Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dari angka-angka 1 , 2 , 3 , 4 , 6 , 7 , dan 8 dibuat bilangan ratusan ganjil serta tidak ada angka yang diulang. Banyak bilangan yang dapat dibuat adalah... .

Dari angka-angka  dan  dibuat bilangan ratusan ganjil serta tidak ada angka yang diulang. Banyak bilangan yang dapat dibuat adalah... .

Iklan

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

banyaknyabilanganratusan ganjil dengan tidak ada angka yang diulangyang dapat dibuat adalah bilangan.

banyaknya bilangan ratusan ganjil dengan tidak ada angka yang diulang yang dapat dibuat adalah 90 bilangan.

Iklan

Pembahasan

Diketahui akan dibuat bilangan ratusan ganjil serta tidak ada angka yang diulang dariangka-angka dan . Banyaknya angka yang terbentuk dapatditentukan dengan menggunakan aturan perkalian. Bilangan yang akan dibentuk adalah bilangan ratusan sehingga terdapat posisi yaitu ratusan, puluhan, dan satuan. Banyaknya angka yang dapat mengisi setiap posisi tersebut sebagai berikut. Posisi Satuan Bilangan yang akan dibentuk adalah bilangan ratusan ganjil, maka pada posisi satuan harus diisi dengan angka ganjil. Bilangan yang mungkin untuk mengisi posisi satuan yaitu dan , sehingga terdapat angka yang dapat disusun pada posisi satuan. Posisi Puluhan Bilangan akan dibentuk dengan tidak ada angka berulang, maka banyak angkayang dapat mengisi posisi puluhan yaitu angka ( angka sudah digunakan untuk posisi satuan). Posisi Ratusan Bilangan akan dibentuk dengan tidak ada angka berulang, maka banyak angka yang dapat mengisi posisi ratusan yaitu angka ( angka sudah digunakan untuk posisi satuan dan angka sudah digunakan untuk posisi puluhan). Berdasarkan uraian di atas, maka dengan menggunakan aturan perkalian, banyaknya bilanganratusan ganjil dengan tidak ada angka yang diulangyang dapat dibuat sebagai berikut. Dengan demikian, banyaknyabilanganratusan ganjil dengan tidak ada angka yang diulangyang dapat dibuat adalah bilangan.

Diketahui akan dibuat bilangan ratusan ganjil serta tidak ada angka yang diulang dari angka-angka 1 comma space 2 comma space 3 comma space 4 comma space 6 comma space 7 comma dan 8. Banyaknya angka yang terbentuk dapat ditentukan dengan menggunakan aturan perkalian. Bilangan yang akan dibentuk adalah bilangan ratusan sehingga terdapat 3 posisi yaitu ratusan, puluhan, dan satuan. Banyaknya angka yang dapat mengisi setiap posisi tersebut sebagai berikut.

Posisi Satuan

Bilangan yang akan dibentuk adalah bilangan ratusan ganjil, maka pada posisi satuan harus diisi dengan angka ganjil. Bilangan yang mungkin untuk mengisi posisi satuan yaitu 1 comma 3 comma dan 7, sehingga terdapat 3 angka yang dapat disusun pada posisi satuan.

Posisi Puluhan

Bilangan akan dibentuk dengan tidak ada angka berulang, maka banyak angka yang dapat mengisi posisi puluhan yaitu 6 angka (1 angka sudah digunakan untuk posisi satuan).

Posisi Ratusan

Bilangan akan dibentuk dengan tidak ada angka berulang, maka banyak angka yang dapat mengisi posisi ratusan yaitu 5 angka (1 angka sudah digunakan untuk posisi satuan dan 1 angka sudah digunakan untuk posisi puluhan).

Berdasarkan uraian di atas, maka dengan menggunakan aturan perkalian, banyaknya bilangan ratusan ganjil dengan tidak ada angka yang diulang yang dapat dibuat sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Banyak space bilangan end cell equals cell 3 cross times 6 cross times 5 end cell row blank equals cell 90 space bilangan end cell end table


Dengan demikian, banyaknya bilangan ratusan ganjil dengan tidak ada angka yang diulang yang dapat dibuat adalah 90 bilangan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Guru Matematika memberikan ulangan harian yang terdiri atas 10 pertanyaan pilihan ganda dengan 5 pilihan (mengandung 1 jawaban benar). Budi menjawab semua soal dengan cara menebak karena ia tidak bela...

130

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia