Pertanyaan

Berikut ini yang merupakan sifat-sifat protein dan asam amino adalah .... (1) asam amino akan membentuk kation jika pH larutan lebih besar daripada pI (2) protein dapat mengalami denaturasi apabila ditambahkan larutan asam (3) asam amino akan membentuk anion jika pH larutan lebih kecil daripada pI (4) asam amino berpolimerisasi membentuk protein dengan ikatan peptida

Berikut ini yang merupakan sifat-sifat protein dan asam amino adalah ....


(1) asam amino akan membentuk kation jika pH larutan lebih besar daripada pI

(2) protein dapat mengalami denaturasi apabila ditambahkan larutan asam

(3) asam amino akan membentuk anion jika pH larutan lebih kecil daripada pI

(4) asam amino berpolimerisasi membentuk protein dengan ikatan peptida

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1) dan (3)

  3. (2) dan (4)

  4. (4) saja

  5. (1), (2), (3), dan (4)

N. Puji

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

(1) asam amino akan membentuk kation jika pH larutan lebih besar daripada pI (SALAH) Jika asam amino dalam bentuk ion zwitter kita reaksikan dengan larutan basa maka ion OH- dari basa akan menarik H + dari NH 3 + pada asam amino, lalu membentuk asam amino yang bermuatan negatif (anion) dan H 2 O. (2) protein dapat mengalami denaturasi apabila ditambahkan larutan asam (BENAR) Bentuk tiga dimensi pada struktur tersier protein dapat berubah karena pemanasan, tekanan tinggi, dan penambahan larutan asam . Perubahan struktur tiga dimensi pada protein inilah yang disebut sebagai denaturasi protein. (3) asam amino akan membentuk anion jika pH larutan lebih kecil daripada pI (SALAH) Jika kita reaksikan asam amino (dalam bentuk ion zwitter) dengan larutan asam maka gugus basa yaitu COO - akan menarik H + sehingga membentuk asam amino yang bermuatan positif (kation). (4) asam amino berpolimerisasi membentuk protein dengan ikatan peptida (BENAR) Gugus karboksil dan gugus amina pada asam amino menyebabkan asam amino dapat berikatan dengan asam amino lainnya melalui ikatan peptida. Saat dua molekul asam amino ini berikatan secara kondensasi, maka OH- pada gugus karboksil akan menarik 1 H + dari NH 2 pada asam amino lainnya membentuk air ( H 2 O ). Ikatan yang terjadi di antara dua asam amino ini disebut sebagai ikatan peptida.

(1) asam amino akan membentuk kation jika pH larutan lebih besar daripada pI (SALAH)

Jika asam amino dalam bentuk ion zwitter kita reaksikan dengan larutan basa maka ion OH- dari basa akan menarik H+ dari NH3+ pada asam amino, lalu membentuk asam amino yang bermuatan negatif (anion) dan H2O.

 


(2) protein dapat mengalami denaturasi apabila ditambahkan larutan asam (BENAR)

Bentuk tiga dimensi pada struktur tersier protein dapat berubah karena pemanasan, tekanan tinggi, dan penambahan larutan asam. Perubahan struktur tiga dimensi pada protein inilah yang disebut sebagai denaturasi protein.

 


(3) asam amino akan membentuk anion jika pH larutan lebih kecil daripada pI (SALAH)

Jika kita reaksikan asam amino (dalam bentuk ion zwitter) dengan larutan asam maka gugus basa yaitu COO- akan menarik H+ sehingga membentuk asam amino yang bermuatan positif (kation).

 


(4) asam amino berpolimerisasi membentuk protein dengan ikatan peptida (BENAR)

Gugus karboksil dan gugus amina pada asam amino menyebabkan asam amino dapat berikatan dengan asam amino lainnya melalui ikatan peptida.
Saat dua molekul asam amino ini berikatan secara kondensasi, maka OH- pada gugus karboksil akan menarik 1 H+ dari NH2 pada asam amino lainnya membentuk air (H2O). Ikatan yang terjadi di antara dua asam amino ini disebut sebagai ikatan peptida.

70

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut yang merupakan sifat-sifat protein dan asam amino adalah .... (1) protein dapat mengalami denaturasi apabila dipanaskan pada suhu tinggi (2) asam amino akan membentuk kation jika pH laru...

218

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia