Roboguru

Bus Angkasa berangkat dari terminal setiap  sekali, sedangkan bus Cakrawala setiap  sekali. Jika kedua bus berangkat bersama pada pukul , kedua bus akan berangkat bersama lagi pada pukul berapa?

Pertanyaan

Bus Angkasa berangkat dari terminal setiap 30 space menit sekali, sedangkan bus Cakrawala setiap 48 space menit sekali. Jika kedua bus berangkat bersama pada pukul 07.45, kedua bus akan berangkat bersama lagi pada pukul berapa?

Pembahasan Soal:

Kasus pada soal merupakan kasus KPK dimana kita akan menentukan kedua bus berangkat bersamaan. Sehingga dengan faktorisasi prima kita uraikan setiap menit keberangkatan bus:

30 equals 2 cross times 3 cross times 5 48 equals 2 to the power of 4 cross times 3 

Untuk menentukan KPKnya, kalikan semua bilangan, jika ada yang sama ambil bilangan yang mengandung pangkat tertinggi, sehingga:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell K P K subscript open parentheses 30 comma 48 close parentheses end subscript end cell equals cell 2 to the power of 4 cross times 3 cross times 5 end cell row blank equals 240 end table 

Maka kedua bus akan berangkat bersamaan setiap 240 space menit, sehingga  Jika kedua bus berangkat bersama pada pukul 07.45 maka mereka akan berangkat bersama lagi 240 space menit (4 space jam) kemudian yaitu pukul 11.45.

Jadi, kedua bus akan berangkat bersama lagi pada pukul 11.45.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved