Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jenis hewan: Banteng; Babi rusa; Beruang madu; Anoa; Gajah. Hewan endemik di wilayah Indonesia Barat terdapat pada angka ....

Jenis hewan:

  1. Banteng;
  2. Babi rusa;
  3. Beruang madu;
  4. Anoa;
  5. Gajah.

Hewan endemik di wilayah Indonesia Barat terdapat pada angka ....

  1. (1), (2), dan (4)

  2. (1), (2), dan (5)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (3), dan (4)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Fauna Indonesia Barat memiliki ciri atau tipe yang sama dengan fauna di Benua Asia sehingga disebut tipe Asiatis. Fauna Asiatis banyak terdapat di Indonesia bagian barat sampai Selat Makassar dan Selat Lombok. Fauna endemik di wilayah Indonesia Barat terdapat pada angka: (1) Banteng Banteng ( Bos javanicus ) terdiri atas tiga subspesies (sub-jenis), yakni Bos javanicus javanicus (terdapat di Jawa, Madura, dan Bali, Indonesia), Bos javanicus lowi (terdapat di Kalimantan) dan Bos javanicus birmanicus (terdapat di Indocina). Banteng merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia karena populasinya semakin mengalami penurunan. (3) Beruang madu Beruang madu merupakan beruang dengan ukuran badan terkecil dari beruang lain yang ada di belahan bumi manapun. Kalimantan dan Sumatera merupakan habitat tempat tinggal bagi beruang madu yang ada di Indonesia. (5) Gajah Gajah Sumatera masuk dalam satwa dilindungi menurut Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dan diatur dalam peraturan pemerintah, yaitu PP 7/1999 tentang Pengawetaan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. 

Fauna Indonesia Barat memiliki ciri atau tipe yang sama dengan fauna di Benua Asia sehingga disebut tipe Asiatis. Fauna Asiatis banyak terdapat di Indonesia bagian barat sampai Selat Makassar dan Selat Lombok. 

Fauna endemik di wilayah Indonesia Barat terdapat pada angka:

(1) Banteng
Banteng (Bos javanicus) terdiri atas tiga subspesies (sub-jenis), yakni Bos javanicus javanicus (terdapat di Jawa, Madura, dan Bali, Indonesia), Bos javanicus lowi (terdapat di Kalimantan) dan Bos javanicus birmanicus (terdapat di Indocina). Banteng merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia karena populasinya semakin mengalami penurunan.
 

(3) Beruang madu
Beruang madu merupakan beruang dengan ukuran badan terkecil dari beruang lain yang ada di belahan bumi manapun. Kalimantan dan Sumatera merupakan habitat tempat tinggal bagi beruang madu yang ada di Indonesia.
 

(5) Gajah
Gajah Sumatera masuk dalam satwa dilindungi menurut Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dan diatur dalam peraturan pemerintah, yaitu PP 7/1999 tentang Pengawetaan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan jenis hewan berikut! Beruang madu Badak Bekantan Tarsius Walaby Hewan endemik yang terdapat di wilayah Indonesia bagian barat terdapat pada angka ....

50

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia