Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks tanggapan berikut!


Foxfire: Metode Mengajar yang Mengasikkan, Menyenangkan, dan Menghasilkan
Oleh Suparlan


Metode foxfire sebenarnya merupakan metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah, kemudian hasil kajian itu disusun dalam bentuk tulisan singkat, dan akhirnya diterbitkan sebagai bentuk laporan. Tentu saja, materi penugasan tersebut adalah yang terkait dengan materi pelajaran yang diajarkan.

Tujuan yang  akan dicapai dengan menggunakan metode ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pengumpulan data, dan (3) meningkatkan keterampilan menulis.

Ada dua persyaratan utama untuk dapat menerapkan metode foxfire ini.  Pertama, guru harus bersedia untuk bekerja sama dengan siswa sebagai mentor yang membimbing dan memberikan petunjuk kepada siswa. Kedua, hasil kegiatan pengumpulan data harus diadministrasikan dengan baik untuk memudahkan pekerjaaan guru dan siswa.

Metode mengajar ini memiliki kelebihan yang luar biasa. Pertama, para siswa akan memiliki keterampilan dalam proses pengumpulan data lapangan. Kedua, para siswa akan memiliki keterampilan dalam menulis. Ketiga, terjadi kerja sama sinergis antara sekolah dengan penerbit. Keempat, memberikan bekal keterampilan kepada siswa untuk dapat memperoleh penghasilan melalui menulis. Kelima, jika hasil karya siswa tersebut dapat diterbitkan dan laku dijual, maka kegiatan siswa ini akan dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa (generate income).

Meskipun demikian, metode mengajar ini memang memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut. Pertama, memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga menyulitkan bagi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum untuk membuat jadwal yang dapat mengakomodasi pelaksanaan metode ini. Kedua, memerlukan guru yang benar-benar memiliki kemampuan untuk membimbing siswa untuk dapat menulis.

Secara umum, metode ini dikatakan baru dan cukup unik sejalan dengan penerapan pendekatan PAKEM yang sedang dikembangkan. Walaupun terdapat kelemahan dalam penerapan, metode ini masih mungkin bisa dilaksanakan dengan model penugasan proyek. Waktu yang digunakan siswa adalah waktu di luar kegiatan belajar mengajar (KBM). Model penugasan proyek ini sangat dianjurkan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Jika metode ini dapat diterapkan, saya yakin akan berdampak sangat positif kepada siswa. Apalagi kalau hasil pekerjaan siswa tersebut diterbitkan dan dipasarkan, tentu sangat membanggakan.


Sumber: suparlan.com, dengan perubahanundefined 

Carilah kaidah kebahasaan teks tanggapan pada teks tersebut. Tulislah kalimatnya dan garis bawahi kata yang dimaksud!

Carilah kaidah kebahasaan teks tanggapan pada teks tersebut. Tulislah kalimatnya dan garis bawahi kata yang dimaksud! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berikutkaidah kebahasaan teks tanggapan pada teks tersebut:

berikut kaidah kebahasaan teks tanggapan pada teks tersebut:

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berikut kaidah kebahasaan teks tanggapan : Menggunakan bahasa deskriptif agar tanggapan terhadap sesuatu menjadi lebih spesifik. Menggunakan pernyataan berupa kalimat saran atau rekomendasi di akhir teks. Terdapat kata-kata penilaian , seperti pujian atau kritikan . Pujlan berarti penghargaan yang tulus, dan kritikan berfokus pada keunggulan bukan kelemahan. Dengan demikian, berikutkaidah kebahasaan teks tanggapan pada teks tersebut: Menggunakan bahasa deskriptif: Metode foxfire sebenarnya merupakan metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah, kemudian hasil kajian itu disusun dalam bentuk tulisan singkat, dan akhirnya diterbitkan sebagai bentuk laporan. Menggunakan bahasa deskriptif: Tujuan yang akan dicapai dengan menggunakan metode ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pengumpulan data, dan (3) meningkatkan keterampilan menulis. Terdapat kata-kata penilaian (pujian): Metode mengajar ini memiliki kelebihan yang luar biasa. Terdapat kata-kata penilaian (pujian): M etode ini dikatakan baru dan cukup unik sejalan dengan penerapan pendekatan PAKEM yang sedang dikembangkan. Terdapat kata-kata penilaian (kritikan): Metode mengajar ini memang memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut. Menggunakan pernyataan berupa kalimat saran atau rekomendasi: Jika metode ini dapat diterapkan, saya yakin akan berdampak sangat positif kepada siswa. Apalagi kalau hasil pekerjaan siswa tersebut diterbitkan dan dipasarkan, tentu sangat membanggakan.

Berikut kaidah kebahasaan teks tanggapan:

  1. Menggunakan bahasa deskriptif agar tanggapan terhadap sesuatu menjadi lebih spesifik.
     
  2. Menggunakan pernyataan berupa kalimat saran atau rekomendasi di akhir teks.
     
  3. Terdapat kata-kata penilaian, seperti pujian atau kritikan. Pujlan berarti penghargaan yang tulus, dan kritikan berfokus pada keunggulan bukan kelemahan.

Dengan demikian, berikut kaidah kebahasaan teks tanggapan pada teks tersebut:

  1. Menggunakan bahasa deskriptif: Metode foxfire sebenarnya merupakan metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah, kemudian hasil kajian itu disusun dalam bentuk tulisan singkat, dan akhirnya diterbitkan sebagai bentuk laporan.
     
  2. Menggunakan bahasa deskriptif: Tujuan yang akan dicapai dengan menggunakan metode ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pengumpulan data, dan (3) meningkatkan keterampilan menulis.
     
  3. Terdapat kata-kata penilaian (pujian): Metode mengajar ini memiliki kelebihan yang luar biasa.
     
  4. Terdapat kata-kata penilaian (pujian): Metode ini dikatakan baru dan cukup unik sejalan dengan penerapan pendekatan PAKEM yang sedang dikembangkan.
     
  5. Terdapat kata-kata penilaian (kritikan): Metode mengajar ini memang memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut.
     
  6. Menggunakan pernyataan berupa kalimat saran atau rekomendasi: Jika metode ini dapat diterapkan, saya yakin akan berdampak sangat positif kepada siswa. Apalagi kalau hasil pekerjaan siswa tersebut diterbitkan dan dipasarkan, tentu sangat membanggakan.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Tanggapan

Kebahasaan Teks Tanggapan

Menganalisis Teks Tanggapan

Membuat Teks Tanggapan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adaIah ....

140

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia