Roboguru

Identifikasikanlah daerah fauna Asiatis di Indonesia!

Pertanyaan

Identifikasikanlah daerah fauna Asiatis di Indonesia!  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pengelompokkan fauna di Indonesia berdasarkan hasil penelitian Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber terdiri dari tiga tipe yakni Asiatis, Peralihan, dan Australis. Daerah Asiatis meliputi wilayah Indonesia bagian barat.  Daerah yang masuk ke dalam hewan Asiatis, di antaranya Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Kalimantan hingga Selat Makassar dan Selat Lombok.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jenis-jenis fauna: tapir; badak; banteng; lutung; orangutan; Fauna khas yang terdapat di pulau Jawa terdapat pada angka ...

Pembahasan Soal:

Fauna khas yang terdapat di pulau Jawa terdapat pada angka (2), (3), dan (4).

(2) badak

Badak Jawa dengan nama latin “Rhinoceros sondaicus” merupakan salah satu hewan endemik terlangka di dunia, dimana diperkirakan jumlah populasinya tidak lebih dari 60 ekor saja yang menyebar di Taman Nasional Ujung Kulon.

(3) banteng

Hewan endemik di pulau Jawa adalah Banteng Jawa dengan nama latin “Bos javanicus javanicus” merupakan satu dari lima jenis banteng yang ada di dunia, dimana satu di antaranya sudah punah.

(4) lutung

Lutung Jawa dengan nama latin “Trachypithecus auratus” merupakan salah satu hewan endemik di negara Indonesia yang bisa ditemukan di pulau Jawa, Bali, dan Lombok, pulau Sempu, dan Nusa Barung. Lutung Jawa dianggap sebagai hewan yang rentan terhadap habitat dan pemburuan sehingga sudah dilindungi oleh undang-undang negara sejak tahun 1999.

0

Roboguru

Di bawah ini merupakan macam-macam hewan Indonesia bagian barat, kecuali ….

Pembahasan Soal:

Fauna Indonesia bagian barat merupakan fauna yang bertipe asiatis. Fauna tipe asiatis memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Banyak dijumpai mamalia berukuran besar. Contoh gajah, harimau, badak
  • Banyak terdapat jenis kera besar. Contoh orang utan
  • Banyak berbagai jenis ikan tawar yang berukuran besar dan mudah beradaptasi. Contoh ikan patin dan ikan gabus
  • Burung berukuran kecil namun memilki suara yang merdu. Contoh kutilang, murai batu, jalak bali.

Yang bukan termasuk dalam jenis fauna atau hewan bagian barat Indonesia adalah anoa, karena merupakan fauna peralihan atau fauna di daerah tengah. 

Jadi, jawaban yang benar adalah C

0

Roboguru

Jenis hewan: (1) banteng; (2) babi rusa; (3) beruang madu; (4) anoa; (5) gajah. Hewan endemik di wilayah Indonesia Barat terdapat pada angka.....

Pembahasan Soal:

Pembagian hewan di Indonesia dibatasi oleh garis Wallace yang memisahkan Indonesia bagian barat dan tengah, dan garis Weber yang memisahkan Indonesia bagian tengah dan timur. Fauna khas yang terdapat di Indonesia bagian barat memiliki ciri mamalia bertubuh besar, antara lain: gajah, banteng, badak, orang utan, harimau. Dalam soal pilihan yang tepat sebagai jawaban adalah (1) banteng, (3) beruang madu dan (5) gajah menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan pilihan (2) babi rusa dan (4) anoa merupakan hewan khas Indonesia bagian tengah (endemik).

0

Roboguru

Tuliskan persebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pengamatan Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker.

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pengamatan Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker sebagai berikut:

  1. Flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian barat (tipe Asiatis). Zonasi tipe Asiatis dibagi oleh garis Wallace, sebuah garis khayal utara-selatan yang terletak di antara Kalimantan dan Sulawesi dan di antara Bali dan Lombok. Contoh Fauna adalah Harimau, Singa, Gajah, Monyet, dan Badak. Contoh flora adalah Anggrek, Raflesia, Bunga Bangkai, Jati, dll.
  2. Wilayah peralihan. Pengamatan zona ini dilakukan oleh Weber sehingga batas timur wilayah ini diberi nama garis Weber. Wilayah peralihan ini mencakup Timor, Sulawesi, Sumba, Sumbawa, dan Lombok. WIlayah ini mengasilkan flora fauna edemik (hanya ditemukan di tempat ini saja). Contoh Fauna Komodo, Burung Maleo, Babi Rusa, dan Tapir. Contoh flora adalah Matoa, Cendana, dan Eboni
  3. Flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian timur (tipe Australis). Richard Lydekker mengemukakan sebuah garis sebagai batas dari kawasan timur yang berbeda dengan Weber. Garis Lydekker ini ditarik berdasarkan batas kedalaman laut di Dangkalan Sahul dan terletak di antara Maluku dan Papua. Oleh karena itu, wilayah hewan tipe australis hanya berada di Pulau Papua dan kepulauan kecil di sekitarnya. Contoh Fauna adalah cendrawasih dan koala, contoh fauna adalah pohon kayu putih dan lontar 

0

Roboguru

Selat yang memisahkan region fauna Asiatis (oriental) dengan region fauna peralihan adalah....

Pembahasan Soal:

Fauna yang terdapat pada wilayah barat termasuk fauna bertipe Asiatis dengan kata lain mempunyai kesamaan dengan fauna – fauna yang berada di benua Asia. Persebaran fauna ini meliputi pulau Sumatera, pulau Jawa, pulau Kalimantan, dan pulau Bali. Sedangkan untuk fauna yang berada di tengah Indonesia biasa disebut sebagai daerah peralihan antara benua Asian dan benua Australia atau kawasan Wallacea yang terdiri atas pulau Sulawesi, Maluku, Halmahera, pulau kecil Nusa Tenggara dan Kepulauan Flores. Kedua region ini bisa dipisahkan oleh selat, yakni selat Makassar (memimasahkan pulau Kalimantan dan pulau Sulawesi), dan Selat Lombok (memisahkan pulau Bali dan kepulauan Nusa Tenggara).

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved