Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dari atom unsur-unsur berikut, yang memiliki titik leleh tertinggi adalah ....

Dari atom unsur-unsur berikut, yang memiliki titik leleh tertinggi adalah ....

  1. Na

  2. Mg

  3. Si

  4. P

  5. S

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

piilhan jawaban yang tepat adalah C.

piilhan jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Berikut letak unsur-unsur pada soal pada tabel periodik unsur. 11 ​ Na : [ Ne ] 3 s 1 ( periode 3 , golongan IA ) 12 ​ Mg : [ Ne ] 3 s 2 ( periode 3 , golongan IIA ) 14 ​ Si : [ Ne ] 3 s 2 3 p 2 ( periode 3 , golongan IVA ) 15 ​ P : [ Ne ] 3 s 2 3 p 3 ( periode 3 , golongan VA ) 16 ​ S : [ Ne ] 3 s 2 3 p 4 ( periode 3 , golongan VIA ) Kelima unsur berada pada periode yang sama, dengan urutan unsur dari kiri ke kanan: Na - Mg - Si - P - S yang disebut sebagai unsur periode 3.Unsur-unsur periode 3 memiliki perubahan sifat yang beraturan. Titik leleh merupakan titik atausuhu yang teramati ketika zat padat mulai meleleh sampai semua partikel berubah menjadi cair. Titik leleh dan titik didih unsur-unsur periode ketiga dari kiri ke kanan meningkat secara bertahap dan mencapai puncaknya pada golongan IVA (silikon) , kemudian turun secara drastis pada golongan VA (fosforus).Silikon mempunyai struktur kovalen raksasa (seperti intan). Setiap atom silikon terikat secara kovalen pada empat atom silikon. Zat dengan struktur kovalen raksasa mempunyai titik leleh serta titik didih yang sangat tinggi. Jadi, piilhan jawaban yang tepat adalah C.

Berikut letak unsur-unsur pada soal pada tabel periodik unsur.

  

Kelima unsur berada pada periode yang sama, dengan urutan unsur dari kiri ke kanan: Na - Mg - Si - P - S yang disebut sebagai unsur periode 3. Unsur-unsur periode 3 memiliki perubahan sifat yang beraturan. Titik leleh merupakan titik atau suhu yang teramati ketika zat padat mulai meleleh sampai semua partikel berubah menjadi cair. Titik leleh dan titik didih unsur-unsur periode ketiga dari kiri ke kanan meningkat secara bertahap dan mencapai puncaknya pada golongan IVA (silikon), kemudian turun secara drastis pada golongan VA (fosforus). Silikon mempunyai struktur kovalen raksasa (seperti intan). Setiap atom silikon terikat secara kovalen pada empat atom silikon. Zat dengan struktur kovalen raksasa mempunyai titik leleh serta titik didih yang sangat tinggi.

Jadi, piilhan jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan grafik titik leleh unsur-unsur periode ketiga pada Gambar di bawah ini. Mengapa titik leleh magnesium lebih tinggi daripada natri um?

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia