Roboguru

Doktor Mohammad Hatta yang lebih dikenal dengan sebutan Bapak Koperasi Indonesia adalah seorang pemimpin yang berdisiplinan tinggi, tegas, dan taat beragama. Pembawaannya sederhana walaupun ia keturunan berada dan apa yang dikatakannya selalu sesuai dengan perbuatannya.             Bung Hatta lahir tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi. Pendidikan yang pernah ditempuhnya adalah ELS, MULO, Prins Hendrik School (Sekolah Dagang Belanda), dan Handels Hogeschool (Sekolah Tinggi Perdagangan) di Negeri Belanda hingga tamat.             Pada tahun 1932 Bung Hatta memimpin partai Pendidikan Nasional Indonesia. Karena kegiatan politiknya, Bung Hatta ditangkap dan pada tahun 1935 beliau dibuang ke Banda Neira dan terakhir ke Sukabumi. Pada masa pendudukan Jepang tahun 1943 Bung Hatta memimpin kantor Pusat Tenaga Rakyat (putera) bersama Bung Karno, Ki Hajar Dewantara, dan K.H Mas Mansyur.   Keteladanan tokoh tersebut adalah ....

Pertanyaan

            Doktor Mohammad Hatta yang lebih dikenal dengan sebutan Bapak Koperasi Indonesia adalah seorang pemimpin yang berdisiplinan tinggi, tegas, dan taat beragama. Pembawaannya sederhana walaupun ia keturunan berada dan apa yang dikatakannya selalu sesuai dengan perbuatannya.

            Bung Hatta lahir tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi. Pendidikan yang pernah ditempuhnya adalah ELS, MULO, Prins Hendrik School (Sekolah Dagang Belanda), dan Handels Hogeschool (Sekolah Tinggi Perdagangan) di Negeri Belanda hingga tamat.

            Pada tahun 1932 Bung Hatta memimpin partai Pendidikan Nasional Indonesia. Karena kegiatan politiknya, Bung Hatta ditangkap dan pada tahun 1935 beliau dibuang ke Banda Neira dan terakhir ke Sukabumi. Pada masa pendudukan Jepang tahun 1943 Bung Hatta memimpin kantor Pusat Tenaga Rakyat (putera) bersama Bung Karno, Ki Hajar Dewantara, dan K.H Mas Mansyur.

 
Keteladanan tokoh tersebut adalah ....
 
  1. Berdisiplin tinggi, tegas, taat beragama, dan pembawanya sederhana.

  2. Bapak Koperasi Indonesia yang kehidupannya sangat sederhana

  3. Karena kegiatan politiknya, beliau rela dibuang ke Banda Neira.

  4. pendidikannya ditempuh di Negeri Belanda sejak SD hingga sekolah tinggi.

  5. Memimpin kantor Pusat Tenaga Rakyat (putera) bersama para pejuang bangsa

Pembahasan:

Keteladanan yang terdapat dalam teks biografi adalah hal-hal yang dapat dicontoh oleh para pembacanya. Keteladanan biasanya berupa sifat-sifat yang baik yang masih mungkin dapat ditiru oleh orang lain pada zaman yang berbeda. Keteladanan yang dapat diambil dari biografi tokoh Mohammad Hatta adalah sifatnya yang berdisiplin tinggi, tegas, taat beragama, dan pembawaannya sederhana.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan biografi berikut! Jaya Suprana merupakan salah satu pengusaha, pembawa acara televisi, komposer, dan pemain piano yang terkenal di Indonesia. la lahir di Denpasar, Bagi, lalu diadopsi ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved