Roboguru

Berdasarkan pembagian wilayah fauna di Indonesia bagian barat termasuk di wilayah ...

Pertanyaan

Berdasarkan pembagian wilayah fauna di Indonesia bagian barat termasuk di wilayah ...

  1. paleartik

  2. neartik

  3. neotropik

  4. oriental

  5. australis

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Fauna di wilayah Indonesia bagaian barat memiliki kemiripan dengan jenis fauna negara-negara asia, sehingga wilayah indonesia bagian barat masuk dalam zona oriental. Ciri-ciri fauna di wilayah Indonesia bagian barat, seperti mamalia bertubuh besar, memiliki banyak jenis fauna primata, dan sebagainya. Contoh hewannya adalah gajah, harimau, badak, orang utan, dan siamang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut!   Sebutkan jenis-jenis fauna berdasarkan angka yang ditunjukkan pada gambar.

Pembahasan Soal:

Persebaran fauna di indonesia  dapat dibedakan menjadi 3 kelompok , diantaranya:

1.Fauna indonesia barat/fauna asiatis, dimana fauna asiatis meliputi pulau sumatra,jawa,kalimantan dan pulau pulau kecil disekitarnya. Adapun fauna yang menghuni wilayah ini antara lain, gajah,banteng, ,orang utan,,badak bercula satu,dll

2. Fauna bagian tengah  / tipe peralihan , dimana fauna bagian tengah meliputi pulau Sulawesi, Nusa Tenggara dan pulau-pulau kecil disekitaranya. Adapun fauna yang menghuni wilayah ini antara lain, babi rusa, anoa,komodo,burung maleo,dll

3. fauna indonesia timur/fauna australis, dimana fauna australis meliputi Kepulauan Maluku, Papua dan pulau pulau kecil disekitarnya. Adapun fauna yang menghuni wilayah ini antara lain, kanguru,wallaby,cendrawasih,kasuari,kakaktua,dll

Ok temen temen kalau udah kayak gini kita tinggal analisis soalnya...jadi berdasarkan gambar tersebut  angka no:

1. Provinsi Jawa Timur. Fauna yang ada di Jawa Timur adalah fauna tipe asiatis yang didalamnya terdapat macan tutul, rusa dan banteng.

2. Provinsi Kalimantan Tengah. Fauna yang ada di Kalimantan Tengah adalah fauna tipe asiatis yang didalamnya terdapat orangutan.

3. Provinsi Nusa Tengara Timur.Fauna yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah fauna tipe peralihan yang didalamnya terdapat hewan khas endemik yaitu komodo.

4. Provinsi Lampung. Fauna yang ada di Lampung adalah fauna tipe asiatis yang didalamnya terdapat gajah yang di lindungi di taman nasional way kambas.

5. Provinsi Sulawesi Tengah. Fauna yang ada di Sulawesi Tengah adalah fauna tipe peralihan yang di dalamnya terdapat babi rusa.

6. Provinsi Papua Barat. Fauna yang ada di Papua Barat adalah fauna australis yang didalamnya terdapat burung cendrawasih.

7. Provinsi Papua .Fauna yang ada di papua adalah fauna australis yang didalamnya terdapat kanguru dan walaby.

8.Provinsi Sulawesi Tenggara.Fauna yang ada di Sulawesi tenggara adalah fauna tipe peralihan yang didalamnya terdapat burung maleo dan anoa.

9. Provinsi Banten.Fauna yang ada di Banten adalah fauna tipe asiatis yang didalamnya terdapat badak bercula satu yang dilindungi di taman nasional ujung kulon.

10. Provinsi Riau. Fauna yang ada  di Riau adalah fauna tipe asiatis yang didalamnya terdapat harimau sumatra dan beruang.

0

Roboguru

Tuliskan ciri-ciri dan contoh fauna tipe Oriental, Australia, dan Peralihan.

Pembahasan Soal:

Tipe fauna yang ada di Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu Oriental, Australia, dan Peralihan. Terdapat perbedaan antara fauna yang berada di daerah tersebut. Hewan-hewan di bagian barat Indonesia (Oriental) yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Banyak spesies Mammalia yang berukuran besar, misalnya gajah, banteng, harimau, dan badak. Mammalia berkantong jumlahnya sedikit, bahkan hampir tidak ada. 
  2. Terdapat berbagai macam kera. Kalimantan merupakan pulau yang paling kaya akan jenis-jenis Primata. 
  3. Terdapat hewan endemik, seperti badak bercula satu di Ujung Kulon, binturong (Arctictis binturong), monyet daun (Presbytis thomasi), tarsius (Tarsius bancaius), dan kukang (Nycticebus coucang). 
  4. Burung-burung Oriental memiliki warna yang kurang mel}arik dibandingkan burung-burung dari kelompok Australia, tetapi dapat berkicau.

Jenis-jenis hewan di Indonesia bagian timur (Australia), yaitu Papua, Maluku, dan pulau-pulau di sekitarnya relatif sama dengan Australia. Ciri­-ciri hewan di Indonesia bagian timur adalah sebagai berikut.

  1. Mammalia berukuran kecil
  2. Banyak hewan berkantong 
  3. Tidak terdapat spesies kera
  4. Burung memiliki warna yang beragam.

Ciri ciri hewan peralihan antara lain:

  1. Hewannya endemik misalnya Primata primitif tarsius (Tarsius spectrum), musang sulawesi (Macrogalida musschenbroecki), babirusa, anoa, burung mateo, dan beberapa jenis kupu-kupu.space 
  2. Hewan mirip tipe asia atau australia. Sulawesi merupakan daerah Peralihan yang mencolok menurut garis Weber. Hewan-hewan yang terdapat di pulau tersebut berasal dari daerah Oriental dan Australia.
  3. Terdapat hewan langka. Di Nusa Tenggara, terutama di pulau Komodo, Padar, dan Rinca, terdapat Reptilia terbesar, yaitu komodo.

Jadi, ciri dari ketiga wilayah penyebaran fauna sangat berbeda dan memiliki contoh yang sangat beragam.space

0

Roboguru

Jenis hewan yang memiliki kesesuaian antara kelas dan tempat hidupnya adalah ....

Pembahasan Soal:

Hewan gajah termasuk ke dalam kelas mamalia karena gajah memiliki tulang belakang, berkembang biak dengan melahirkan (vivipar), memiliki kelenjar mamae, berdaun telinga, dan memiliki rambut yang menutupi tubuhnya. Gajah banyak ditemukan di Pulau Sumatra karena termasuk fauna khas daerah oriental. Gajah Sumatra (Elephas maximus) jantan memiliki gading yang lebih pendek di kelasnya, sementara Gajah Betina Sumatera lebih unik lagi karena memiliki gading yang sangat pendek. Burung Maleo (Macrocephalon maleo) merupakan burung endemis di Pulau Sulawesi. Burung Maleo merupakan spesies yang termasuk kelas Aves karena memiliki ciri tubuh ditutupi oleh bulu, mempunyai sayap untuk terbang, memiliki pundi-pundi udara, dan berkembang biak dengan bertelur (ovipar). Burung Maleo memiliki ciri yang unik, yaitu saat baru menetas anak burung maleo sudah bisa terbang. Ukuran telur burung maleo beratnya 240 gram hingga 270 gram per butirnya, ukuran rata-rata 11 cm, dan perbandingannya sekitar 5 hingga 8 kali lipat dari ukuran telur ayam.

0

Roboguru

Perhatikan peta berikut! Fauna khas pada daerah bertanda X adalah ....

Pembahasan Soal:

Fauna tipe peralihan meliputi Pulau Sulawesi, kepulauan disekitar Sulawesi dan Nusa Tenggara. Jenis fauna khas dari wilayah peralihan adalah sebagai berikut.

  • Mamalia: anoa, babi rusa, tapir, ikan duyung, tarsius
  • Burung: burung maleo, burung dewata, burung rangkongundefined 

 Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan gambar peta berikut. Fauna endemik di lokasi bertanda X pada gam bar berikut adalah ....

Pembahasan Soal:

Fauna Indonesia dapat di kelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian barat dan tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian tengah dan timur dinamakan Garis Weber. Berikut ini merupakan persebaran fauna endemik di Indonesia. 

  1. Fauna Indonesia bagian barat atau tipe asiatis seperti gajah , macan , tapir, badak bercu!a satu, banteng, kerb au, rusa, babi hutan, orangutan, monyet, dan bekantan. Selain itu, reptil yang terdapat di kawasan ini adalah ular, buaya, tokek, kadal, tokek, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling. Adapun berbagai jenis burung yang dapat ditemui seperti burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. 
  2. Fauna Indonesia tengah merupakan tipe peralihan seperti babirusa, beruang, monyet hitam, banteng, kuda sumbawa, kus-kus, dan anoa. Ada pun jenis burung yang terdapat di wilayah ini, yaitu burung maleo, burung dewata, burung rangkong, kakatua nuri, burung man dar, dan burung raja udang. 
  3. Fauna Indonesia bagi an timur atau disebut tipe Australis seperti beruang, landak irian (nokdiak), kanguru pohon, dan kelelawar, dan wallabi. Adapun jenis reptil yang ada, yaitu biawak, buaya, ular, dan kadal. Sementara itu, Jenis burung yang dapat ditemui di wilayah ini, yaitu burung nuri, cenderawasih, kasuari, dan namudur. 

Berdasarkan penjelasan di atas, fauna endemik pada peta dalam soal merupakan wilayah Indonesia bagian tengah (peralihan). Jawaban yang sesuai adalah anoa, burung maleo, dan komodo.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved