Iklan

Iklan

Pertanyaan

Putu Wijaya (I Gusti Putu Wijaya), seorang sastrawan yang dikenal serba bisa, lahir di Puri Anom, Tabanan, Bali, 11 April 1944. Ayahnya, I Gusti Ngurah Raka, seorang pensiunan punggawa yang keras dalam mendidik anak. Semula ayahnya mengharapkan Putu menjadi dokter. Namun, Putu lemah dalam pelajaran ilmu pasti. Ia malah akrab dengan sejarah, bahasa, dan ilmu bumi. Putu Wijaya sudah menulis kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar 1000 cerpen, ratusan esai, artikel lepas, dan kritik drama. Ia juga telah menulis skenario film dan sinetron. Sebagai seorang dramawan, ia memimpin Teater Mandiri sejak 1971 dan telah mementaskan puluhan lakon di dalam maupun luar negeri. Ia pun meraih puluhan penghargaan atas karya sastra yang ditulisnya. Awal mula menetap di Jakarta ia bergabung dengan Teater Kecil, asuhan Arifin C. Noor. Biaya hidup saat itu diperoleh dari hasil menulis. Ia penggemar music rock, dangdut, dan klasik. Ia menikah dengan Renny Retno Yooscarini dan dikarunia seorang putra. Pernikahan tersebut berakhir pada tahun 1984 kemudian Putu menikah lagi dengan gadis Sunda bernama Dewi Pramunawati. Keistimewaan tokoh Putu Wijaya berdasarkan kutipan tersebut adalah ….

        Putu Wijaya (I Gusti Putu Wijaya), seorang sastrawan yang dikenal serba bisa, lahir di Puri Anom, Tabanan, Bali, 11 April 1944. Ayahnya, I Gusti Ngurah Raka, seorang pensiunan punggawa yang keras dalam mendidik anak. Semula ayahnya mengharapkan Putu menjadi dokter. Namun, Putu lemah dalam pelajaran ilmu pasti. Ia malah akrab dengan sejarah, bahasa, dan ilmu bumi. Putu Wijaya sudah menulis kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar 1000 cerpen, ratusan esai, artikel lepas, dan kritik drama. Ia juga telah menulis skenario film dan sinetron. Sebagai seorang dramawan, ia memimpin Teater Mandiri sejak 1971 dan telah mementaskan puluhan lakon di dalam maupun luar negeri. Ia pun meraih puluhan penghargaan atas karya sastra yang ditulisnya. Awal mula menetap di Jakarta ia bergabung dengan Teater Kecil, asuhan Arifin C. Noor. Biaya hidup saat itu diperoleh dari hasil menulis. Ia penggemar music rock, dangdut, dan klasik. Ia menikah dengan Renny Retno Yooscarini dan dikarunia seorang putra. Pernikahan tersebut berakhir pada tahun 1984 kemudian Putu menikah lagi dengan gadis Sunda bernama Dewi Pramunawati.

Keistimewaan tokoh Putu Wijaya berdasarkan kutipan tersebut adalah ….

  1. keras dalam mendidik anak

  2. sastrawan beralih ke dunia perfilman

  3. mampu menulis berbagai karya sastra

  4. gemar membaca sejarah dan ilmu bumi

  5. gemar music rock, dangdut, dan klasik

Iklan

R. Indriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Keistimewaan yang dimiliki oleh seorang tokoh dalam teks biografi adalah hal yang ada pada tokoh tersebut yang sangat sulit untuk ditiru atau berupa pencapaian yang sulit dicapai oleh orang lain. Keistimewaan seseorang biasanya merupakan bakat yang tidak semua orang memilikinya. Keistimewaan dapat juga berupa sebuah pencapaian yang mengagumkan dari seseorang yang sulit untuk dicapai oleh orang lain. Keistimewaan yang dimiliki oleh tokoh Putu Wijaya pada biografi di atas adalah pencapaiannya dalam menulis karya sastra. Dia sudah menulis kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar 1000 cerpen, ratusan esai, artikel lepas, dan kritik drama. Pencapaian tersebut tentu saja sulit untuk dicapai oleh orang lain.Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Keistimewaan yang dimiliki oleh seorang tokoh dalam teks biografi adalah hal yang ada pada tokoh tersebut yang sangat sulit untuk ditiru atau berupa pencapaian yang sulit dicapai oleh orang lain. Keistimewaan seseorang biasanya merupakan bakat yang tidak semua orang memilikinya. Keistimewaan dapat juga berupa sebuah pencapaian yang mengagumkan dari seseorang yang sulit untuk dicapai oleh orang lain. Keistimewaan yang dimiliki oleh tokoh Putu Wijaya pada biografi di atas adalah pencapaiannya dalam menulis karya sastra. Dia sudah menulis kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar 1000 cerpen, ratusan esai, artikel lepas, dan kritik drama. Pencapaian tersebut tentu saja sulit untuk dicapai oleh orang lain. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan biografi berikut! Pro. Dr. Fuad Hasan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tak pernah bercita- cita menjadi menteri. Dia piawai menggesek biola dan sering membolos sekolah untu...

37

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia