingga, untuk beberapa turunan senyawa benzena mempunyai nama tertentu sebagai berikut

          

Dari beberapa aturan untuk penamaan benzena di atas dapat disimpulkan bahwa p-aminabenzaldehid mempunyai rantai induk benzaldehid karena subtituen aldehid begin mathsize 14px style open parentheses negative sign C bond H space space space vertical line vertical line space space space O close parentheses end style lebih diprioritaskan dibandingkan dengan amina begin mathsize 14px style negative sign N H subscript 2 end style atau dengan kata lain subtituen terletak di posisi 1. Sedangkan untuk posisi undefined (amina) terletak di posisi 4 karena penamaannya ditambahkan dengan para (p).

Jadi, jawaban struktur p-aminabenzaldehid terdapat pada pilihan B.

Latihan Bab

Pendahuluan Benzena

Benzena

Tata Nama Turunan Benzena

Reaksi Penting pada Benzena

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

198

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan rumus struktur dari senyawa-senyawa berikut! m -metilanilina

145

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia