Pertanyaan

Cermatilah kutipan fabel berikut ini.


     Pertama yang dicalonkan adalah macan tutul, tetapi macan tutul menolak. “Jangan, melihat manusia saja aku sudah lari tunggang langgang," ujarnya. "Kalau begitu Badak saja, kau kan amat kuat," kata binatang lain. "Tidak-tidak, penglihatanku kurang baik, aku telah menabrak pohon berkali-kali."

     “Oh... Mungkin Gajah saja yang jadi Raja, badan kau kan besar," ujar binatang-binatang lain.“Aku tidak bisa berkelahi dan gerakanku amat lambat," sahut gajah. Binatang-binatang menjadi bingung, mereka belum menemukan raja pengganti. Ketika hendak bubar, tiba-tiba kera berteriak, "Manusia saja yang menjadi raja, ia kan yang sudah membunuh Singa".

     "Tidak mungkin," jawab tupai. "Coba kalian semua perhatikan aku. Aku mirip dengan manusia, bukan? Maka, akulah yang cocok menjadi raja," ujar kera. Setelah melalui perundingan, penghuni hutan sepakat kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap makanan yang lezat-lezat. space  

Berdasarkan struktur teks fabel, bagian kutipan fabel tersebut adalah ....

Berdasarkan struktur teks fabel, bagian kutipan fabel tersebut adalah ....space  

  1. perkenalanspace  

  2. komplikasispace  

  3. klimaksspace  

  4. penyelesaianspace  

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan B.

jawaban yang benar adalah pilihan B.space  

Pembahasan

Teks fabel adalah teks berisi cerita atau dongeng yang menjadikan binatang sebagai tokoh utama dengan peran dan karakter seperti manusia. Teks fabel bersifat mendidik karena mengandung berbagai amanat atau nilai-nilai kehidupan yang dapat dicontoh oleh pembaca. Teks fabel disusun dengan struktur orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Orientasi adalah bagian awal yang mengenalkan tokoh, latar, dan gambaran singkat mengenai cerita fabel. Komplikasi berisi konflik atau permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Resolusi berisi penyelesaian dari konflik yang sudah dituliskan pada bagian komplikasi. Koda berisi pesan moral yang dihasilkan dari cerita fabel dan dapat dipetik oleh pembaca. Berdasarkan penjelasan ini, teks di atas termasuk struktur komplikasi. Berikut adalah kalimat-kalimat yang menunjukkan bahwa kutipan fabel di atas berisi konflik atau permasalahan antartokoh mengenai pencalonan raja hutan. Pertama yang dicalonkan adalah macan tutul, tetapi macan tutul menolak. Binatang-binatang menjadi bingung, mereka belum menemukan raja pengganti. Setelah melalui perundingan, penghuni hutan sepakat kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.

Teks fabel adalah teks berisi cerita atau dongeng yang menjadikan binatang sebagai tokoh utama dengan peran dan karakter seperti manusia. Teks fabel bersifat mendidik karena mengandung berbagai amanat atau nilai-nilai kehidupan yang dapat dicontoh oleh pembaca. Teks fabel disusun dengan struktur orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Orientasi adalah bagian awal yang mengenalkan tokoh, latar, dan gambaran singkat mengenai cerita fabel. Komplikasi berisi konflik atau permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Resolusi berisi penyelesaian dari konflik yang sudah dituliskan pada bagian komplikasi. Koda berisi pesan moral yang dihasilkan dari cerita fabel dan dapat dipetik oleh pembaca. Berdasarkan penjelasan ini, teks di atas termasuk struktur komplikasi. Berikut adalah kalimat-kalimat yang menunjukkan bahwa kutipan fabel di atas berisi konflik atau permasalahan antartokoh mengenai pencalonan raja hutan.

  1. Pertama yang dicalonkan adalah macan tutul, tetapi macan tutul menolak.
  2. Binatang-binatang menjadi bingung, mereka belum menemukan raja pengganti.
  3. Setelah melalui perundingan, penghuni hutan sepakat kera menjadi raja yang baru.
  4. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space  

198

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Makna tersurat dalam kutipan fabel tersebut adalah ...

85

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia