Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bintang black hole terbentuk dari ...

Bintang black hole terbentuk dari ...  

  1. ...  begin mathsize 14px style blank to the power of blank end style

  2. ...  begin mathsize 14px style blank to the power of blank end style

Iklan

Y. Cahya

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Lubang hitam terbentuk ketika suatu objek bermassa besar (sekitar 20-100 kali massa Matahari) tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Objek-objek besar ini merupakan sebuah bintang, yang setelah meledak dalam supernova, gaya gravitasinya menarik lapisan-lapisan luar bintang itu untuk ikut meluruh ke arah inti. Ketika bintang masif kehabisan bahan bakar nuklir, seluruh materi dalam inti bintang akan terkompresi menjadi sangat padat. Semakin besar inti sebuah bintang, semakin besar gaya gravitasi yang memadatkan materi, bintang akan runtuh dalam gravitasinya sendiri. Setelah runtuh dalam gravitasinya sendiri, bintang masif ini akan meledak sebagai supernova. Seluruh materi dalam isi perut bintang akan menyebar, tumpah ruah, sementara inti bintangnya akan benar-benar runtuh karena gravitasinya sendiri. Jika inti yang tersisa setelah supernova masih berukuran besar (lebih dari 2,5 kali massa Matahari), inti bintang tersebut akan menjadi sebuah lubang hitam. Inti bintang yang menjadi lubang hitam ini akan memiliki volume sama dengan nol, yang memiliki kepadatan yang tak terbatas. Inilah yang disebut singularitas.

Lubang hitam terbentuk ketika suatu objek bermassa besar (sekitar 20-100 kali massa Matahari) tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Objek-objek besar ini merupakan sebuah bintang, yang setelah meledak dalam supernova, gaya gravitasinya menarik lapisan-lapisan luar bintang itu untuk ikut meluruh ke arah inti.

Ketika bintang masif kehabisan bahan bakar nuklir, seluruh materi dalam inti bintang akan terkompresi menjadi sangat padat. Semakin besar inti sebuah bintang, semakin besar gaya gravitasi yang memadatkan materi, bintang akan runtuh dalam gravitasinya sendiri.

Setelah runtuh dalam gravitasinya sendiri, bintang masif ini akan meledak sebagai supernova. Seluruh materi dalam isi perut bintang akan menyebar, tumpah ruah, sementara inti bintangnya akan benar-benar runtuh karena gravitasinya sendiri.

Jika inti yang tersisa setelah supernova masih berukuran besar (lebih dari 2,5 kali massa Matahari), inti bintang tersebut akan menjadi sebuah lubang hitam. Inti bintang yang menjadi lubang hitam ini akan memiliki volume sama dengan nol, yang memiliki kepadatan yang tak terbatas. Inilah yang disebut singularitas. begin mathsize 14px style blank to the power of blank end style

Latihan Bab

Model Atom

Inti Atom

Radioaktivitas dan Peluruhan

Radioisotop

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

391

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu kayu tua mempunyai 20% unsur karbon (radioaktif) dibandingkan dengan kayu semula. Hitung usia kayu tua itu jika waktu paruh karbon 5.760 tahun!

691

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia