Iklan

Iklan

Pertanyaan

Data yang tepat mengenai jenis karbohidrat dan hasil identifikasinya adalah ...

Data yang tepat mengenai jenis karbohidrat dan hasil identifikasinya adalah ...space

  1. undefined

  2. undefined

  3. undefined

  4. undefined

  5. undefined

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah B.

jawaban yang paling tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Ada beberapa jenis uji karbohidrat, di antaranya: Uji Molisch : mengidentifikasi adanya karbohidrat . Semua jenis karbohidrat menunjukkan hasil positif yang ditandai dengan terbentuknya cincinberwarna ungu . Uji Selwanoff : mengidentifikasi adanya ketosa (karbohidrat dengangugus keton) , contohnya fruktosa. Hasil positif ditandai dengan terbentuknya warna merah orange . Uji Fehling : mengidentifikasi adanya gula pereduksi (aldosa) . Hasil positif ditandai dengan terbentuknya endapan merah . Uji Iodin : mengidentifikasi adanya karbohidrat dengan pembentukan senyawa kompleks dengan warna spesifik . Amilum dan pati membentuk kompleks berwarna biru , dekstrin menghasilkan warna merah anggur , sedangkan sebagian glikogen dan pati yang terhidrolisis membentuk warna merah . Uji Tollens : mengidentifikasi adanya gugus aldehid yang dapat dioksidasi . Hasil positif ditandai dengan terbentuknya endapan cermin perak hasil reduksi. Pada fruktosa terdapat gugus keton yang bukan gula pereduksi sehingga tidak dapat mereduksi spesi menjadi logam Ag dalam pereaksi Tollens yang diperlihatkan sebagai endapan cermin perak. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

Ada beberapa jenis uji karbohidrat, di antaranya:

Uji Molisch: mengidentifikasi adanya karbohidrat. Semua jenis karbohidrat menunjukkan hasil positif yang ditandai dengan terbentuknya cincin berwarna ungu.

Uji Selwanoff: mengidentifikasi adanya ketosa (karbohidrat dengan gugus keton), contohnya fruktosa. Hasil positif ditandai dengan terbentuknya warna merah orange.

Uji Fehling: mengidentifikasi adanya gula pereduksi (aldosa). Hasil positif ditandai dengan terbentuknya endapan merah.

Uji Iodin: mengidentifikasi adanya karbohidrat dengan pembentukan senyawa kompleks dengan warna spesifik. Amilum dan pati membentuk kompleks berwarna biru, dekstrin menghasilkan warna merah anggur, sedangkan sebagian glikogen dan pati yang terhidrolisis membentuk warna merah.

Uji Tollens: mengidentifikasi adanya gugus aldehid yang dapat dioksidasi. Hasil positif ditandai dengan terbentuknya endapan cermin perak hasil reduksi.

Pada fruktosa terdapat gugus keton yang bukan gula pereduksi sehingga tidak dapat mereduksi spesi begin mathsize 14px style Ag to the power of plus sign end style menjadi logam Ag dalam pereaksi Tollens yang diperlihatkan sebagai endapan cermin perak.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

116

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Heksosa memberikan hasil yang positif terhadap pereaksi Tollens dan Fehling. Tuliskan rumus Fischer dan Haworth dengan cincin piranosa dari heksosa serta reaksi yang terjadi antara heksosa dan pereaks...

170

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia