Iklan

Iklan

Pertanyaan

Banyaknya pabrik besar di sekitar sungai Siak Riau, menyebabkan air sungai tersebut tidak jernih. Diduga sungai sudah terkontaminasi berbagai macam limbah industri yang dibuang ke sungai. Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji gejala tersebut adalah pendekatan ...

Banyaknya pabrik besar di sekitar sungai Siak Riau, menyebabkan air sungai tersebut tidak jernih. Diduga sungai sudah terkontaminasi berbagai macam limbah industri yang dibuang ke sungai.

Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji gejala tersebut adalah pendekatan ...

  1. spatial

  2. temporal

  3. kronologi

  4. ekologi

  5. kompleks wilayah

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni: Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan. Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Sesuai dengan penjabaran pendekatan geografi di atas, dapat dilakukan pendekatan ekologi untuk menjaga kelestarian sungai yang banyak pabrik besar di sekitarnya. Harus ada pengolahan limbah sebelum dibuang ke sungai.

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni:

  • Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan.
  • Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam.
  • Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan.

Sesuai dengan penjabaran pendekatan geografi di atas, dapat dilakukan pendekatan ekologi untuk menjaga kelestarian sungai yang banyak pabrik besar di sekitarnya. Harus ada pengolahan limbah sebelum dibuang ke sungai.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

420

Sofyan Afandi

Makasih ❤️

Gadis Maullina Rahmasari

Bantu banget

calonmedstud

Makasih ❤️

Alief Qonitah Fiddien

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pendekatan analisis studi geografi yang mengkaji interaksi antarruang berupa hubungan timbal balik antarruang yang satu dengan ruang yang lain adalah….

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia