Iklan

Iklan

Pertanyaan

Deskripsikan perubahan zaman Mesolitikum...

Deskripsikan perubahan zaman Mesolitikum...

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Zaman Mesolitikum merupakan zaman batu tengahyang merupakan masa peralihan dari Paleolitikum atau zaman batu tua. Belangsung dari 8000 hingga 5000 tahun sebelum masehi. Masa ini ditandai dengan munculnya kebudayaan Kjokkenmoddinger (sampah dapur) dan kebudayaan Abris sous Roche (fosil kulit kerang). Alat-alat yang digunakan pada masa ini sudah mulai halus dalam pembuatannya. Kehidupan manusia masa ini sudah mulai menetap, hal ini dibuktikan dengan adanya fosil arang dansampah dapur serta adanya fosil kerang yang menumpuk pada satu tempat diduga manusia sudah menetap dalam waktu lama disuatu tempat, misalnya goa yang dekat dengan pantai dan sungai. Alat-alat yang digunakan pada masaitu sudah lebih halus misalnyakapak sumatera, mata panah, dan alat dari tulang hewan. Selain telah menetap, kehidupan manusia purba pada masa ini telah mengalami kemajuan. Pada masa ini manusia telah mengenal sistem bercocok tanam dan peternakan skala kecil. Umumnya mereka telah hidup dalam kelompok kecil dan berpindah tempat hingga sumber daya alam sebagai sumber pangan sehari-hari telah habis. Maka, perubahan zaman Mesolitikum ditandai dengan kehidupan manusia purba yang telah hidup dalam kelompok kecil dan menetap untuk waktu yang cukup lama, mulai mengenal sistem bercocok tanam dan beternak, serta peralatan sehari-hari yang digunakan lebih halus.

Zaman Mesolitikum merupakan zaman batu tengah yang merupakan masa peralihan dari Paleolitikum atau zaman batu tua. Belangsung dari 8000 hingga 5000 tahun sebelum masehi. Masa ini ditandai dengan munculnya kebudayaan Kjokkenmoddinger (sampah dapur) dan kebudayaan Abris sous Roche (fosil kulit kerang). Alat-alat yang digunakan pada masa ini sudah mulai halus dalam pembuatannya. Kehidupan manusia masa ini sudah mulai menetap, hal ini dibuktikan dengan adanya fosil arang dan sampah dapur serta adanya fosil kerang yang menumpuk pada satu tempat diduga manusia sudah menetap dalam waktu lama disuatu tempat, misalnya goa yang dekat dengan pantai dan sungai. Alat-alat yang digunakan pada masa itu sudah lebih halus misalnya kapak sumatera, mata panah, dan alat dari tulang hewan. Selain telah menetap, kehidupan manusia purba pada masa ini telah mengalami kemajuan. Pada masa ini manusia telah mengenal sistem bercocok tanam dan peternakan skala kecil. Umumnya mereka telah hidup dalam kelompok kecil dan berpindah tempat hingga sumber daya alam sebagai sumber pangan sehari-hari telah habis. 

Maka, perubahan zaman Mesolitikum ditandai dengan kehidupan manusia purba yang telah hidup dalam kelompok kecil dan menetap untuk waktu yang cukup lama, mulai mengenal sistem bercocok tanam dan beternak, serta peralatan sehari-hari yang digunakan lebih halus. 

941

Yulina Dwi

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan zaman batu Mesolitikum!

978

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia